Beranda > Cerita > Kisah tentang benua Atlantis

Kisah tentang benua Atlantis

   Mungkin legenda Atlantis merupakan salah satu legenda (atau lebih tepatnya dongeng) yang tetap hidup dan berkembang sampai saat ini. Berbagai kisah tentang atlantis, baik varian maupun turunannya nan bercabang-cabang itu selalu menghiasi peradaban hampir dalam sejarah manusia. Dari Amerika Tengah, eropa, sampai Asia Timur Jauh, tak ada kisah yang semenarik atlantis ini. Imajinasi manusia dari beberapa generasi yang berhubungan dengan Atlantis berkembang dan bercabang-cabang bak pohon subur yang tumbuh subur. Manusia memang boleh saja berimajinasi, apapun tujuannya atau hanya sekedar perhibur diri di tengah kesusahan hidup di jaman nan edan ini?? 🙂

Di manakah Atlantis itu

Sampai saat ini tak ada yang tahu persis di mana letak atlantis kecuali prediksi berdasarkan kisah Plato yang di narasikan dalam bentuk dialog Timaeus dan Critias-nya. Banyak bangsa yang berlomba-lomba mengklaim bahwa benua Atlantis berada di negaranya, ini merupakan prestise tersendiri bagi mereka, karena apa karena penduduk Atlantis dianggap sebagai nenek moyang bagi sebagian bangsa di dunia ini. Juga, Atlantis adalah lambang kemakmuran, kekayaan, kesuburan, dan peradaban maju (bahkan lebih maju dibanding dunia moderen saat ini).

Ketika para para pendeta Mesir bercerita tentang bangsa Atlantis kepada Solon dalam kisah Plato, ketika itulah rahasia dunia lampau terkuak. Dunia Atlantis telah tenggelam lebih dari 10.000 tahun yang lalu, tak ada yang tersisa kecuali hanya cerita dari mulut ke mulut dan beberapa tulisan yang terhitung jari. Ini semua berkat orang-orang yang selamat dari bencana dahsyat gempa bumi dan gelombang air laut yang menenggelamkan sebagian besar kota-kota di benua ini. Lalu, di manakah kira-kira suatu benua berpenduduk banyak di masa lalu yang telah tenggelam itu? Sebagian besar penelitian ahli memperkirakan bahwa kejadian ini terjadi pada akhir jaman es ribuan tahun yang lalu.

Hampir tak ada wilayah di dunia yang tidak tertutupi es pada jaman es kesuali pada wilayah yang selalu tersirami panas matahari sepanjang tahun. Jika ini menjadi anggapan yang dapat menarik di mana letak Atlantis itu, maka tentu di wilayah yang tidak bersalju lah terdapat benua ini, di tempat itu penduduk berkembang puak. Penduduk berimigrasi mencari wilayah yang hangat karena pada masa itu salju menutupi bumi lebih dingin dari jaman sekarang.

Adalah Prof. Arysio Santos, seorang ahli nuklir dari Brazil mengklaim bahwa Atlantis berada di Indonesia karena pada jaman es, tempat yang paling hangat adalah benua nusantara atau tepatnya di sekitar cincin gunung berapi di pasifik barat. Benarkah demikian? Mungkin masih terlalu dini bagi kita untuk mendapatkan kepastian tentang kebenaran klaim ini, tetapi jika kita mempelajari tentang sejara bumi maka kita memang akan menemukan bahwa wilayah antara Sumatera-Jawa-Kalimantan merupakan laut yang dangkal dan memungkinkan jika memang dulunya daerah ini merupakan dataran penghubung ketiga pulau ini.

Bersambung..

Iklan
Kategori:Cerita
  1. anton
    28 Oktober 2012 pukul 15:35

    apa benua atlantis ada

  2. anton
    28 Oktober 2012 pukul 15:38

    aku percaya kalau benua atlantis itu emang bener bener ada ok.
    makasih ya infonya

  3. 19 Juli 2013 pukul 13:42

    Thanks for sharing your thoughts on money.

    Regards

  4. 29 April 2014 pukul 13:30

    Bisa eee

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: