Beranda > Penyakit fisik > Malaria

Malaria

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit protozoa. Hal ini meluas di daerah tropis dan subtropis, termasuk bagian dari benua Amerika, Asia, dan Afrika. Setiap tahunnya, terdapat sekitar 350-500 juta kasus malaria, membunuh antara satu sampai tiga juta orang, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak di Sub-Sahara Afrika. Sembilan puluh persen dari malaria yang berhubungan dengan kematian terjadi di sub-Sahara Afrika.

Gejala (symptoms) Malaria

Gejala (symptoms) Malaria

Penyakit ini disebabkan oleh parasit protozoa dari genus Plasmodium. Lima jenis plasmodium parasit yang dapat menulari manusia, yang paling serius bentuk penyakit yang disebabkan oleh Plasmodium falciparum. Malaria yang disebabkan oleh Plasmodium Vivax, Plasmodium ovale dan Plasmodium malariae pada manusia yang tidak fatal. Plasmodium knowlesi penyebab malaria pada hewan primata namun juga dapat menjangkiti manusia (walaupun itu sangat jarang). Spesies Plasmodium yang merupakan patogen manusia ini biasanya disebut sebagai parasit malaria.

Biasanya orang terpajan malaria karena digigit dan ditularkan melalui nyamuk Anopheles betina. Hanya nyamuk Anopheles yang dapat menjadi perantara malaria-manusia, dan mereka harus sudah terinfeksi melalui darah yang mereka ambil dari orang yang sudah terinfeksi sebelumnya. Saat nyamuk menggigit orang yang sudah terinfeksi, sejumlah kecil darah diambil, yang berisi parasit malaria. Sekitar satu minggu kemudian, ketika nyamuk mengambil darah berikutnya (pada orang yang sama atau berbeda), parasit ini bercampur dengan air liur nyamuk dan disuntikkan ke dalam tubuh orang yang digigit. Air liur nyamuk berfungsi sebagai pembuka jalan agar darah dapat mudah dihisap. Kemudian parasit ke dalam darah dan berkembang biak di dalam sel darah merah, menyebabkan gejala yang termasuk gejala anemia (sesak nafas, tachycardia atau denyut jantung yang tidak normal, dll), serta gejala umum lainnya seperti demam, panas dingin, mual, seperti sakit flu. Dalam kasus yang parah bisa menimbulkan koma dan kematian.

Pencegahan
Agar kita tidak sampai tertular malaria maka kita harus menjaga agar kita tidak sampai tergigit nyamuk dengan menggunakan jaring nyamuk (kelambu) dan kawat penahan nyamuk/serangga pada ventilasi udara rumah. Penyemprotan insektisida di dalam rumah dan setiap tempat saluran air terbuka yang memungkinkan nyamuk bertelur. BIsa juga kita menggunakan peralatan lain seperti tissue anti nyamuk, obat nyamuk bakar, obat nyamuk elektrik dan penangkap nyamuk elektrik.

Pengobatan
Pasien pengidap malaria yang dirawat biasanya diberi obat antimalaria seperti kina atau obat turunan artemisinin. Namun, parasit telah berkembang menjadi resisten terhadap banyak obat-obatan ini. Oleh karena itu, di beberapa daerah di dunia, hanya sedikit jenis obat yang efektif mengobati malaria.

Sumber dan informasi lebih lengkap lihat: Wikipedia .
Pic source: Wikipedia.org.

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

Iklan
Kategori:Penyakit fisik Tag:
  1. sandy
    7 Juni 2010 pukul 10:03

    trimakasih untuk sglanya
    jd sy th tentang malaria
    thx skale lge

  2. 10 April 2011 pukul 11:45

    a big smile for you.

  3. 1 Agustus 2014 pukul 06:29

    With havin so much content do you ever run into any issues of plagorism or copyright violation? My blog has a lot of exclusive content I’ve either written myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it
    up all over the internet without my permission. Do you know any methods to help reduce content from being stolen?
    I’d definitely appreciate it.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: