Beranda > Penyakit fisik > Adenoviruses

Adenoviruses

Adenoviruses adalah satu kelompok virus dari keluarga Adenoviridae yang bertanggung jawab terhadap 5-10% dari infeksi pernafasan atas pada anak-anak, dan banyak infeksi pada orang dewasa juga. Terdapat lebih dari 52 serotypes (type sub-spesies) jenis virus ini pada manusia. Penyakit ini tergolong IMS karena pada teknik seks tertentu dapat menjadi jalur penularan virus ini.

Pada manusia infeksi Adenovirus paling sering menyebabkan penyakit pada sistem pernafasan, namun ini tergantung pada serotype yang menjangkiti. Mereka juga dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya, seperti Gastroenteritis (radang pada saluran pencernaan), conjunctivitis (radang pada mata), cystitis (radang pada saluran kencing), dan penyakit ruam. Gejala penyakit pernafasan yang disebabkan oleh infeksi adenovirus rentang umumnya dari sindrom dingin ke radang paru-paru, croup (Laryngotracheobronchitis), dan bronkitis. Pasien dengan kondisi sistem kekebalan sedang (compromised) sangat rentan terhadap komplikasi parah infeksi adenovirus. Penyakit pernafasan akut pertama kali dikenal saat rekruitmen tentara (AS) selama Perang Dunia II, infeksi adenovirus terjadi karena kondisi sesak dan stres.

Gambaran Epidemiologic
Meskipun karakteristik epidemiology berbeda pada setiap jenisnya, semua yang ditularkan melalui kontak langsung, jalur fecal-oral, dan kadang-kadang jalur waterborne. Beberapa jenis virus ini mampu hidup menetap tanpa menimbulkan gejala infeksi di tonsil (area perbatasan mulut dan tenggorokan), adenoide (tenggorokan atas-belakang), dan intestine (usus kecil) manusia. Virus ini menetap selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Beberapa adenoviruses (misalnya, serotypes 1, 2, 5, dan 6) telah menjadi endemik di berbagai belahan dunia, infeksinya terjadi pada anak-anak. Jenis lainnya menyebabkan infeksi sporadis dan kadang-kadang wabah, misalnya epidemi keratoconjunctivitis yang dikaitkan dengan adenovirus serotypes 8, 19, dan 37. Epidemi penyakit demam dengan conjunctivitis-nya terkait dengan penularan lewat jalur waterborne (kolam renang/danau kecil).

Diagnosis
Cek pada dokter dan/atau laboratorium medis.

Perawatan dan pengobatan
Kebanyakan infeksi jenis virus ini adalah ringan dan tidak memerlukan pengobatan kecuali pengobatan pada gejalanya. Karena tidak ada terapi khusus virus, penyakit adenovirus serius dapat dikontrol hanya melalui pengobatan gejala dan komplikasi infeksi-nya. Kematian sangat langka terjadi.

Pencegahan
Penyakit ini dapat menular melalui jalur fecal-oral (dari kotoran ke mulut), sehingga menjaga kebersihan tangan sebelum makan sangat dianjurkan. Juga dalam hal ini, hindari hubungan teknik seks tertentu yang beresiko menjadi jalur fecal-oral ini misal: anilingus, coprophilia, and ass to mouth. Menjaga tingkat chlor yang memadai sangat diperlukan untuk mencegah kolam renang menjadi sumber penyakit ini.

 

Baca juga:

– Epididymitis, epididimitis

 

Sumber: Wikipedia (Adenoviridae dan Adenovirus infection).
Penterjemah dan Editor: Pisangkipas (mohon koreksinya jika terdapat kesalahan dalam penterjemahan dan tata bahasa).

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

  1. 17 Agustus 2014 pukul 15:10

    Superb site you have here but I was curious about if you knew of any discussion boards that cover the same topics discussed in this article?
    I’d really like to be a part of online community where I can get advice from other knowledgeable people that share the same interest.
    If you have any suggestions, please let me know. Thanks!

  2. 8 Oktober 2014 pukul 04:38

    I love your blog.. very nice colors & theme.
    Did you create this website yourself or did you hire someone to do it for
    you? Plz reply as I’m looking to create my own blog and would like to know where u got this from.
    cheers

  3. 20 Februari 2015 pukul 00:13

    Appreciation to my father who told me concerning this website, this
    web site is in fact awesome.

  4. 14 Juli 2016 pukul 17:51

    There are certainly numerous details like that to take into consideration. That could be a nice point to deliver up. I offer the ideas above as basic inspiration but clearly there are questions like the one you carry up the place crucial thing will likely be working in sincere good faith. I don?t know if finest practices have emerged around issues like that, however I am sure that your job is clearly recognized as a fair game. Both boys and girls really feel the impact of only a second’s pleasure, for the rest of their lives.

  1. 7 Agustus 2015 pukul 04:27

Tinggalkan komentar