Beranda > Penyakit fisik > Trichomoniasis

Trichomoniasis

Trichomoniasis, kadang-kadang disebut sebagai “trich”, yang umum adalah penyebab vaginitis. Baik itu penularannya berasal dari hasil dari berbagi sumber air eksternal (bathub, handuk basah, dan lain sebagainya yang berasal dari air yang sama dan dipakai bergantian), dan digolongkan sebagai penyakit seksual (IMS). Kumannya diidentifikasi berasal dari jenis protozoa yang disebut Trichomonas vaginalis. Trichomoniasis biasanya menginfeksi sistem genitourinary atau urogenital tract yang meliputi organ-organ reproduksi dan urinary (saluran kencing); kasus yang paling umum adalah infeksi pekencingan dan dalam vagina perempuan, khususnya oada pria dan wanita yang tidak disunat. Pada pria yang tidak disunat infeksinya terjadi pada ujung penis.

Gejala
Pada perempuan gejalanya yaitu:
– Vaginitis – gatal, membakar, dan peradangan pada vagina
– Cervicitis – peradangan pada tengkuk
– Urethritis – peradangan dari pekencingan
– Munculnya buih pada saluran vagina (berwarna kuning dan hijau)

Pada pria kebanyakan tidak ada gejala, namun beberapa orang dapat saja memiliki iritasi di dalam penis dan sedikit rasa terbakar pada saluran kecing setelah kencing dan ejakulasi.

Beberapa wanita memiliki gejala infeksi yang berupa buih pada/keluar saluran vaginal berwarna kuning-hijau dengan bau yang kuat. Infeksi juga dapat menimbulkan kegelisahan akibat rasa tidak nyaman selama bersenggama dan kencing, serta iritasi dan gatal di daerah genital perempuan. Dalam banyak kasus parasit pada perempuan bisa tidak bergejala.

Parasit ini yang tidak bisa ditularkan melalui mulut atau seks anal.

Diagnosis
Trichomoniasis dapat diamati melalui mikroskop. Pada perempuan, dokter memasukkan speculum ke dalam vagina dan kemudian dengan menggunakan kapas khusus mengumpulkan sampel. Sampel ini kemudian dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Pengobatan
Untuk pembaca umum, jangan coba beli obat sendiri tanpa resep dokter karena bisa membuat kuman resisten (kebal) terhadap obat. Harap ditanyakan pada dokter/medis yang berkompeten, untuk dokter/medis yang ingin mempelajari bisa dicek di alamat Wikipedia (paling bawah) yang sudah diberi link ke alamat bersangkutan (tampaknya masih diperlukan tambahan literatur).

Komplikasi
Penelitian menunjukkan, Trichomoniasis dikaitkan dengan meningkatnya risiko penularan HIV dan dapat menyebabkan seorang wanita mengalami prematur pada saat melahirkan dan memiliki berat bayi yang lebih rendah dibanding bayi yang normal.

Penelitian tambahan masih diperlukan untuk mencari hubungan ini.

Prevalensi dan pencegahan
Penggunaan kondom pada pria (mungkin) dapat membantu mencegah penyebaran trichomoniasis, walaupun penelitian yang benar-benar akurat belum pernah dilakukan. Hindari penggunaan handuk atau kain basah bergantian karena parasit ini dapat bertahan di tempat terbuka selama 45 menit.

Sumber: Wikipedia

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

Iklan
Kategori:Penyakit fisik Tag:,
  1. 1 September 2012 pukul 16:57

    apa sich arti trichmonas equiperdum

  2. boy
    21 September 2012 pukul 12:56

    dok,saya mau tanya 1 minggu lalu saya mengeluarkan nanah dalam penis dan baru2 ini di saluran penis terasa gatal
    Setelah saya cek lab vdrl tpha dan go semuanya negatif,tetapi untuk anti clhamydia yg igG reaktif sedangkan yg igM non reaktif,apa saya terkena klamidia? Lalu dalam tes urin saya ditemukan bakteri trichomonas.. Maksudnya gimana dok? Mohon bantuan jawaban dokter
    Terima kasih

  3. 29 Juli 2013 pukul 03:52

    There is definately a lot to know about this subject.

    I like all the points you made.

  1. 7 Agustus 2015 pukul 04:27

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: