Beranda > Definisi > Candidiasis oral

Candidiasis oral

Candidiasis oral/mulut (juga dikenal sebagai sariawan) adalah infeksi jamur ragi dari genus Candida pada membran berlendir mulut. Hal ini sering disebabkan oleh Candida albicans, atau kadang oleh Candida glabrata dan Candida tropicalis. sariwan pada mulut bayi disebut candidiasis, sementara jika terjadi di mulut atau tenggorokan orang dewasa diistilahkan candidosis atau moniliasis.

Gejala
Infeksi mulut oleh spesies Candida biasanya memunculkan kumpulan lapisan kental berwarna putih atau krem pada membran mucosal (dinding mulut dalam). Pada mucosa mulut yang terinfeksi mungkin muncul radang (berwarna merah). Orang dewasa mungkin mengalami rasa tidak nyaman atau rasa terbakar.

Kelompok yang beresiko:
– Bayi yang baru lahir,
– Penderita Diabet, khususnya bagi yang tidak mengontrol diabetnya,
– Sebagai efek samping dari obat-obatan, yang paling sering obat antibiotik. Corticosteroids (sejenis hormon steroid) hisap/hirup untuk perawatan kondisi paru-paru (misalnya Asma) bisa juga berdampak pada candidiasis mulut.
– Orang-orang dengan immunodefisiensi (misalnya penderita HIV/AIDS atau pengobatan kemoterapi).
– Perempuan yang sedang mengalami perubahan hormonal, seperti kehamilan atau mereka yang menggunakan pil pengontrol kelahiran.
– Orang sehat yang dengan sadar/tidak sadar telah mendatangkan kontak secara rutin dengan ragi, misal pengguna gigi palsu dan perokok.

Sariawan dan menyusui
Karena peningkatan penggunaan antibiotik pada wanita pekerja untuk mengurangi transmisi infeksi Grup B streptococcal pada bayi menyebabkan sariawan menjadi lebih merata/tersebar. Gejalanya akan timbul ruam pada puting ibu dan mulut bayi.

Ruam dan rasa sakit yang dialami oleh ibu dapat berkisar antara ringan dan berat hingga mempersusah proses menyusui. Pengobatannya (termasuk menjaga kebersihan puting susu) yaitu dengan pemberian probiotics oral berisi L. acidophilus dan krim over-the-counter antifungal berisi nystatin, clotrimazole, atau miconazole pada puting. Sebaiknya krim yang dipakai dibersihkan sebelum menyusui. Catatan: Kemungkinan efek samping obat-obatan dicek terlebih dahulu sebelum diresepkan.

Pengobatan
Untuk pembaca umum, jangan coba beli obat sendiri tanpa resep dokter karena bisa membuat kuman resisten (kebal) terhadap obat. Harap ditanyakan pada dokter/medis yang berkompeten, untuk dokter/medis yang ingin mempelajari bisa dicek di alamat Wikipedia (paling bawah) yang sudah diberi link ke alamat bersangkutan (tampaknya masih diperlukan tambahan literatur).

Lihat juga: Candidiasis
Sumber: Wikipedia

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

Kategori:Definisi Tag:, ,
  1. Anonim
    19 Desember 2009 pukul 16:08

    Minta tolong penjelasannya, kakek saya umur 80 tahun menserita penyakit sariawan ini, sebelumnya kakek saya mengalami tensi tinggi. Apa kiranya penyebab candidiasis oral ini? Mungkinkah karena pengaruh tensi tinggi?
    Mohon penjelasannya
    Terimakasih

    • Adel
      26 Februari 2012 pukul 10:07

      Salah satu penyebabnya juga bisa karena pemakaian gigi palsu pada saat tidur.. gigi palsu sebaiknya dilepas pada saat tidur dan dibersihkan (dicuci, direndam). Rajin-rajin membersihkan mulut (sikat gigi, berkumur).
      Kemungkinan bukan karena pengaruh tensi yang tinggi.. coba cek juga apakah kakek anda menderita diabetes mellitus? karena DM jg bs menjadi salah satu faktor pendukung terjadinya oral candidiasis.

  2. 24 Januari 2013 pukul 16:29

    When someone writes an article he/she maintains the thought of a user in his/her brain that how a user can know it.
    So that’s why this article is perfect. Thanks!

  3. 20 Maret 2013 pukul 21:26

    Advertise what you are looking for and how much you will pay for it.
    · A contact has a new phone number or address and
    you want to edit their contact information so you can retrieve the correct information when needed.
    Mental Training for Peak Performance teaches you that sweat isn’t enough.

  4. 9 Juli 2013 pukul 23:39

    412938 595722When I originally commented I clicked the -Notify me when new surveys are added- checkbox and from now on whenever a comment is added I purchase four emails sticking with exactly the same comment. Possibly there is by any indicates you could get rid of me from that service? Thanks! 991658

  5. 12 September 2013 pukul 07:11

    Magnificent beat ! I would like to apprentice while you amend
    your site, how could i subscribe for a blog site?
    The account aided me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted
    of this your broadcast provided bright clear idea

  6. 17 September 2013 pukul 04:46

    Hi! I simply would like to give you a huge thumbs up for the great info you’ve got here on this
    post. I’ll be returning to your website for more soon.
    Mitsubishi Starmex air con review

  7. 27 September 2013 pukul 19:35

    Hello There. I found your blog using msn. This is a very well written article.
    I will make sure to bookmark it and return to read more of your useful info.
    Thanks for the post. I’ll definitely return.

  8. 10 Agustus 2014 pukul 00:21

    Today, while I was at work, my cousin stole my iphone and tested to see if it can survive a thirty foot drop, just so she can be a youtube sensation.
    My apple ipad is now broken and she has 83 views.
    I know this is totally off topic but I had to share it with someone!

  1. 11 Januari 2011 pukul 06:18

Tinggalkan komentar