Beranda > Penyakit fisik > Chlamydia, Klamidia

Chlamydia, Klamidia

Penyakit Klamidia tergolong dalam infeksi menular seksual (IMS) pada manusia yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Istilah infeksi Klamidia dapat juga merujuk kepada infeksi yang disebabkan oleh setiap jenis bakteri dari keluarga Chlamydiaceae. C. trachomatis hanya ditemukan pada manusia. dapat merusak alat reproduksi manusia dan penyakit mata. Penyakit ini adalah merupakan salah satu IMS yang paling umum di seluruh dunia – yang diperkirakan sekitar 2,3 juta orang di Amerika Serikat yang terinfeksi Klamidia.

C. trachomatis dapat ditemukan tinggal di dalam sel manusia. Klamidia dapat ditularkan melalui hubungan seksual secara vaginal, anal, atau oral, dan dan dapat mengakibatkan bayi tertular dari ibunya selama masa persalinan. Antara setengah dan tiga perempat dari semua wanita yang mengidap Klamidia pada leher rahim (cervicitis) tidak memiliki gejala dan tidak tahu bahwa mereka terinfeksi. Pada pria, infeksi terjadi pada saluran kencing (urethritis) gejalanya : keluarnya putih dari penis dengan atau tanpa rasa sakit pada kencing (dysuria) dan menyebabkan peradangan pada daerah pernyimpanan dan kantung sperma (epididymitis). Gejala yang kadang muncul pada wanita yaitu rasa panas terbakar pada pinggul. Jika Tanpa perawatan, Klamidia dapat menyebabkan infeksi serius reproduksi dan masalah-masalah kesehatan lainnya dengan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Klamidia mudah diobati dengan antibiotik. Pada wanita, klamidia dapat menyebabkan Penyakit Radang Panggul (PRP) yang berakibat wanita tersebut menjadi mandul (tidak dapat mempunyai anak).

Manifestasi klinis dari uretritis kadang sulit dibedakan dengan gonore dan termasuk adanya discharge mukopurulen dalam jumlah sedikit atau sedang, gatal pada uretra dan rasa panas ketika buang air kecil. Infeksi tanpa gejala bisa ditemukan pada 1 – 25 % pria dengan aktivitas seksual aktif. Komplikasi dan gejala sisa mungkin terjadi dari infeksi uretra pada pria berupa epididimitis, infertilitas dan sindroma Reiter. Pada pria homoseksual, hubungan seks anorektal bisa menyebabkan proktitis klamidia.

Gejala-gejala klamidia / symptoms for chlamydia

1.  Penyakit kelamin

Infeksi klamidia pada leher rahim (cervicitis) adalah penyakit menular seksual yang asimtomatik (tidak bergejala) pada sekitar 50-70% wanita yang terinfeksi dengan penyakit ini. Infeksi dapat ditularkan melalui vagina, anal, ataupun oral. Mereka yang mengalami asimtomatik ini kira-kira setengahnya akan mengembangkan Penyakit Radang Panggul (PRP), istilah umum untuk infeksi rahim, saluran tuba, dan / atau ovarium. PRP dapat menyebabkan munculnya jaringan parut di dalam organ-organ reproduksi, yang kemudian dapat menimbulkan komplikasi serius, termasuk nyeri panggul kronis, kesulitan menjadi hamil, ektopik (tuba) kehamilan, dan komplikasi pada kehamilan  lainnya yang berbahaya. Chlamydia menyebabkan 250.000 sampai 500.000 kasus PID setiap tahun di Amerika Serikat. Wanita yang terinfeksi dengan klamidia adalah hingga lima kali lebih mungkin terinfeksi HIV, jika terkena.

Chlamydia dikenal sebagai “Silent Epidemi” karena pada wanita, hal itu mungkin tidak menimbulkan gejala pada 75% kasus, dan dapat tidak terdeteksi selama berbulan-bulan atau tahunan sebelum ditemukan. Gejala yang mungkin terjadi termasuk: perdarahan yang tidak biasa atau cairan vagina, rasa sakit di perut, nyeri saat hubungan seksual (dispareunia), demam, nyeri buang air kecil dan dorongan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Pada pria, Chlamydia menunjukkan gejala infeksi uretritis (radang uretra) di sekitar 50% dari kasus. Gejala yang mungkin terjadi meliputi: nyeri atau rasa panas ketika buang air kecil, kotoran yang tidak biasa dari penis, testikel bengkak atau lembut, dan demam. Cairan yang keluar/menetes atau purulent exudate, umumnya kurang kental dan lebih ringan dalam warna dibanding pada kasus gonore. Jika tidak diobati, Chlamydia pada laki-laki mungkin akan menyebar ke testis menyebabkan epididimitis, yang dalam kasus yang jarang terjadi dapat menyebabkan kemandulan jika tidak dirawat dalam jangka waktu 6 sampai 8 minggu. Chlamydia menyebabkan lebih dari 250.000 kasus epididimitis di Amerika Serikat setiap tahun. Chlamydia juga merupakan penyebab potensial prostatitis (peradangan pada kelenjar prostat) pada pria, meskipun relevansinya dalam hal ini masih sulit dipastikan karena ada kemungkinan kontaminasi dari uretritis.

2. Penyakit Mata

Konjungtivitis klamidia

Konjungtivitis klamidia atau trakoma pernah menjadi penyebab paling penting kebutaan di seluruh dunia, tetapi perannya berkurang dari 15% dari kasus kebutaan oleh trakoma pada tahun 1995 menjadi 3,6% pada tahun 2002.  Infeksi dapat menyebar dari mata ke mata oleh jari, berbagi handuk atau kain, batuk dan bersin. Bayi yang baru lahir dapat juga mengembangkan infeksi mata Chlamydia  melalui persalinan.

3. Kondisi Rheumatological

Klamidia juga dapat menyebabkan artritis reaktif – tiga serangkai artritis, konjungtivitis dan uretritis (radang uretra) – terutama pada anak laki-laki. Sekitar 15.000 orang mengembangkan artritis reaktif karena infeksi klamidia setiap tahun di Amerika Serikat, dan sekitar 5.000 secara permanen terpengaruh olehnya. Ini dapat terjadi pada kedua jenis kelamin, walaupun lebih sering terjadi pada pria.

4. Infeksi Perinatal

Sebanyak separuh dari semua bayi yang lahir dari ibu dengan klamidia akan lahir dengan penyakit ini. Klamidia dapat mempengaruhi bayi dengan menyebabkan aborsi spontan, kelahiran prematur, konjungtivitis yang dapat menyebabkan kebutaan, dan pneumonia (radang paru-paru). Konjungtivitis karena Chlamydia biasanya terjadi satu minggu setelah kelahiran (bandingkan dengan menyebabkan kimia yang dalam hitungan jam atau gonore (2 sampai 5 hari)).

5. Kondisi lain

Chlamydia trachomatis juga merupakan penyebab lymphogranuloma venereum, infeksi kelenjar getah bening dan limfatik. Biasanya ditunjukkan dengan ulserasi genital dan pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan, tapi mungkin juga muncul sebagai proktitis (radang anus), demam atau pembengkakan kelenjar getah bening di wilayah lain dari tubuh.

Diagnosis

Bagi wanita aktif seksual yang tidak hamil, skrining dianjurkan pada mereka yang berusia di bawah 25 tahun dan wanita lainnya yang beresiko terinfeksi. Faktor risiko mencakup sejarah klamidia atau infeksi menular seksual lainnya, memiliki mitra seksual baru atau banyak mitra seksual, dan penggunaan kondom yang tidak konsisten. Para ahli masih belum menemukan kesepakatan universal apakah screening penting untuk laki-laki.

Diagnosis terhadap infeksi-infeksi klamidia genital berkembang pesat dari tahun 1990-an sampai 2006. Nucleic acid amplification tests (NAAT), seperti pada  polymerase chain reaction (PCR), transcription mediated amplification (TMA), dan DNA strand displacement amplification (SDA) sekarang menjadi tes-tes andalan. NAAT untuk klamidia dapat dilakukan dengan mengambil sampel spesimen yang dikumpulkan dari leher rahim (perempuan) atau uretra (laki-laki).

Pengobatan

Infeksi C. trachomatis dapat disembuhkan dengan antibiotik secara efektif setelah terdeteksi.  Centers for Disease Control (CDC – US) menyediakan pedoman untuk perawatan berikut:

* Azitromisin 1 gram oral sebagai dosis tunggal, atau
* Doxycycline 100 mg dua kali sehari selama tujuh hingga empat belas hari.
* Tetrasiklin
* Eritromisin

Baca juga:

- Infeksi Menular Seksual (IMS)

- Gonore

- Epididymitis, epididimitis

- Urethritis

- Bartholin’s cyst, Bartolinitis

Artikel agak lengkap tentang klamidia: - www.chlamydiae.com

Sumber: Wikipedia.org

Pic source : Wikipedia.org (GNU Free Documentation License).

Obat Propolis mengobati berbagai penyakit klik di sini untuk info lebih lanjut

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.
About these ads
Kategori:Penyakit fisik Tag:,
  1. littlechic
    4 Oktober 2009 pukul 03:19

    wek…wek…wek…

  2. 9 Oktober 2009 pukul 09:53

    5eMogA wArga IndOnEsia biSa bEBa5 daRi PMS.
    dgN cRa gaX brhUbuNgaN Sex….
    thanK5

    • Anonymous
      7 Juni 2010 pukul 11:00

      smoga zzzzz trwujud

  3. 15 Oktober 2009 pukul 06:41

    BBBBBBBBBBRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR……………. nauzumindzalik dech

  4. 7 Februari 2010 pukul 10:24

    josssss !!

  5. widya
    17 Februari 2010 pukul 21:11

    kasian ya yang trkena klamdia . ada obat ny ga ?

  6. BANDITO
    21 April 2010 pukul 04:41

    apa yang lebih teruk apabila klamidia tleh mengjangkiti mata dan menghilangkan atau mematikan fungsi mata

  7. gofar
    28 Mei 2010 pukul 07:46

    mengerikan…

  8. danu
    1 Juni 2010 pukul 14:29

    Apakah gatal2 pada ujung penis( tp bag dlm) juga tanda2 klamidia?

    • pisangkipas
      1 Juni 2010 pukul 17:54

      itu bkn tanda klamidia, pd kondisi bebas infeksipun kdg gatel2. kalo kamu merasa tdk pernah sex bebas maka anda tak bisa kena klamidia. Tanda klamidia sdh disebutin di atas. Jika secara fisik bag luar batang penis tdk ada bintil atau luka terbuka atau dari saluran kencing tdk pernah mengeluarkan cairan yang tdk lazim spt nanah atau cairan bening agak kental yang menimbulkan bercak di clana dalam (bukan sperma lho) maka artinya anda bebas infeksi.

  9. Yadi
    18 Agustus 2010 pukul 11:43

    Tuh pengobatannya apa 1 jenis obat aja yg diminum?atau mnum 2 fariasi obat antibiotik?

    • pisangkipas
      20 Agustus 2010 pukul 21:11

      biasanya cuma satu jenis saja, ini tergantung tingkat keparahan penyakit.

  10. ada
    22 Agustus 2010 pukul 08:03

    emh kalo cuma sakit pinggul aja gimana ??
    terus kalo ga hubungan seksual bisa kena klamidia gak ?

    • pisangkipas
      23 Agustus 2010 pukul 20:31

      sakit pinggul penyebabnya bukan hanya klamidia jadi harus diperiksakan ke dokter; tidak hub seksual bisa terkena misal dari ibu ke anak melalui proses persalinan.

  11. Yadi
    25 Agustus 2010 pukul 16:27

    Saya dah 10hari minum doxycycline dan gejala gejala dah hampir hilang lendir jg berkurang,pipis jg g trasa sakit lagi.aku imbangi dgn minum air ptih yg banyak.

    • pisangkipas
      25 Agustus 2010 pukul 17:09

      baguslah, terusin minum obat sampai habis. Jangan lupa cek lg ntar ke dokter utk memastikan anda telah sembuh secara medis.

  12. Yadi
    25 Agustus 2010 pukul 17:38

    Emg bisa kambuh lagi y?dah cukup skali ini aja deh g lagi2 mainin cewek.

  13. Yadi
    25 Agustus 2010 pukul 17:42

    Emg bisa kambuh lagi y?dah cukup skali ini aja deh g lagi2 mainin cewek.tobat.hehe
    wah berati cewek g terasa bahwa dirinya terkena klamidia atau go y?cri tubuh cewek yg terinfeksi gmn bang?

    • pisangkipas
      27 Agustus 2010 pukul 21:28

      kalo pengobatannya tuntas maka gak akan kambuh lg. Ciri cewek yg terinfeksi liat di artikel di atas.

  14. Yadi
    29 Agustus 2010 pukul 11:45

    Alhamdulilah saya sudah sembuh.dan bwt cowok2 hati2 dah jgn suka ganti2 cewek.bwt yg lg terinfeksi minum antibiotik seperti artikel diatas.insyallah dlm 7 hari mampet alias sembuh,tp habisin obatnya ok.smg brmanfaat.

  15. iwan
    15 September 2010 pukul 03:55

    2 bulan yang lalu sy udah sembuh mas, trus pas 1 bulan kemudian kluar lgi bercak putih di cd. tapi kalo lagi kencing g skit. tu gejala gimna lagi mas? mohon penjelasannya trims, kalo ada obat cocoknya obat apa?

    • pisangkipas
      15 September 2010 pukul 08:36

      Ini bisa gonore atau bisa juga klamidia. Apakah kalau kencing rasanya nyeri? Saya gak bisa kasi resep, coba datang ke dokter spesialis kulit dan kelamin atau puskesmas. Penyembuhannya cepat kok asal secepatnya di obati ya.

  16. 19 September 2010 pukul 22:46

    apa cairan putih yg keluar itu nanah?

    • pisangkipas
      21 September 2010 pukul 04:28

      ya, nanah, sampah hasil pertempuran antara sel darah putih kita melawan kuman

  17. 23 September 2010 pukul 08:34

    kalo waktu maksimal bwt sembuh brp lama??

    • pisangkipas
      23 September 2010 pukul 18:34

      manusia cuma bisa berusaha, Tuhan yang menyembuhkan. Cepat atau lambatnya penyembuhan tergantung banyak faktor seperti tingkat keparahan penyakit, kedisiplinan mengkonsumsi obat yang diresepkan, dll. Kesembuhan secara medis pada umumnya dinyatakan dengan hilangnya gejala penyakit yang terlihat. Bersabarlah, dan tetap konsisten berusaha untuk penyembuhan ya.

  18. 24 September 2010 pukul 10:23

    kalo d klamida slaen nanah apa ada darah yg kluar jg?

    • pisangkipas
      2 Oktober 2010 pukul 12:16

      kadang juga ada darah yg keluar tapi sedikit/bercak

  19. edo
    26 September 2010 pukul 03:02

    Saya mw tnya, apakah perbedaan antra GO dan klamidia? Adakah prbedaan signifikan antra kedua pms ini. Soalny saya 1bln yg lalu kncing nanah ,tpi skrg dlm proses pnymbuhan(tdk bernanah lagi,hnya ad bercak putih d lubang penis.. Tapi yg sya khawatir, sperma saya kenapa berwarna kuning. Ap itu GO ato klamidia?

    • pisangkipas
      2 Oktober 2010 pukul 12:18

      Go dan klamidia itu berbeda kumannya namun penanganan pengobatannya hampir sama. Kalo anda sedang dalam penyembuhan maka gak akan lama lagi akan sembuh total, yang penting obatnya dihabisin dan cek lagi sesudah itu ke dokter yg sama untuk memastikan kesembuhan.

  20. tirta
    26 September 2010 pukul 04:04

    aq mw taxk sama kayak yg datas,saya kalo kencing trasa sakit,perih bgt,kmrn2x kluar nanah,tp mulai kmrn sore kluarx ada darahx jg,apa ni klamida?
    Terimakasih

    • pisangkipas
      2 Oktober 2010 pukul 12:20

      Anda pria atau wanita? Kalau pada pria umumnya tidak disertai darah jika itu klamidia atau GO. Coba cek ke dokter ya, bisa jadi juga itu bukan PMS/IMS.

  21. edo
    27 September 2010 pukul 03:25

    Tambahan prtynaan saya yg diatas dok. Dikelamin saya, didalam “maaf” lubang penis,persis d dkt celah lubang penis. terdapat bercak putih. Itu apa y dok? Tnda GO ato klamidia?

    • pisangkipas
      2 Oktober 2010 pukul 12:21

      Pemanen gak bercaknya, kalo permanen bisa jadi itu jamur. Coba cek ke dokter. GO dan klamidia tidak bergejala demikian.

  22. edo
    5 Oktober 2010 pukul 10:35

    Sprtiny bercakny permanen dok, smpe skrg ud 2blan saya berobat tp ga smbuh( saya mrsa dmikian krna sperma saya berwrna kuning).Dok saya mw tanya, proses penularan pnykit GO itu bsa dr apa saja(slain hbgn seks). Saaya kuatir scr tdk sngja mnularkan k org2 d rmh dok.
    Thx bntuanny.

    • pisangkipas
      5 Oktober 2010 pukul 15:57

      Ah masa belum sembuh juga, biasanya dokter memberi obat injeksi/suntik kalo melalui obat minum/pil/tablet gak mempan. Banyak kok antibiotik yg bisa dipake untuk kasus GO. Kalo kamu tinggal di perkotaan kan banyak pilihan dokter, coba ke dokter yg laen ya. Jangan dibiarkan tuh penyakit entar menyebar ke bagian tubuh yg laen.

      Namanya juga penyakit yg tergolong infeksi menular seksual maka GO lebih banyak menular lewat hubungan seksual termasuk berciuman. Untuk penularan melalui media lain kemungkinan dari ibu ke anak. Selain itu kecil kemungkinan.

  23. edo
    5 Oktober 2010 pukul 16:04

    saya sbnrny ragu dgn dkter ini, tapi krna brhbng d kota saya(JAMBI) cm dia 1 1 ny spesialis kulit dan klamin apa bole buat.
    Sya prna menanyakan mengenai pemberian obt melalui jarum suntik, tp doktr ny malah ktwa dan bil “emank obat ap yg mw d sntik”.
    Nb: tlong d bantu dok klo dkter pnya kenalan dktr di JAMBI yg bsa membntu saya.
    Trim’s doc
    Gbu

    • pisangkipas
      5 Oktober 2010 pukul 16:28

      Banyak kok antibiotik yg bisa disuntikkan, tapi itu melihat dulu kemampuan tubuh kamu menerimanya, salah satunya alasan alergi obat. Bahkan kadang sekali suntik sudah selesai gak kambuh lagi. Kalo kamu punya kenalan dokter, terserah dokter apa coba kamu konsultasi ke dia. Biasanya dia punya akses ke panduan daftar obat antibiotik. Ini jika benar2 darurat, ketimbang kamu harus ke propinsi lain yang terdekat.

      Gini aja, coba juga ke puskesmas, biasanya ada prosedur penanganan GO dari Dinkes setempat walaupun yg melayani kamu cuma dokter umum non spesialis. Yang penting sembuh kan?

    • rudi
      1 Januari 2013 pukul 03:21

      Dokter ϑί jambi spa nma nya bro ..
      Tudung ϓά ?

  24. yayan
    7 Oktober 2010 pukul 02:43

    tolong dijawab dok..
    setelah saya periksa ke dokter sp.kk dilakukan pmeriksaan fisik saya divonis epididimitis karena infeksi. jadi ad sperti benjol agk padat gt di bwh pelir, n agk nyeri gt.
    saya sudah minum antibiotik 2 macam (doksisilin ma cefixime). hasilx nyerinya jauh berkurang, n gak sakit kncing lagi.
    tapi kenapa testis saya masih terdapat benjolan epididimitis itu, wlpn tdk nyeri, bagaimana menghilangkannya?
    mohon bantuannya dok?

  25. yayan
    7 Oktober 2010 pukul 03:08

    tolong dijawab dok.
    setelah saya melakukan pemeriksaan fisik di dokter sp.kk
    saya divonis epididimitis karena infeksi.
    jadi di bag belakang testis saya seperti ad benjolan daging gt dan terasa nyeri.
    kemudian saya diberikan 2 macam antibiotik (doksisilin dan cefixime)
    setelah tak minum sesuai resep nyerinya jauh berkurang n saya gak sakit kencing lagi.
    tapi…
    benjolan epididimitisx kok masih tetep ada.
    bagaimana cr menghilangkannya dok?
    kdg2 kepikiran gt soalnya
    mohon bantuannya dok.

  26. yayan
    7 Oktober 2010 pukul 03:09

    sry dobel dok, tadi tak kira ga ke kirim.

  27. NexianZZ
    9 Oktober 2010 pukul 04:28

    Bro… klo obat sejenis zithromax dan Ciprofloxacin itu diminum berbarengan kira2 bisa untuk mengobati klamidia juga selain GO ? aku dianjurkan minum sekali aja 2 zithro dan 1 ciprof… kata dokter itu tunggu aja dalam tempo 3 hari biasanya sembuh. gmana tuh ?? bls sgr yah..

    • pisangkipas
      9 Oktober 2010 pukul 13:42

      Begini, keduanya memang sama-sama antibiotik dan bisa dipakai untuk membunuh/mencegah replikasi bakteri klamidia namun jika digunakan bersamaan maka akan mengakibatkan efek samping klinis. Memang agak rumit menjelaskannya, intinya obat ciprofloaxin tergolong obat yang sangat tidak dianjurkan digunakan bersamaan dengan obat lain termasuk dengan zithromax. Cara kerja zithromax dan Ciprofloxacin juga berbeda sehingga efek lainnya jika digunakan bersamaan adalah mubazir obat karena masing-masing efektif membunuh bakteri. Ikuti saja saran dokter dan bersabarlah mengikuti aturan pakai supaya tidak menimbulkan masalah baru bagi tubuhmu nantinya.

      Sekali lagi, ikuti saran dan peringatan dari dokter ya. Semoga bermanfaat.

  28. astaroth
    11 Oktober 2010 pukul 09:11

    mo nanya nih – saya kalo kencing setelahnya suka sakit trus keluar cairan bening dr ujung penis tp gak bau… apakah itu klamidia?
    udah ke dokter katanya sih cuman kurang minum air putih aja trus di kasih saltrim (trimetoprim-sulfametoksazol)
    itu

    • pisangkipas
      12 Oktober 2010 pukul 13:13

      apakah anda pernah hubungan seks? kalo gak pernah hubungan seks tidak mungkin terkena klamidia.

  29. edo
    12 Oktober 2010 pukul 13:28

    Doc, ak mw tnya. Sperma ak knpa berwarna kuning y, dan d skitran buah zakar agk sdkt berwrna merah. Apa ini d sbabkan oleh GO ? Krna 2bln yg lalu saya mndrita GO. Ap mngkn GO komplikasi ke aliran darah?
    Dan sebaikny saya msti gmn doc.
    Tq

    • pisangkipas
      13 Oktober 2010 pukul 14:35

      cek ke dokter dan diobati ya. Tuntaskan dan habiskan minum obat yang diberi dokter.

  30. eko
    25 Oktober 2010 pukul 06:43

    bro mau tanya ttg LGV,itu penyebabnya klamidia jg kan,bisa tolong dijelaskan???
    apakah penyakit tersebut berbahaya,mohon cepat dibalas ya???

    • pisangkipas
      25 Oktober 2010 pukul 11:19

      Ya, Lymphogranuloma venereum (LGV, juga dikenal sebagai lymphopathia venerea dan lymphogranuloma inguinale), adalah penyakit seksual yang disebabkan oleh invasi Chlamydia trachomatis.

      Infeksi pada sel-sel bawah kulit kemudian akan menyebar ke kelenjar getah bening melalui jalur lymphatic. Pembengkakan luarbiasa pada daerah sekitar genital (kelamin) merupakan hasil dramatis akhir dari gangguan pada lympathic ini. Hal ini biasanya terlihat pada perempuan, mungkin memborok dan sering terjadi 1-20 tahun setelah infeksi primer. Pembengkakan ini tidak terbatas pada penis, saluran kencing, vagina, rahim, atau dubur. Selain itu, edema (pengumpulan cairan yang tidak normal sehingga menimbulkan bisul) sering terjadi. Dubur mengalami penyempitan karena tertekan pembengkakan (yang luarbiasa) tadi. Kondisi ini bisa menyebar ke daerah lain, dan bisa menimbulkan arthritis, pneumonitis, hepatitis, atau perihepatitis.

      • eko
        25 Oktober 2010 pukul 12:33

        penyembuhannya sama dengan penderita klamidia ya…

      • pisangkipas
        25 Oktober 2010 pukul 16:55

        ya sama saja, kan kumannya sama, cuma mungkin dokter akan melihat tingkat keparahan penyakitnya.

      • eko
        26 Oktober 2010 pukul 09:12

        apakah LVG berbahaya,saya pnh baca klamidia bisa mengarah ke HIV,apakah itu benar?????

      • pisangkipas
        26 Oktober 2010 pukul 13:32

        Klamidia bisa menjadi pintu gerbang masuknya HIV jika klamidia menimbulkan iritasi/ luka di selaput kulit dalam seseorang , walaupun itu kecil. Kuman Klamidia dan HIV itu berbeda, jadi selama HIV tidak masuk ke tubuh seseorang maka dia gak akan mengidapnya walaupun di tubuh orang tsb ada kuman klamidia-nya.

        Makanya disarankan bagi seseorang yang mengidap infeksi menular seksual dalam bentuk apapun entah itu klamida, gonore, sipilis, dll., untuk sementara waktu (sampai sembuh) tidak berhubungan seks dengan seseorang yang beresiko mengidap HIV.

  31. Wawah
    25 Oktober 2010 pukul 10:03

    Bro, beberapa hr lalu pada buah zakar bagian kiri saya membengkak dan trasa nyeri, tp saya tidak merasakan sakit pada saat buang air kcl dan tdk kluar nanah atau apa pun, dan pada saat ereksi kepala penis saya trlihat ada bercak kerut dan merah
    Apakah itu clamydia?
    Dan agar aman dan tenang saya ingin cek lab.. Tp saya tdk mengerti sm skali, bisa bantu saya apa saja yg hrs saya cek? Dan yg hrs di cek itu urin apa darah ya? Saya ingin memastikan tdk ada penyakit sm skali karena jujur saja saya jd tdk tenang, Dan sebegai catatan saya pernah melakukan hub dgn pacar dan yg trakhir kr2 2 bulan lalu.. Mohon bantuannya

    • pisangkipas
      25 Oktober 2010 pukul 11:24

      Klamidia pasti menimbulkan rasa sakit saat pipis dan mengeluarkan cairan bening keputihan. Mending ke dokter spesialis kulit dan kelamin dulu, kan beliau yg bisa ngasi saran apakah perlu di tes atau gak.

  32. Wawah
    25 Oktober 2010 pukul 14:54

    Saya jd bingung bro, saya harus ke dokter spesialis kulit & kelamin atau ke dokter urologi?
    Karena pada buah zakar dan perut bagian bwh saya yg lebih dominan merasakan nyeri, tp saya berasumi ke penyakit kelamin karena saya melihat kerut dan bercak merah saat ereksi, thx sarannya

    • pisangkipas
      25 Oktober 2010 pukul 16:48

      spesialis kulit dan kelamin dulu utk dicek ada penyakit kelaminnya atau gak. Gitu, kan ntar kalo mmg perlu ke urologi ya coba minta saran ke dokter kulit kelamin itu.

  33. 30 Oktober 2010 pukul 05:40

    dok,saya sempat hub sama PSK di panti pijat…itu 29 september 2011 kmrn…trs masuk bulan oktober tgl 23an setelah saya kencing trs 1 jam kemudian saya buka kulit penis saya ada cairan mengkilap gitu di ujung lubang penisnya dok…trs beberapa harinya klo kencing di akhir kencing dia ngeluarin cairan lengket seperti sperma trs ada kaya ager2 gitu dok….itu berbahaya gak dok…soalnya saya uda ke dokter spesialis spKK dia bilang itu tidak apa2.trs saya uda cek VDRL TPHA hasil nYA NON reactive dok dua2nya…menurut dokter keluarnya cairan di akhir kencing itu bahaya atao tdiak dok yah…trims dok

    • pisangkipas
      30 Oktober 2010 pukul 17:31

      Saat kencing sakit gak? kalo gak sakit berarti gak apa2.

      • 1 November 2010 pukul 04:31

        thx dok atas responenya…sory ak baru OL lagi dok…klo kencing sampai saat ini tidak sakit dok.cuma saya ngerasa ada yg aneh sama kencing saya dok,klo minum byk trs kencing, setelah kencingnya abis 4 atao 3 detik dia keluar lagi kencingnya dok tapi hanya tetesan dok.seperti gak tuntas kencingnya dok.pada waktu saya hub saya di oral dok dan saya menahan kencing dok,trs sampe ke tempat kerja saya juga tahan kencingnya dok.setelah di parkiran saya baru kencing,trs aku minum coca cola…beberapa hari kmrn keluar cairannya di malam hari dok…apa dokter bisa kasih saya nomor HP dok,agar saya bisa sampein ke dokter lebih pribadi lagi dok…Trima kasih Dok…

  34. 30 Oktober 2010 pukul 05:42

    sory dok,itu tahunnya 2010 sory saya salah ketik…trims

  35. jhony
    7 November 2010 pukul 09:57

    dok klo saya pernah brhub sex,,trus pd kelamin saya trasa geli2 dan agak gatal,,,,trus klo kencing agak sakit,,,,,,trasa gatal sampai lubang anus,apa itu termasuk klamidia,,obat’y apa dok….tolong saya dok makasih,,,

    • pisangkipas
      7 November 2010 pukul 18:57

      kamu periksakan ke dokter ya, soalnya ada kemungkinan itu gonore maupun non-gonore (termasuk klamidia).

  36. 10 November 2010 pukul 07:35

    Dok apa saya boleh minta no HP dokter???

    • fazi josepira
      20 November 2010 pukul 06:21

      waspdalah waspadalah.

  37. joko
    8 Desember 2010 pukul 16:18

    penis saya kalo buat ngejan kadang ada yg ngeganjel tp ga sakit.. kluarnya kentel kya gel dan lengket..
    trus klo saya onani sperma yg keluar setelah sekitar 1 menit jadi kental..

    penyakit apakah yg saya derita..
    saya sudah menderita ini cukup lama dan belum saya periksa karena malu…

    • pisangkipas
      8 Desember 2010 pukul 18:02

      Jika kamu merasa gak pernah melakukan hubungan seks maka ini bukan tergolong penyakit menular seksual. Jika ini bukan penyakit menular seks maka banyak kemungkinannya, dan saya sarankan untuk periksa ke dokter jika itu mengganggu anda.

      Oh ya sperma yang keluar setelah 1 menit jadi kentel itu normal saja. Sepertinya itu gak masalah, kecuali (seperti saya bilang di atas) apa anda pernah melakukan hub seks apa gak.

  38. blink
    18 Desember 2010 pukul 13:53

    Mau nanya klo kena klamidia poin nya 1,31 Ig G (dr hasil lab) padahal tahun lalu cek up saya negatif dan setia dgn 1 pasangan, pasangan pun tidak kena klamidia dan kita blm berhubungan lagi selama setahun..kenapa saya bisa kena klamidia?memang hampir setahun ini saya bolak balik ke rumha sakit untuk jaga ibu saya yg sakit kanker serviks..dan menggunakan kamar mandi pasien. Apakah klamidia dapat menular melalui kamar mandi, sentuhan kulit?pegangan gayung?sekarang saya di kasih obat VIRETH(aciclovir), spiramisin, dan imunos untuk dosis 1 bulan dr dokter kandungan..alasan saya ke dr. Kandungan krn keluhan awal adalah kencing terus2an, keputihan spt susu, dan haid hanya 2 hari..smoga pisangkipas bisa membantu menjawab..Terima kasih sblmnya…

  39. Jamie
    22 Desember 2010 pukul 19:44

    pak dok, kalo kena klamidia dan udah minum antibiotik generik, biasanya hasilnya brp lama y? koq saya udah 5 hari ini minum Doxycycline 100 mg dua kali sehari(resep dokter selama 10 hari) tp msh sakit ketika kencing. thx a lot..

  40. Jamie
    22 Desember 2010 pukul 20:06

    Tambahan pertanyaan pak dok, apa klamidia dapat menular lewat handuk teman, berbagi gelas air minum, atau pakaian yang dicuci berbarengan y?Trima kasih..

    • pisangkipas
      22 Desember 2010 pukul 21:53

      Biasanya hari kedua setelah minum obat udah mulai berkurang rasa sakitnya, coba istirahat anda ditambah ya biar daya tahan tubuh ikut ngebantu.

      Klamidia bisa efektif masuk tubuh jika ada luka atau jalan masuk lain spt saluran kencing dan saluran dalam anal. Kuman ini gak tahan lama hidup di kulit luar kita jd kecil kemungkinan terkena handuk (kecuali tersentuh cairan dari penis), berbagi gelas mungkin bisa tetapi pencernaan atas sampai usus punya proteksi anti bakteri yg bisa menangkal bakteri ini masuk tubuh. Pakaian yg dicuci berbarengan gak bisa lah menularkan : kan ntar kena deterjen kumannya dan cucian kering dijemur ya mati bakterix

  41. Irwan kapok
    28 Desember 2010 pukul 10:00

    Dok kira2 tgl 20an bulan november saya tidak sengaja melakukan dngan psk baru 1 kali tanpa kondom setelah saya di oral kmudian vaginal, saya kapok pok dok.. Kemudian 5 hari kemudian muncul duh pada penis saya kmudian saya ke dokter spkk sy disuntik 2x pada (maaf) bokong saya juga saya diberi antibiotik doxycicline untuk 7 hari, 3 hari pertama sudah tidak keluar duh lagi, setelah obat habis masih terasa panas, kmudian inisiatif saya beli doxycicline sendiri di apotik setelah konsumsi selama 2 hari panas hilang.. Kmudian tidak saya teruskan minumnya. Tp setelah kok di bdan saya seperti ada yg aneh ya bdan saya terasa nyeri, dada tengah terasa panas dan leher pun terasa panas yg dan juga terdapat seperti guratan pada leher samping dan belakang.. Pada tumit kaki pun terasa panas.. Kemudian saya teruskan minum doxycicline.. Setiap habis minum dada tidak terasa panas namun selang 2 jam terasa panas kembali..apakah saya terkena penyakit komplikasi selain kencing nanah, sprti klamidya/sifilis misalnya? Kira kira selain doxycicline obat lain apa ya dok? Apa doxycicline boleh di minum bareng dengan cefixime atau ciproxfloaxin?

    • pisangkipas
      28 Desember 2010 pukul 17:17

      Maaf, saya bukan dokter, saya cuma bisa kasi saran terbatas saja. Lain kali kalo beli obat pake resep dari dokter supaya ada yg bertanggungjawab dan bisa memantau perkembangan penyakit itu dlm tubuh anda ya. Setelah obat habis mestinya anda kembali ke dokter yg sama untuk di cek apakah sudah sembuh atau belum.

      Obat2an yg anda sebutkan di atas td tergolong antibiotik, antibiotik untuk memerangi kuman, jika anda memakai berlebihan tanpa dosis yang sesuai takaran dari dokter maka bisa jadi menimbulkan reaksi yang agak keras pada tubuh anda. Hentikan memakai obat tanpa sepengetahuan dokter atau ahlinya karena bisa berakibat anda bukannya menjadi sembuh malah membuat masalah baru jika mengkonsumsinya.. Pemakaian obat tanpa takaran juga bisa menimbulkan kuman menjadi kebal terhadap obat dan bisa menimbulkan kesulitan dalam penyembuhan.

      Setau saya (dalam selang waktu 1 bulan) klamidia dan sipilis tidak menimbulkan kondisi yang anda sebutkan di atas, jd kecil kemungkanan menimbulkan ‘komplikasi’ tadi. Saran saya: stop dulu mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep yang diberikan dokter. Sembuh atau tidak, kembalilah ke dokter karena dokter akan mencarikan solusi pemecahan yang meminimkan resiko buruk bagi tubuh anda.

      Sementara itu dulu.

  42. Qput
    29 Desember 2010 pukul 08:18

    Sob,di uretra q gatal nih,kemaren lusa udah minum thiamphenicol.Dosis tunggal,dan nanahx udah hilang.Gatal2x bru tadi apa itu cuman efek sampingx aja,tanda2 sembuhx APA AJA?

    • pisangkipas
      29 Desember 2010 pukul 11:34

      Kalo nanah udah gak muncul lagi berarti udah mulai sembuh, gatal2 biasanya pertanda mo sembuh (org luka dikulit kalo dah mengering lukanya kan juga pasti gatal2). Habiskan obatnya dan kalo bisa setelah obat habis kembali ke dokter yang sama untuk pengecekan akhir.

  43. Yo'i
    6 Januari 2011 pukul 07:42

    Pak Pis…, sebelum saya dibilang kena klamidia sama dokter yg terakkhir ini, saya sudah ke lab, dan hasil menunjukan tidak ada bakterinya. dia bilang saya radang saluran kencing karena kapur. dikasih obat peluruh batu selama seminggu kencing gak sakit.setelah obat habis, gejala kumat lagi dan tersana panas dikulit bawah batang penis. ganti dokter kulit kemudian saya dibilang kena klamidia, lalu disuntik dan dikasih obat doxycylin n metronidazol 2×1 sehari selama 7 hari.setelah disuntik panas ilang n kencing jg normal2 aja. tapi 2 hari berikutnya koq panas dikulitnya kambuh lagi ya, kencing gak terasa sakit cm gak nyaman dikulitnya aja. nyiksa bgt.biasanye mpe berapa lam pengobatan koq saya cm dikasih obat 7 hari aja??

    • pisangkipas
      6 Januari 2011 pukul 08:41

      biasanya setelah obat habis diminum semua (sesuai dosis/hari) maka penyakitnya sembuh, kembalilah ke dokter buat kontrol, mungkin perlu ganti obat (atau dosisx ditambah) karena sekarang banyak bakteri yang resisten/kebat obat antibiotik.

      • yoi
        7 Januari 2011 pukul 11:40

        klo dah dikatakan sembuh apakah besok2 bisa nularin pasangan kita?(kbtln saya blm nikah) oya dikasih antibiotik tp efeksampingnya bnyk bgt y.pencernaan terganggu,susah bab,lidah kasar.

      • pisangkipas
        8 Januari 2011 pukul 12:04

        Kalo sembuh, kemungkinan menularkan jadi kecil/hilang. Antibiotik memang ada yang menimbulkan efek samping, jalanin aja yg penting gak begitu mengganggu anda yg penting penyakitnya sembuh .

  44. Qput
    6 Januari 2011 pukul 10:10

    sob,sekarang muncul cairan putih agak keruh,tp kalo’ pipis gak sakit,sebulan yg lalu aq positif GO.trus aq kedokter.Di kasih resep thiampenicol dosis tunggal,setelah itu gejala2x berkurang.Bisa dikatakan hilang.Tp sekarang pinggulku suka nyeri.Apakah itu tandaä klamida?

    • pisangkipas
      6 Januari 2011 pukul 16:15

      Kalo anda pingin tau terkena klamidia atau gak ya kontrol ke dokter lg. Anda pria atau wanita? pada pria gak ada gejala nyeri pinggul (jika kena klamidia).

  45. yo'i
    9 Januari 2011 pukul 03:55

    o ya nanya juga.kenapa y hasil lab (dari tes urin) saya gak ada bakteri pms,tp eritrosit diatas normal.jd dokternya(pdhl spkk senior) bilang cm radang krn kapur.tetapi saya cr second opinion kedokter kulit lain tanpa saya bawa hasil lab,cm diperiksa fisik aja dia bilang saya kena klamidia.jd bingung..tp stlh disuntik seh mendingan walau mpe skrg kulit penis bawah msh kerasa ky panas.emang jg ada rasa panasnya jg y gejala klamidia?

  46. gilang
    19 Januari 2011 pukul 14:09

    gan tu obat bli’a d’klinik pa d’rmh skt n pke resep dokter cz da 5 hri w ngalamn gejala2 tersebut

  47. yo'i
    25 Januari 2011 pukul 09:32

    saya akhrnya coba tes dilab.hasilnya igg:0.98(borderline) n igm:0.3 (negatif). maksdnya igg n igm apa y.klo yg dipake igm brarti dah sembuh? atau igg yg msh tinggi menunjukan msh positif?

  48. aa
    4 Maret 2011 pukul 10:07

    Numpang tanya, kenapa penis saya terasa seperti panas dan ujungnya kurang nyaman di celana dalam, tetapi kalo kencing ga sakit hanya kadang kadang sedikit perih. Apakah ini clamidia atau apa ya. thanx

    • pisangkipas
      8 Maret 2011 pukul 18:10

      Anda tidak menjelaskan apakah pernah melakukan hub seksual atau tidak dalam waktu dekat. Jika iya, bisa jadi itu klamidia atau gonore jika dibarengi dengan keluarnya cairan yang tidak biasa dari penis.

  49. desta
    22 Maret 2011 pukul 06:25

    saya dibilang dokter sudah sembuh di bulan januari.tapi sampe sekarang koq kadang masih ada rasa gak nyamanya pada ujung penis.kaya sensasi rasa kena air es.tanya kedokter lain dibilang gak papa.trus klo kencing yg keluar dikit jadi bercabang..kenapa y kira2?

  50. toyib
    23 Maret 2011 pukul 06:56

    mas.saya berobat kedokter smpai nek minm obt tpi ga sembuh2.tgl 19 kmrn sya k,dokter kulit dan klamin.kta nya saya kna klamidia.di permuka,an saluran kencing ada luka seperti sariawan.apa itu klamidia trs kalau di tetakan kadang2 nyeri.tolong di bls secpt nya ya mas..tq

  51. yosethomas
    26 Maret 2011 pukul 07:05

    Usahakan klo cek laboratorium untuk pms jangan hanya cek urine, tapi usahakan cek mikrobiologi dari sekret uretra, apabila perlu kultur dari hasil mikrobiologi diatas agar dokter tidak perlu coba2 antibiotik.

  52. tobat
    13 April 2011 pukul 03:00

    mas pis.udh 6 bln sya kna penykt klamin.udh berobt k,dokter umum slma 6 bln.tpi ga ada perubhan.trs sya k,dokter spkk kta nya sya kena klamidia trs dikash obt doxyciclin tpi ga ada perubhan.mlh d,lubang kencing timbl luka seperti sariawan.mau kedokter spkk tpi 1bln lg bru praktek gmna mas pis mohon saran nya.thx

  53. koro
    13 April 2011 pukul 05:33

    saya tidak tahu kenapa, pada waktu kencing keluar cairan putih dari penis tapi tidak disertai dengan rasa sakit apapun dan juga tidak berbau dan baru terjadi beberapa minggu ini pada saat saya memulai diet…
    saya menggunakan obat diet dan dianjurkan untuk banyak minum namun saya kurang minum
    apakah itu pengaruh obat atau saya terinfeksi penyakit kelamin?
    saya melalukan hubungan terakhir 2-3 minggu yang lalu dimohon jawabanya terimakasih

  54. Rocky
    21 April 2011 pukul 03:50

    kalo minum Azitromisin 1 gram ,itu cuman di minum 1 kali aja ya??? atau itu juga diminum selama 1 minggu???

  55. hani
    27 April 2011 pukul 02:49

    saya sudah menikah 4 tahun dan belum punya anak
    2 minggu yg lalu saya melakukan laparoskopi karena ada penyumbatan di saluran indung telur sbelah kiri
    setelah laparoskopi dokter bilang ada perlengketan di sekitar liver
    dan perut bagian bawah akibat kuman klamidia
    saya berhubungan hanya dengan suami saja
    sjauh ini saya hanya di beri obat doxycycline selama 10 hari
    yang mau saya tanyakan:
    1. hanya dengan obat doxycycline saja bisa sembuh total?
    2. setelah sembuh mungkinkah bisa tertular lagi? karena kalo memang ini hanya bisa trtular akibat dari berhubungan badan berarti suami saya juga sudah kena?
    3. apa yang harus saya lakukan selanjutnya agar tidak terkena lagi kuman ini?
    terima kasih sebelumnya.

  56. andra
    2 Mei 2011 pukul 10:50

    bro minta pencerahannya nih…saya beberapa bulan yang lalu mengalami gejala seperti gonore & klamidia…trus saya konsul ke dokter spkk.dan dokter hanya mengatakan saya mengalami infeksi dengan hanya ujung penis saya dengan kaca pembesar saja kemudian sya diberi obat sofix 100 (3 Butir diminum skaligus), kemudian tablet generik(tidak tecantum namanya) diminum 2 kali sehari selama 1 minggu. setelah setengah perjalanan memeinum obat tersebut kepala penis saya seperti terkelupas dan cairan nanah yang keluar tidak timbul lagi, tapi setalah 2 minggu kumat lagi & mengeluarkan nanah lagi walaupun hanya pada sore hari sj dan jika di pencet batang penis dari batang menuju pangkal, lalu saya konsul lagi kemudian diberi obat 1 macan yaitu doxicor 100 sebnyak 10 butir diminum 2x sehari. kemudian setelah obat habis parasaan cenut2 pada batang dan kadang masih mengeluarkan nanah walaupun tinggal sedikit sekali…lalu saya biarka kurang lebih 2 bulan dgn persepsi obat mgkn masih bekerja, namun ternyata malah kadang pada saat pipis terasa panas dan perih dan tetap mengeluarkan cairan kental agak keruh keputihan, akhirnya saya coba konsul kedokter yg lain dan saya diminta periksa lab.(pemeriksaan air seni lengkap) dan hasilnya semua baik, kemudian sya diberi obat BAQUINOR 500 mg sebanyak 17 butir dan diminum 2x sehari sampai habis…kemudian terasa sembuh tapi 2,5 bulan kemudian pada pagi dan sore hari jika penis di pencet kembali mengeluarkan cairan putih keruh dan terkadang pipis terasa perih dan sedikit panas. mohon jawaban dari narasumber dan kawan2, kira apa analisa terhadap saya dan mohon bantuanya, saya pinginh sembuh dan terlepas dari dosa bodoh sya ini. trimakasih, wassalam.

    • desta
      7 Mei 2011 pukul 11:01

      @andra sama ni bro.saya juga masih kerasa cenut cenut ky kena rasa dingin diujung penis walaupun hasil lab n dokter sdh bilang sembuh.sakit bulan januari 2011 tp sakit msh kerasa skrg.jadi bingung.pdhl sudah ganti smpe 4 dokter spkk.

  57. charlie
    3 Mei 2011 pukul 10:23

    saya ingin bertanya pada doktor ,seminggu yg lalu saya telah d suntik dengan antibiotik oleh klinik. tetapi masih keluar cecair putih yang tidak berbau pada bahagian penis saya .apakah penyakit ini boleh d ubati atau tidak? apa harus saya lakukan doktor?

  58. Anto
    15 Mei 2011 pukul 07:08

    Andra n desta:klo emang klamidia.cba mnm obt azitromicin yg 500 mg 2×1 smpai 5 hari.klo udh brkurang sakitnya terus kn 7 smpai 14 hri.insya allah sembuh.

  59. 2 Juni 2011 pukul 20:48

    sya kena penyakit yg sama, suka keluar cairan bening dri penis yg sllu mmbasahi celana dalan, sudah 5bulan saya alami, saya udanh nyoba minum thiampenicol, tp ga sembuh2,, tlong solusi’a,, dan anti biotok apa yg cocok,,,,mohon di jawab..!!

  60. andi
    29 Juli 2011 pukul 12:42

    * Azitromisin 1 gram oral sebagai dosis tunggal, atau
    * Doxycycline 100 mg dua kali sehari selama tujuh hingga empat belas hari.
    * Tetrasiklin
    * Eritromisin

    apakah resep diatas diminum secara bersamaan??
    dosis yg diminum brp kali sehari??

    mohon pencerahannya..
    terimakasih..

  61. Laki laki
    4 Agustus 2011 pukul 06:25

    Bro Mau Tanya sekitar anus saya gatal banget Dan terasa sampe di Salam usus saya, Dan anus saya mengeluarkan cairan, Dan kalau buang air besar Sekarang saya tidak teratir Dan (maaf) encer tidak seperti biasa. Dan sebelumnya saya pernah Ada gejala Go.nah itu yg saga derita itu apalah GO ATo apa?

  62. Anonymous
    13 Agustus 2011 pukul 02:12

    dok saya mau tanya 3 minggu yang lalu saya hubungan trus seminggu berikutnya keluar cairan putih pada penis ketika bangun tidur,bahkan ketika Penis mengeras/ereksi seperti asa rasa sakit pada kemaluan,saya mengkonsumsi tetra siklin 250 mg selama 2 minggu tapi kok blum terasa eveknya ya?/cairan putih itu masih keluar,memang sich rasa gatal pada penis ada akhir.2 ini,tolong berikan petunjuknya dok.thk

  63. ts
    13 Agustus 2011 pukul 02:15

    dok saya mau tanya 3 minggu yang lalu saya hubungan trus seminggu berikutnya keluar cairan putih pada penis ketika bangun tidur,bahkan ketika Penis mengeras/ereksi seperti asa rasa sakit pada kemaluan,saya mengkonsumsi tetra siklin 250 mg selama 2 minggu tapi kok blum terasa eveknya ya?/cairan putih itu masih keluar,memang sich rasa gatal pada penis ada akhir.2 ini,tolong berikan petunjuknya dok.thk

    • pisangkipas
      1 Oktober 2011 pukul 08:20

      pakai obat sesuai petunjuk dokter, jangan beli obat sendiri, iyalah kalo penyakitnya GO, kalo klamidia atau yg laen? kan lain penyakit lain pula obatnya, Malah jangan2 ntar penyakitnya sama tapi sudah kebal karena itu varian baru, jadi saran saya konsultasi ke dokter.

      NB: 2 minggu?? lama sekali, biasanya 3-4 hari sudah tuntas sakitnya bung.

  64. 3 September 2011 pukul 12:58

    mau nanya ni..
    apakah penyakit GO bisa smbuh total,, n kgax kmbuh lagi
    tris

    • pisangkipas
      1 Oktober 2011 pukul 08:08

      bisa sembuh total asalkan pengobatannya tuntas: sesuai petunjuk dokter dan obat yg diresepkan harus habis. Ada beberapa kasus akhir-akhir ini yang menunjukkan bahwa go sudah kebal obat, ini mungkin varian baru GO, tapi dokter punya solusi-solusi khususnya tentang pilihan obat.

  65. 6 September 2011 pukul 20:26

    tolong sy bro sepertinya sy kena clamedya udh 3-4 bln nih bercak dicd blm jga hilang doxycycline udh 20 butir tpi kenapa blm hilang jga ya Bro? Obat antibiotik apa lg nih yg paten tolong dibls trims…

    • pisangkipas
      1 Oktober 2011 pukul 08:16

      kalo bercak mace-macem jenisnya tidak harus dikaitkan dengan klamidia kecuali jika memang anda pernah terkena klamidia dan tidak diobati tuntas. Banyak wanita yang mengeluarkan bercak-bercak kuning, putih, coklat, hijau.. dan yg berlendir /cair. Semua ada kemungkinannya namun umumnya tidak berbahaya sepanjang tidak menimbulkan sakit di dalam rongga vagina, saat menstruasi (sakit yg tidak biasa), dan kehamilan. Panas demam bisa menjadi tanda adanya infeksi pada pada tubuh anda, jika anda merasa sehat saja berarti tidak apa2.

      Sebaiknya mengurangi pemakaian obat kimia pabrikan jika itu tidak perlu atau tidak dibawah pengawasan dokter (resep) karena bisa semakin memperparah penyakit anda/menimbulkan penyakit baru. Obat-obatan herbal / alami kadang lebih manjur, tapi harus sesuai dosis karena kalo berlebihan juga bsia menimbulkan efek samping.

  66. Anonymous
    16 Oktober 2011 pukul 03:04

    dok penyakit keputihan itu kenapa ssich ???

    • pisangkipas
      16 Oktober 2011 pukul 08:11

      Terdapat lebih dari 40 macam kemungkinan terjadinya keputihan pada wanita baik yang terjadi di dalam vagina maupun di luarnya. Jika tidak berbau, warnanya puih-kuning-sedikit hijau, dan volumenya sedikit maka itu tidak apa-apa /normal karena kebanyakan wanita mengalami hal ini.

      • agoes
        18 Desember 2011 pukul 21:38

        Dok, minta nomer hape! Urgent!!! Tolong banget!

  67. tobat
    13 November 2011 pukul 00:00

    Pak dok.tlng mnta solusi nya donk.sya udah 6bln ini kna klamidia udh kontrol 5kali ke dokter spkk..3bln terakhir udh hilang gejala nya tpi skarang kambuh lgi…apa bakteri nya udh resisten obat…klo udah resisten sma obat gmna penangan,an nya…soal nya di tempat q tinggal dokter spkk praktek 1 bln sekali doang…tolng saya dok

  68. dani
    24 November 2011 pukul 04:48

    pak dok, saya 1 bulan lalu ada hub sex ama ttm, nah minggu lalu saya merasakan klo kencing sakit, dan pernah keluar cairan seperti sperma 1 kali waktu saya mau pipis..dan sampe skg uda ga pernah keluar cairan seperti sperma itu lagi, tp tiap pagi diujung penis saya suka ada cairan yang kental agak keputihan..terkadang sore juga suka ada cairan kental keputihan itu di ujung penis saya,
    yang saya mau tanyakan, saya terkena GO apa klamidia ya dok?
    dan obat apa yang harus saya minum?
    mohon informasi nya segera mungkin ya pak dok, karena saya takut sekali..

  69. nando
    26 November 2011 pukul 15:42

    dok…. saya mau share dipenis saya sering keluar cairan putih sperti susu scara trus menerus sejak 2 hari lalu dan mninggalkan bercak di cd… sangat tidak nyaman, juga trsa nyeri… stelah saya tau itu chlamydia sy mngambil tindakan untuk meminum antibiotik tetrasiklin, erythromycin 500mg, dan cyprofloxacine 500mg dminum 3x shari per hari ini… itu menurut saran tman sy yg prnah ngalamin…. apakah benar tindakan saya?apakah antibiotik yg sy minum tidak brbahaya!? mohon pencerahannya plis. trims

  70. nando
    26 November 2011 pukul 15:45

    dok…. saya mau share dipenis saya sering keluar cairan
    putih sperti susu scara trus menerus sejak 2 hari lalu dan
    mninggalkan bercak di cd… sangat tidak nyaman, juga
    trsa nyeri… stelah saya tau itu chlamydia sy mngambil
    tindakan untuk meminum antibiotik tetrasiklin,
    erythromycin 500mg, dan cyprofloxacine 500mg dminum
    3x shari per hari ini… itu menurut saran tman sy yg
    prnah ngalamin…. apakah benar tindakan saya?apakah
    antibiotik yg sy minum tidak brbahaya!? mohon
    pencerahannya plis. trims

  71. reb
    10 Desember 2011 pukul 12:14

    dok kalo saya kadang terasa sakit di uretra, dan sering buang air kecil….
    tapi belum pernah ngeluarin nanah yg disebutkan.

    paling pernah keluar cairan bening tp itu keluar saat sy BAB…

    1 lagi dok, memangnya penyakit GONORRHEA & CHLAMYDIA terjadi berapa saat setelah berhubungan seks? kalo memakai kondom apakah tetap terkena?

  72. reb
    10 Desember 2011 pukul 12:14

    reb :
    dok kalo saya kadang terasa sakit di uretra, dan sering buang air kecil….
    tapi belum pernah ngeluarin nanah yg disebutkan.
    paling pernah keluar cairan bening tp itu keluar saat sy BAB…
    1 lagi dok, memangnya penyakit GONORRHEA & CHLAMYDIA terjadi berapa saat setelah berhubungan seks? kalo memakai kondom apakah tetap terkena?

    sakitnya itu seperti nyeri.. tp kadang hilang kadang kambuh…

  73. harrio
    10 Desember 2011 pukul 14:09

    pak Dok, saya merasakan testis saya panas… dan sedikit membesar. tetapi kalo kencing tidak sakit, cuma jadi sering pipis… itu kenapa ya dok?
    terus ada lagi seminggu yg lalu pernah nakal main sm psk tp pakai kondom.
    takutnya nular penyakit yg enggak2…

    makasih

  74. pria
    10 Desember 2011 pukul 19:46

    gan ane ada keluhan nih, testis ane terasa ga enak, sepertinya agak bengkak, dan sering pengen kencing.. di uretra nya juga kadang kaya nyeri sedikit.. tp gak keluar nanah/cairan aneh.. cuma kaya perasaan pengen kencing di uretra, juga kalo pipis gak sakit..
    itu kenapa ya? apa kena penyakit klamidia? atau prostat? atau turun bero yah?
    mohon segera jawabannya dok…

  75. sembuh
    13 Desember 2011 pukul 16:15

    pak pisang, saya kira2 1minggu yg lalu tgl 5 des berhub di panti pjiat menggunakan kondom.
    dan sehari sebelumnya tgl 4, ane kurang tidur, lalu beres2 rumah angkat2 beban banyak, terus malamnya juga kurang tidur, paginya ada kegiatan, dan siang tgl 5 des itu ane melakukan kenakalan.
    sebelum melakukan hub itu ane memang sangat letih sekali, dan memaksakan, dan esoknya/dua harinya terasa gak enak pada penis.
    -uretra terasa nyeri2,
    -sering kencing terutama malam hari (tapi tidak sakit)
    -Tidak mengeluarkan nanah/cairan (pernah keluar cairan bening saat BAB di penis, tp kalo cairan bening itu sejak dulu2 sy emang pernah mengalami saat BAB)
    -testis terasa tidak enak pernah seperti bengkak
    -selangkangan,pantat dan sekitar anus terasa panas.

    nah pada tanggal 12 des 2011 saya ke rumah sakit, dan ke dokter SP.KK dan diperiksa dan di cek uretra saya dengan senter katanya tidak ada cairan, dan di vonis tidak tertular.

    setelah itu saya diberi obat2 3 macam. seperti:
    max c 500 = 1x sehari
    dolo neurion = 1x sehari
    spasminal = 2x sehari

    dan efek yg sy rasakan:
    -testis sudah tidak bengkak.
    -nyeri2 sedikit mulai hilang walopun kadang suka datang
    -kencing tetap tidak sakit,tp masih suka sering kencing

    rasa panas pada selangkangan pantat, dan anus masih suka terasa.

    nah dari keluhan2 ini saya memang bebas dari penyakit2 ini/sebenernya terkena?

    terimakasih.

    • sembuh
      13 Desember 2011 pukul 16:22

      oh iya kata dokternya kalo kena penykit klamidia/go kalo 1 minggu pasti udah keluar cairan2. dan kencing sakit, tp ane belom merasakan itu.

      semoga aja saya benar2 gak tertular!! AMIN! saya sudah tobat.

  76. Penanya saja
    14 Desember 2011 pukul 11:43

    Malam teman pisangkipas,

    Saya ingin bertanya, saya minggu lalu main dengan PSK, trus setelah 2 hari kemudian muncul bercak2 di celana dalam saya, trus saya pikir bukan penyakit namun ketika saya liat ujung penis saya mengeluarkan cairan putih agak bening, pas keluar gak sakit, ketika kencing kadang nyeri dan terasa panas tapi setelak kencing gak terasa sakit it termasuk klamida ato tidak ya, mohon bantuannya?

  77. ad
    28 Desember 2011 pukul 07:13

    kayanya gw kena juga klamidia dehh,, coz cirinya mirip kya yg gw alami,, gw emg pernh nglakuin free sex. gw udh minum doxycicline 5 hari ko msi ngeluarin cairan kya gitu. apa antibiotiknya gak cocok? kalo ganti antibiotik ada efek negatifnya gak yah? thx

    • cer
      4 Januari 2012 pukul 05:59

      coba bantu, kalo klamidia doxycycline bener kok obatnya.. coba aja ke dokter lagi. sy juga sedang dalam masa pengobatan. kalo saya sesuai resep dokter 10hr.

      • ad
        7 Januari 2012 pukul 02:49

        aku ganti pke tetrasiklin,, keluar cairan putihnya sudah berkurang,, mau ke dokter malu ah,,

  78. sembuh
    5 Januari 2012 pukul 15:38

    ini TS nya kemana yag? :D gak pernah nongol nih yang punya blog..hihi…

  79. 27 Januari 2012 pukul 10:28

    thank infonya…

  80. 1 Maret 2012 pukul 04:54

    belilah doxycycline kapsul di apotik terdekat, harga 1 lembar 4rb(isi 10pil)…minum 1biji tiap 8 jam. jangan berbuat dosa lg..sholat taubat mohon ampun…sudah jelas dan diulang2 dalam al-qur’an perbuatan keji akan mendapatkan siksa…hati2 jika sudah sembuh terus brebuat dosa lagi akan datang peringatan yang lebih keras…

  81. Loly
    4 Maret 2012 pukul 06:21

    Klau berhubungan pendarahan truz n pernh mengalami sakit saat kencing pa nh klamidia

  82. evan
    4 April 2012 pukul 05:23

    go tuh bisa kambuh lagi gak sih dok??

    • pisangkipas
      4 April 2012 pukul 13:09

      bisa kalo pengobatannya gak tuntas

  83. evan
    4 April 2012 pukul 05:24

    masa inkubasi kuman go berpa hari dok??

    trus tanda yang signifikannya apa??

    bisa kambuh lagi gak dok apabila sudah sembuh??

    thank before

    • pisangkipas
      4 April 2012 pukul 13:12

      go itu cepat inkubasinya bisa 3-7 hari. Tergantung daya tahan tubuh kita. Tanda signifikannya ya saat kencing terasa sakit di saluran kencing dan keluar cairan kekuningan dari penis/saluran kencing.

  84. 14 April 2012 pukul 11:22

    saya pernah berhubungan dengan psk tanpa kondom,…stlah ada 1 mingguan saya kalau buang air kecil kerasa sakit, seperti ada yang mau keluar tapi ga bisa keluar, kemudian saya ke sinse, sakit berkurang, namun pada celana saya ada semacam nanah kental (sedikit) setelah saya amati ternyata memang ada seperti nanah kental di ujung penis saya, apa obat ofloxacin 400 mg (bukan generik termasuk obat antibiotik yang bagus, saya beli juga agak mahal) bisa mengatasi masalah saya, skrang sudah 4 kali saya konsumsi obat itu, nanah ga ada lagi sih…, sblmnya trmksh dok

    • Budi
      26 April 2012 pukul 14:22

      Tolong..Saya mw tanya. . .
      Di mulutp penis saya rasanya sakit,, spt ada sariawan gtu… Awal nya cuma wrna merah,, tapi lama2 agak memutih spt sariawan…. Apa yg harus saya lakukan.?;-( penis sya jdi sering nyeri… Saya gk prnah hub sex

    • Budi
      26 April 2012 pukul 14:26

      Tolong..Saya mw tanya. . .
      Di mulutp penis saya rasanya sakit,, spt ada sariawan gtu… Awal nya cuma wrna merah,, tapi lama2 agak memutih spt sariawan…. Apa yg harus saya lakukan.?;-( penis sya jdi sering nyeri… Saya gk prnah hub sex. . . Sblumnya ada bintik merah spt jerawat

    • Jhon
      29 Mei 2012 pukul 03:18

      sama gw juga pake ofloxacin 1x tiap 8 jam sekarang udah ga kluar cairan putih. harganya Rp 11.700 sd Rp 12.500 per strip.harus dikonsumsi selama 7 sd 15 hari.
      Sekarang gw udah pake 6 hari.
      Untuk penderita klamidia atau GO penisnya ga boleh ereksi/tegang dulu selama penyembuhan karena saluran urethra itu kan membengkak kalo ereksi/tegang.jadi kayak luka udah mo sembuh kebuka lagi. emang susah.tapi kalo lg mikir ngeres, balik sholat atau berdoa…
      Mudah2an membantu..

  85. jobi
    6 Mei 2012 pukul 15:48

    dok. Saya 3 hr lalu berhub dgn psk. Stlh 2 hr ada bercak coklat kekuningan di cd saya. Apa saya kn ims? Sempat jg terasa nyeri waktu kencing tp cm 1x saja. Tlg bnt ya

  86. Anonymous
    26 Mei 2012 pukul 08:12

    Awalnya beberapa minguu yg lalu saya berhubungan seks dengan pacar saya. Beberapa hari kemudian bibir penis saya gatal dan kemerahan, saya obati pake salep anti jamur dan bakteri agak berkurang. Tapi belakangan saluran penis saya ikut gatal dan perih jika kencing tapi tidak mengeluarkan cairan sama sekali selain kencing. Anus saya juga gatal dan jika dibersihkan ada semacam lendir seperti ingus kental putih susu kadang juga kuning,pernah juga ada sedikit bercak darah. Anehnya penyakitnya kambuh pada malam hari dan pagi hari setelah bangun tidur. Kalo siang kencing biasa saja, tidak begitu terasa. Sampe sekarang sudah hampir sebulan belum sembuh. Sudah minum antibiotik dan pil antijamur tetap belum ada reaksi. Kira2 saya kena apa ya?Apakah bisa dikatakan klamidia juga?

  87. 28 Agustus 2012 pukul 10:10

    dok saya mau tanya 2minggu yang lalu saya sudah sembuh tidak keluar nanah pada penis sekarang kambuh lagi gimana itu dok?

  88. 28 Agustus 2012 pukul 10:14

    dan sperma saya bening dan encer ?apa bisa kembali seperti semula thx saya tunggu jawabannya dok

  89. ita
    30 Agustus 2012 pukul 08:09

    mas brow clamydia pada wanita apa ini termasuk
    1.pada waktu melakukan hub mengeluarkan darah segar
    2.ada benjolan pada mulut vag dan terasa sakit seberti udun
    3. hub tidak nikmat alias sakit
    4. meriang kadang 2
    5. sering kencing
    apakah taraf ini sudah terjangkit

  90. Anonymous
    2 September 2012 pukul 04:01

    dah 3 botol propolis gak sembuh malah awalnya sedikit cairan sekarang jd banyak

  91. 7 November 2012 pukul 14:32

    mau tanya dok,yang saya rasakan penis saya terasa panas warna merah ada bintik ny,di bagian penis atas ny,
    terus kalo mau buang air kencing rasa nyeri,dan di dilubang kencing yg atas terdapat radang seperti luka gt,sudah lima kali berobat ke dokter kulit tapi blm sembuh jg dok,
    mohon penjelasan ny dok,dan obat apa yg harus saya minum..terimakasih.

  92. dani
    17 November 2012 pukul 05:51

    Kalo bangun tidur ada bercak Sarah Di celana dalam , padahal sy tidak pernah berhub wanita lain ! Apa ini gejala prostat ?

  93. yusman
    20 November 2012 pukul 11:50

    apakabar dok,
    istri saya sudah di test ihsg, dan hasilnya terkena hydrosalphinx kiri kanan, dan belum di operasi. Sy mau tanya apakah ini bisa menular?
    tq dok

  94. Anonymous
    12 Desember 2012 pukul 12:17

    vagina sering mengeluarkan darah saat berhubungan intim,kira2 penyakit/gak maz brow…

    • 14 Desember 2012 pukul 00:10

      Mous@ klo km wanita, cepet cek ke dokter..
      Krna biasa’nya gejala kanker servic sprti itu..

      Berbagi pengalaman saja..
      Thx

      • 14 Desember 2012 pukul 00:18

        Bro and sista smua yg dsni..
        Berbagi pengalaman saja ya’,,
        Untux G0 / klamidia itu bahaya bget klo ga cepet di obati,,
        & inget jgn coba2 antibiotix tanpa resep dokter..
        Itu bsa membuat kebal bakteri’nya tersebut..

        Klo memang bro & sista mengalami gejala yg di atas, cepet cek lab bila perlu test darah jg,,
        Dstu bsa ketau’an, ada bakteri GO / klamidia apa tdk,,
        Bkn itu saja, bsa tau jg antibiotix yg tepat untux bakteri yg di derita,, krna lain org lain jg obat’nya wlo sma bakteri’nya..
        Krna kekebal’an tubuh mnusia berbeda_beda…

        Smoga bermanfaat…
        Thx^^

      • rudi
        1 Januari 2013 pukul 03:31

        Siang mbak julia ..
        Sy ϻάυ nanya пίϚн ..
        Κάιό sy buang air kecil, saat penghabisan knpa ϓά terasa perih, seperti όяάήƍ yƍ nahan pipis .. Τrύϩ ngga tuntas kluar nya ..
        Terkadang keluar cairan bening ( cma sedikit ) kalau ϑί pegang, seperti ingus ..
        Τrύϩ ϑί selangkangan kiri dan kanan saya ada flek berwarna coklat tua .. Dulu cma şè titik, тάρί skrg seluas telapak tangan. .
        Udh 4 tahun lama nya ..
        Waktu konsultasi, dokter nya cuma ϐίιαηƍ iritasi ( flek nya )
        Diberi salep, тάρί ngga hilang” ..
        Mohon solusi nya kalo ada mbak ..
        Terima Kasih ϓά.

  95. dede
    15 Februari 2013 pukul 11:12

    kalau tetrasiklin 500 mg, minumnya sehari berapa kali? sampai berapa hari?

  96. 4 Maret 2013 pukul 11:00

    bro gimana nieh gua Sekarang udah kena pexakit kencngt nanah nieh udah dua hari please minta bantuan.A td aku ke apotik dan tanya obat doksisiklin trus yg jaga apotik.A malah kagak tau begok kali yaaa
    please bantuan.A dan kamu2 smua bs sms atau nelpon ke no yg udah tertera ok

  97. ZH
    29 April 2013 pukul 04:18

    kalo mau cek darah dan cek lab kira2 dimana yah yg murah ??? soalnya pernah tanya ke prodia biayanya 1,2 jt

  98. Anonymous
    28 Mei 2013 pukul 04:12

    y

  99. Zoe
    6 Juni 2013 pukul 18:40

    An interesting discussion is definitely worth comment.
    I do think that you need to write more about this subject, it may
    not be a taboo subject but typically folks don’t speak about such topics. To the next! Kind regards!!

  100. 17 Juli 2013 pukul 05:37

    I am actually glad to glance at this webpage posts which carries tons of useful information, thanks
    for providing such information.

  101. 17 Juli 2013 pukul 07:20

    My brother suggested I might like this website.
    He was entirely right. This post truly made my day. You can not imagine simply how much time I had spent for this information!
    Thanks!

  102. 20 Juli 2013 pukul 20:25

    Very worthwhile information!Perfect! just what I was searching for!

    • abdi
      12 September 2013 pukul 06:54

      dok mau tanya, kalo biaya periksa ke dokter SPKK sampai tuntas sembuh berapa ya? sama cek bakterinya di lap ..
      terimakasih sebelumnya ..

      • Rois
        20 Oktober 2013 pukul 19:19

        pernah terkena gonore lama dan sembuh
        apakah bisa sebabkan mandul

  103. Ramon
    9 November 2013 pukul 08:38

    Dok mau tnya ini , ini ujung penis saya sering terasa gatal lalu ngeluarin cairan gk jelaas gt
    Klo pada saat kencing kadang nyeri jg
    Trakhir berhubungab seks mgkn 2bulan lalu
    Itu kenapa yaa ? Apakah saya kenak klamidia?

  104. gonore or spilis or klamida
    12 Mei 2014 pukul 17:22

    Pak pisang mau tanya
    Pertama saya merasa agak nyeri saat pipis
    Kemudian pagi2 saya melihat ada cairan putih yg keluar dr penis dgn cara saya memijat batangnya
    Agak gatal dan merAsa pegal dan mata tidak enak, cairan itu makin lama makin bau
    Kemudian saya ke dokter di suntik di 2 bagian pantat ke otot, setelah itu di beli 5 butir lovequin 500mg (antibiotik)
    Setelah hari ke 3 memang tidak bau tapi tetap keluar nanah putihnya, bahkan setelah selesai antibiotik
    Apa yg harus saya lakukan?

  105. gonore or spilis or klamida
    12 Mei 2014 pukul 17:22

    Pak pisang mau tanya
    Pertama saya merasa agak nyeri saat pipis
    Kemudian pagi2 saya melihat ada cairan putih yg keluar dr penis dgn cara saya memijat batangnya
    Agak gatal dan merAsa pegal dan mata tidak enak, cairan itu makin lama makin bau
    Kemudian saya ke dokter di suntik di 2 bagian pantat ke otot, setelah itu di beli 5 butir lovequin 500mg (antibiotik)
    Setelah hari ke 3 memang tidak bau tapi tetap keluar nanah putihnya, bahkan setelah selesai antibiotik
    Apa yg harus saya lakukan? Dan penyakit apa ini

  106. Faisal
    4 Juni 2014 pukul 04:38

    pak pisang saya mau tanya mohon dan mohon segera dijawab..
    awalnya saya merasa gatal” diselangkangan terus saya garuk sampai merah dan 2-3 hari kemudian selangkangan saya makin perih dan gatal dan menyebar ke area didekatnya dan mengeluarkan lendir seperti keringat yang lengket dan baunya rada amis, sekarang sudah 5 hari aku terkena penyakit itu..
    kira” ini penyakit pms gak pak ..? apa obat efektif yang harus saya minum..?

  107. dini
    30 Juli 2014 pukul 09:47

    Saya pernah ngalamin keluarnya cairan bening kaya keputihan di anus, tapi hanya sekali ! Apakah itu tanda klamidia ?? Terimakasih, mohon dijawab !

    • xmen
      25 November 2014 pukul 12:06

      sayang mengalami keluar cairan keruh di penis. sebelumnya saya onani, setelah itu penis terasa sakit, 3 hari setelah itu saya ml dengan pacar saya. sekitar 3 minggu kemudian kok keluar cairan. apakah itu karena infeksi menular atau karena parasit

  1. 27 November 2012 pukul 03:49

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.144 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: