Beranda > Definisi, Penyakit fisik > Acute prostatitis, Prostatitis akut

Acute prostatitis, Prostatitis akut

Prostatitis akut adalah infeksi bakteri yang serius pada kelenjar prostat. Infeksi ini tergolong keadaan darurat medis. Ini harus dibedakan dari bentuk-bentuk lain seperti prostatitis  bakterial kronis dan  sindrom nyeri panggul kronis.

Tanda dan gejala
Pria dengan penyakit ini sering sering menggigil, demam, sakit di punggung bawah dan daerah kelamin, frekuensi kencing dan urgensinya sering di malam hari, buang air kecil serasa terbakar atau nyeri, nyeri tubuh, dan dibuktikan dengan adanya infeksi saluran kemih (sebagaimana dibuktikan oleh keberadaan sel-sel darah putih dan bakteri dalam urin). Prostatitis akut mungkin merupakan komplikasi dari biopsi prostat.

Diagnosis
Prostatitis akut relatif mudah untuk didiagnosis karena gejalanya yang menunjukkan adanya infeksi. Organisme ini dapat ditemukan dalam darah atau air seni. Penyebab umumnya adalah bakteri Escherichia coli, Klebsiella, Proteus, Pseudomonas, Enterobacter, Enterococcus, Serratia, and Staphylococcus aureus. Ini bisa menjadi darurat medis pada beberapa pasien dan rawat inap dengan antibiotik intravena mungkin diperlukan. Hitung darah lengkap menunjukkan peningkatan sel darah putih. Sepsis dari prostatitis sangat jarang, tetapi mungkin terjadi pada pasien immunocompromised. Pijat prostat tidak boleh dilakukan pada pasien yang dicurigai prostatitis akut karena dapat menyebabkan sepsis. Sejak bakteri penyebab prostatitis dengan mudah dapat ditemukan pada air seni, pijat prostat tidak diwajibkan untuk membuat diagnosis.

Info lainnya dapat dilihat pada alamat Wikipedia yang telah ter-link pada bagian paling akhir tulisan ini.

Pengobatan
Antibiotik adalah baris pertama  pengobatan kasus prostatitis akut ini. Antibiotik biasanya mengatasi infeksi prostatitis akut dalam waktu yang sangat singkat. Antibiotik yang tepat harus digunakan, didasarkan pada mikroba yang menyebabkan infeksi. Beberapa antibiotik memiliki kemampuan penetrasi yang sangat rendah pada kapsul prostat, namun untuk Ciprofloxacin, Co-trimoxazole and tetracycline seperti doxycycline dapat menembus dengan baik. Pada prostatitis akut, penetrasi prostat tidak sepenting untuk kategori II karena peradangan intens mengganggu hambatan prostat-darah. Hal ini lebih penting untuk memilih bacteriocidal antibiotik (membunuh bakteri, misalnya kuinolon) daripada antibiotik bakteriostatik (memperlambat pertumbuhan bakteri, misalnya tetrasiklin) untuk infeksi akut berpotensi mengancam kehidupan. Sakit parah pasien mungkin perlu rawat inap, sementara pasien yang tidak keracunan dapat dirawat di rumah dengan istirahat di tempat tidur, pemakaian analgesik, pelunak tinja, dan hidrasi.

Sumber: Wikipedia.

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

Iklan
  1. 12 Desember 2012 pukul 20:58

    Wow that was unusual. I just wrote an really long comment but after I clicked submit my
    comment didn’t show up. Grrrr… well I’m not writing
    all that over again. Anyway, just wanted to say fantastic blog!

  2. 1 Maret 2013 pukul 20:06

    It’s not my first time to visit this site, i am visiting this website dailly and obtain pleasant information from here all the time.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: