Beranda > Penyakit fisik > Granuloma inguinale

Granuloma inguinale

Infeksi bakteri Granuloma inguinale (juga dikenal sebagai Donovanosis dan Granuloma venereum) dicirikan oleh rasa sakit pada genital ulcers (kulit alat reproduksi); kadang orang mengira ini sama dengan sipilis. Rasa sakit tersebut berubah menjadi kerusakan jaringan internal dan eksternal, dengan kebocoran darah dan lendir. Donovanosis juga akan meningkatkan risiko superinfeksi oleh patogen mikroba lainnya.

 

Donovanosis pada penis (by GNU Free Documentation License)

Donovanosis pada penis (by GNU Free Documentation License)

Dahulu Granuloma inguinale lebih dikenal dengan nama Calymmatobacterium granulomatis (beberapa sumber ini masih menggunakan klasifikasi), dari bahasa Yunani kalymma (kerudung), yang mengacu pada luka yang mengandung bakteri. Nama spesies granulomatis merujuk kepada luka granulomatous, merupakan organisme yang baru-baru ini dikelompokkan pada genus Klebsiella.

Gejala

Setelah sekitar 10-40 hari terkontak dengan bakteri. Pada daerah yang terinfeksi akan muncul bintil-bintil kecil disertai rasa sakit. Bintil-bintil tersebut kemudian pecah, menjadi terbuka, berair, jadilah lesi/luka. Infeksi menyebar, dan merusak jaringan yang terinfeksi. Luka yang terjadi di wilayah kontak biasanya ditemukan pada batang penis, labia, dan anus. Jarang terjadi pada dinding vaginal atau cervix.

Penularan

Mahluk yg kecil ini yang menyebar dari satu pengidap ke orang lain yang sehat melalui kontak dengan luka yang terbuka. Oral, vaginal atau analseks adalah perilaku berisiko tinggi yang dapat menularkan penyakit ini.

Pencegahan

Jangan berganti-ganti pasangan seks apalagi jika kita tidak mengetahui sejarah seksual pasangan seks kita itu. Kalaupun terpaksa gunakan kondom dengan benar.

Diagnosis

Untuk analisa, pasien biasanya akan ditanya tentang sejarah seksualnya oleh dokter. Jika dokter tersebut sudah berpengalaman menangani penyakit ini maka dia mendiagnosa donovanosis hanya dengan melihat daerah yang terinfeksi. Bisa juga dengan mengambil sampel jaringan untuk mendiagnosa penyakit dengan benar.

Pengobatan

Untuk pembaca umum, jangan coba beli obat sendiri tanpa resep dokter karena bisa membuat kuman resisten (kebal) terhadap obat. Harap ditanyakan pada dokter/medis yang berkompeten, untuk dokter/medis yang ingin mempelajari bisa dicek di alamat Wikipedia (paling bawah) yang sudah diberi link ke alamat bersangkutan (tampaknya masih diperlukan tambahan literatur).

Sumber: Wikipedia

Pic source : Wikipedia.org (GNU Free Documentation License).

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

Kategori:Penyakit fisik Tag:,
  1. tengal
    19 September 2009 pukul 17:48

    klo cuman kluar cairan kuning , tp sedikit .
    trus tw na pd saat bngun tidur . tp ga bau .
    tu sipilis ga ia ?

    • pisangkipas
      18 Oktober 2009 pukul 12:32

      Itu, bukan sipilis, sipilis itu terlihat pada luka di kulit dan tidak menunjukkan gejala pada cairan yang keluar dari penis/vagina/dubur. Saya tidak tahu anda pria atau wanita, kalau pada pria, kluarnya cairan sedikit saat bangun tidur bisa jadi sperma anda yang terdesak keluar karena sudah penuh di kantongnya atau bisa juga semennya sperma. Kedua hal di atas wajar2 saja pada setiap pria.

  2. Alexsander
    17 Oktober 2009 pukul 15:15

    mau nanya klo pada kulit saya ada kyk sariawan itu herpes ya? sakid perih gt padahal saya blum pernah melakukan ma org

    • pisangkipas
      18 Oktober 2009 pukul 12:27

      Herpes yang umumnya menyerang manusia itu adalah tipe 1,2 (simplex), 3 (ini umumnya menyebabkan cacar air),4,5, dan 8 (kaposi sarkoma). Kontak kulit dengan penderita herpes (khususnya simpleks atau zoster) bisa menyebabkan herpes, namun kasus seperti sariawan belum tentu menandakan terkena herpes. Coba anda baca artikel macam-macam herpes di https://pisangkipas.wordpress.com/2009/05/03/infeksi-menular-seksual-imspenyakit-menular-seksual-pms/ (klik tulisan ttg herpes yg digaris-bawahi pada halaman tersebut).
      Bisa saja itu cuma sariawan biasa, dan sariawan adalah hal yg umum terjadi dan tidak berbahaya. Penyebabnya bisa karena panas dalam. Coba minum obat/cairan penghilang panas dalam, jika dalam 2-3 kali minum obat tersebut masih belum menunjukkan perbaikan, saya sarankan anda ke dokter.

  3. Anonim
    14 Januari 2010 pukul 00:14

    saya mau nanyak,apabila keluar bintik bintik kecil merah pada kepala penis lalu pecah/luka,apakah itu tandatanda penyakit hiv aids atau penyakit apalah?

  4. Anonim
    14 Januari 2010 pukul 00:21

    saya mau nanyak,apabila keluar bintik bintik kecil merah pada kepala penis lalu pecah/luka dan bintik disekitarnya ada rasa gatal,apakah itu tandatanda penyakit hiv aids atau penyakit apalah?

    • pisangkipas
      14 Januari 2010 pukul 12:47

      Penyakit AIDS bisa bergejala sebagaimana orang yang memiliki gejala penyakit apapun karena AIDS menunjukkan kondisi tubuh manusia yang memiliki imun yang sangat rendah sehingga penyakit apapun akan mudah berkembang pada tubuh manusia. Umumnya, AIDS bergejala TBC, diare, kanker kulit, dan gejala lainnya yang mengikuti penyakit yang memanfaatkan kelemahan pada imun tubuh orang tersebut. Jika anda tidak merasa pernah melakukan hubungan seksual yang beresiko (berganti-ganti pasangan seks dan tidak menggunakan kondom) maka kecil kemungkinan itu merupakan penyakit seksual. Namun jika tidak itu ada kemungkinan memang penyakit seksual. Umumnya penyakit seksual di Indonesia yang menyerang laki-laki adalah sipilis, gonore dan herpes. Mohon di baca artikel-atikel tersebut di https://pisangkipas.wordpress.com/2009/05/03/infeksi-menular-seksual-imspenyakit-menular-seksual-pms/. Untuk lebih pastinya lagi, sebaiknya anda ke dokter untuk penanganan lebih pasti.

  5. MURNI
    12 Mei 2010 pukul 11:37

    Apa penyebabnya sehingga dikatakn laki2 lbh berkemungkinan besat terserang bakteri atau penyakit ini, atau bisa dijelaskan mengapa bakteri ini lebih sering ditemukan pada batang penis, labia dan anus dan jarang ditemukan pada daerah vagina dan serviks tlg dijawab…

    • pisangkipas
      12 Mei 2010 pukul 13:58

      Sebetulanya laki-laki maupun perempuan sama-sama memiliki kemungkinan untuk terkena penyakit ini. Lebih sering ditemukan pada batang penis, labia (bibir luar vagina) dan anus karena keluhan orang biasanya di daerah itu. Beberapa literatur biasanya bersumber pada laporan-laporan medis (dan kebetulan kebanyakan laporan keluhan pasien di daerah itu). Ini bukan berarti bahwa di vagina atau serviks tidak ada penyakit ini.

      • MURNI
        13 Mei 2010 pukul 09:29

        trims atas jawabannya…
        kira2 ada tidak y… faktor2 medis mis, mgkn kelembapan atau pH, atw hal lainnya…
        pada daerah2 itu yang menyebabkan adanya bakteri tsb

  6. pisangkipas
    13 Mei 2010 pukul 13:12

    @murni: itulah sulitnya, hanya pemeriksaan ke laboratorium saja yg bisa memastikan terkena penyakit ini atau tidak. Biasanya diambil contoh jaringan/sel dg biopsi atau mengambil contoh darah untuk melihat noda kromosom darah (type darah yg muncul). Bagi beberapa dokter yg propesional atau sdh terbiasa menangani penyakit ini biasanya cuma dg melihat gejala yg ada dan keterangan pasien.

