Beranda > Penyakit fisik > Condiloma akuminata, Jengger ayam

Condiloma akuminata, Jengger ayam

Penyakit jengger ayam (kondiloma akuminata) disebabkan oleh virus yang tergolong dalam keluarga HPV (Human Papilloma Virus). Merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seks : vaginal, oral dan anal. Juga dapat menular melalui persentuhan kulit dengan daerah yang terinfeksi.

Ciri khas dari penyakit ini adalah munculnya kutil dalam jumlah banyak dan lebih besar dari kutil umumnya, menyerupai bunga kol, merah, lebih persis seperti jengger ayam jago. Hanya menyerang di bagian permukaan kulit, (superficial) sehingga pengobatan yang tuntas dimungkinkan yaitu dengan membakar bagian jengger ayam dengan laser. Juga bisa menggunakan bahan kimia (tincture pedofilin) yang diteteskan pada daerah yang terinfeksi. Bisa juga menggunakan proses elektrokauterisasi yaitu dialiri dengan tegangan listrik, tentunya tidak membahayakan si pasien.

Usahakan untuk menjaga kebersihan daerah kelamin dan jangan terlalu lembab. Sering-seringlah berganti celana dalam untuk menjaga kelembapan daerah yang tertutupi. Penyakit ini bisa tidak berkembang jika kita menjaga kesehatan. Bagaimanapun, virusnya tetap masih ada dan mengintai menunggu kondisi berkembangnya memungkinkan. Kondom dapat mencegah penularan penyakit ini, tetapi bagaimana dengan daerah lain yang tidak tertutup kondom tapi bersentuhan? Makanya kalo ‘meong’ jangan banyak-banyak sentuhan kulit ya… (ih gak enak dong). Kalo anda yakin ingin tertular, cari foto-fotonya dulu (coba cek di http://www.Photobucket .com, pada search: ketik condiloma akuminata ).

Secara medis, penyakit ini tidak begitu berbahaya bagi pasien dibanding penyakit lain yang tergolong IMS. Penyakit ini ‘hanya’ membuat daerah yang terinfeksi tidak tampak indah dipandang.

Pengobatan
Untuk pembaca umum, jangan coba beli obat sendiri tanpa resep dokter karena bisa membuat kuman resisten (kebal) terhadap obat. Harap ditanyakan pada dokter/medis yang berkompeten, untuk dokter/medis yang ingin mempelajari bisa dicek di alamat Wikipedia (paling bawah) yang sudah diberi link ke alamat bersangkutan (tampaknya masih diperlukan tambahan literatur).

Sumber: Wikipedia.org dan materi penyuluhan pribadi.

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

Kategori:Penyakit fisik Tag:,
  1. vandy
    13 Desember 2010 pukul 03:40

    dimana dok bisa diperoleh obat podofilin tincture?

    • pisangkipas
      13 Desember 2010 pukul 03:54

      wah gak tau ya cari dimana, itu kan cairan untuk ngobatin jengger ayam ya.

      Maaf saya bukan dokter 🙂

  2. Anonim
    6 Juli 2011 pukul 12:25

    saya takut akan terkena kanker diusia 17thn sya yda kna akuminata.saya takut setelah tau diarea kewanitaan saya ada kutil dan setelah saya lihat buku jg informasi2 ternyata akuminata. kalau boleh tau harus priksa di dokter spesialis atau praktek dokter?

  3. lolyta
    6 Juli 2011 pukul 12:26

    saya takut akan terkena kanker diusia 17thn sya yda kna akuminata.saya takut setelah tau diarea kewanitaan saya ada kutil dan setelah saya lihat buku jg informasi2 ternyata akuminata. kalau boleh tau harus priksa di dokter spesialis atau praktek dokter?

  4. Anasta
    7 Agustus 2011 pukul 18:43

    Lebih baek km k spesialis urologi adjah?
    Biar tuntas smw?

  5. ade
    27 November 2011 pukul 14:29

    bg.tmn sy pny pnyqt th . .dy ud pny anx ,anx ptma dy nomal en k’2 cecaer gr” dy pny pnyqt jengger aym .th bsa smbuh gag sh bg..kchan bg. Anx”ny mch pd kcl.mhon info’y ia . W gag tega bet am tmn w !! Tx

  6. lestary
    6 Desember 2011 pukul 19:34

    kalo mau periksa mending ke dokter spesialis kulit dan kelamin mbak anasta

  7. paijo
    10 Desember 2011 pukul 07:18

    dimana kira2 bisa membeli tincure podofilin (apotik atau toko kimia) dan brapa harganya? terimakasih.

  8. rara
    4 Januari 2012 pukul 12:30

    dok, saya mau tanya, ada temen saya seorang laki2, dibawah batang penis nya terdapat semacam kutil jumlahnya cuma satu, tidak tau darimana asalnya dan itu baru dia ketahui, dia sudah konsul ke dokter kulit katanya tidak apa2 cuma jengger biasa tetapi jika di buang akan bertambah banyak dan dia tidak diberi obat oleh dokter tsb, gimana dok, apakah itu berbahaya atau tidak?

  9. Niuuu
    8 Februari 2012 pukul 15:09

    periksa ke dr sp obsgyn bisa, pengolesan podofilin oleh dr obsgyn secara rutin insya Allah sembuh, q uda membuktikannya.

  10. 22 Februari 2012 pukul 13:30

    Sya Jga Minta Tlong Info Obatny

    • Anonim
      9 April 2012 pukul 14:35

      LINDA OBATNYA ADA TU ,CUMA 125 000.NO TELPNYA ADA SMSNYA ADA,ALAMTNYA ADA ,NI TAK CASIH NOMERKU .08192422733 .MAS CIPTA .KEBETULAN TEMANKU CEWEK NUNJUK IN PENYAKITNYA .MINTA BANTU .KU CARIKAN .SEKARANG TINGGAL NUNNGU HASILNYA .OBATNYA NAMANYA WARTS POWDER .

    • Anonim
      9 April 2012 pukul 14:41

      LINDA OBATNYA ADA TU ,CUMA 125 000.NO TELPNYA ADA SMSNYA ADA,ALAMTNYA ADA ,NI TAK CASIH NOMERKU .08192422733 .MAS CIPTA .KEBETULAN TEMANKU CEWEK NUNJUK IN PENYAKITNYA .MINTA BANTU .KU CARIKAN .SEKARANG TINGGAL NUNNGU HASILNYA .OBATNYA NAMANYA WARTS POWDER .

    • Tata
      11 November 2016 pukul 04:38

      mba mau tanya …. apa obat buat akuminata yg di infokan berkerja dengan baik?

  11. 3 Juni 2012 pukul 13:31

    saya ada tuga tentang penyakit jengger ayam. apakah ada buku tentang penyakit jengger ayam ini??

  12. indriyani
    19 Juni 2012 pukul 02:55

    perkenalkan dok, nama saya indriyani.usia 25 thn. saya terkena kondiloma akuminata di daerah maaf anus. gimana cara pengobatannya.? katanya di suruh di bakar alias eletrocauterisasi. kalaupun oeprasi . berapa besar biayanya.mohon rekan rekan kalau ada informasi.tolong kasih tahu saya

  13. Anonim
    11 Juli 2012 pukul 15:24

    jengger ayam thu yg drasa pa?gatal pa ga?thx

  14. jherryco
    25 September 2012 pukul 16:10

    dilubang anal saya bagian luar ada bengkak dan gatal membuat saya tidak nyaman,,dan ada beberapa benjolan,dan berkemungkinan itu jengger ayam,,saya bingun dan malu untuk bertanya kpd dokter,ditambah lg masalah uang,,saya pengangguran,,kira2 ada gak obatnya org menjual diapotik,kalo ada apa namanya,trus apa bahayanya jika tidak diobati,,apakah bisa menyebar menjadi banyak,,ataukah bisa menyebabkan kematian?….dan apa yg harus saya lakukan supaya dia tidak semakin parah,,apakah benjolan nya itu bisa hilang dg sendirinya?

    • Anonim
      11 Juni 2013 pukul 23:08

      aku prnh kena tp alhmdlilah sdh sembuh,sejak itu aku gak mau lg berhubungan lwt anal

  15. cece
    31 Juli 2013 pukul 08:22

    coba minum obat habbatusaudah selama 2 bulan , nanti kutilnya bisa kita copot sendiri pake tangan, saya sdh mencoobanya

    • Tata
      11 November 2016 pukul 04:36

      mau tanya apa betul habbatusaudah bisa menyembuhkan Kutil ?

  16. 11 Februari 2014 pukul 02:45

    Enjoy the amazing short very hot Musikschule Wien cause
    it is soo very cool.

  17. Anonim
    7 Februari 2015 pukul 02:34

    saya juga kena, harus ke dokter kulit dan kelamin dan kalau sdh di pakaikan obat untuk merontokan (podofilin tincture) maka daerah sekitarnya akan menjadi gatal2 luar biasa, makanya perginya ke dokter yg bagusan…….itu obat cuma 80.000 aja koq, tapi kalau dokternya tdk mengerti cara pakainya akan mengakibatkan alat kelamin kita jadi memar dan tambah sakit……biaya pengobatan ini sangat mahal…. saya saja sdh keluarkan dana 5 jutaan dengan 2 dokter

  18. 10 Februari 2015 pukul 08:19

    At this moment I am going away to do my breakfast, after having my breakfast coming
    yet again to read other news.

  1. 17 Desember 2014 pukul 16:56

Tinggalkan komentar