  7. Rudi
    9 Desember 2010 pukul 14:59

    Sy mau tanya,kemaluan sy da bintik2,trz pd dindg penis gatal pas sy garuk jd luka,tp sy blum pernah melakukan sek.
    Pa itu gejala sipilis!

    • pisangkipas
      9 Desember 2010 pukul 17:13

      itu bukan sipilis, kalo sipilis dimulai dgn munculnya semacam bintil/bisul

  8. hhh
    3 Januari 2011 pukul 17:19

    apakah timbul bintik di kepala penis itu sipilis

    • pisangkipas
      3 Januari 2011 pukul 18:09

      bisa jadi itu sipilis, bisa juga bukan. Untuk memastikannya cek ke dokter ya.

  9. 9 Maret 2011 pukul 09:23

    saya mau tnya , kalo dapet itu kan saya menggunakan softex yg merek,a it apa gtu, tp saya tdk cocok pnggira d dkt daerah vgna saya gatel,tp saya msh pke,stlh it slesai saya b,hbngan sex tp pnggran vagna saya d dket slangkangan sya msh gte gra”pembalut it,tp saya ttp b,hubungan sex,stlah it keputihan saya jd keluar terus,cairan’a amis , pnggran vgna sya kdang”gatel,kadang”tdk .
    It saya terkena pnyakit apa ya?

  10. 10 April 2011 pukul 00:24

    saya mau nanya…banya info katanya obat..semacam penisilin,amoxilin dll itu bisa nyembuhin penyakit sipilis..bener apa gak y?

    trus..mungkin gak bintilan/bisul itu tumbuh nya di buah jangkar peria…apa itu juga bisa di bilang sipilis?

  11. noname
    23 Agustus 2011 pukul 03:38

    saya mau bertanya, di bagian kepala penis saya ada kulit yang menebal dan waran nya lebih cerah seperti timbul, ketika di sentuh akan menimbulkan rasa nyeri dan bila di biarkan, kulitnya akan terkelupas, dan akan kembali normal, lalu akan muncul lagi. ada juga timbul binti- binti di bagian bawah kepalanya, keteka di bersihkan akan mengeluarkan biji seperti jerawat,.,.. penyakit apa kan itu?
    mohon jawabannya,
    trimakasih

  12. selalu terpikir
    9 Februari 2012 pukul 16:28

    di sisi-sisi kepala penis saya ko bintik2 kecil terus kepalanya seperti keriput dan terlihat gk segar,itu kenapa ya dok?? saya selalu takut terjadi penyakit yang aneh, mohon balasannya, sumpah selalu terpikirkan dok dan ngerasa ketakutan.

  13. modizt
    18 Februari 2012 pukul 01:09

    maaf sy mau nanya,di kepala penis sy timbul bintil2 trs skt,8bln yg lalu sy terakhir terpajan,kcng panas,bdn demam>3 bln klt tbl bercak coklat,tes hiv 7bln hsl nr,vdrl&tpha nr di perut sblh kanan sakit timbul jerawat bnyk kecil2 di tbh,skt tengorokan mhn bantuan dok sbnya sy skt apa

  14. modizt
    18 Februari 2012 pukul 01:20

    nb:dlm saluran kencing ada cairan bening aza tp tdk berbau tp penis klo di pencet berasa nyeri sy udah ke spkk 5kali tp tdk hsl sbknya sy test apa ya mhn bantuan

  15. cester
    9 Maret 2012 pukul 18:47

    dok,, saya maw bertanya sama dokter..

    di ujung penis saya ada bintik2 kecil ,, dan warnanya agak merah,,
    tp kalo di sentuh ga ada rasa apa apa,,
    biasa aja,,
    tp nampaknya ada kluar dari bintik nya itu cairan kayak darah putih gitu,,

    di bagian batang nya juga ada satu, dua titik gitu dok,,
    memank saya pernah melakukan seks tapi cuman satu pasangan aja nya,,
    itu knapa ea dok,,

    saya jadi takut dengan keadaaan saya dok,
    tolong dok beri saya jawaban dan solusinya dok,,
    Tolong saya ea dokter,
    m Trimakasih,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: