Beranda > Tutorial > Cara join Facebook (lewat komputer)

Cara join Facebook (lewat komputer)

Apakah ini yang dimaksudkan orang-orang dengan ‘ cara login di facebook ??’ 🙂 tentu saja join dan login berbeda. Join artinya anda ingin “mendaftar” di facebook. Sedangkan Login artinya anda sudah join dan ingin masuk ke account anda di facebook dengan menuliskan alamat email dan password anda di kotak yang tersedia. Sebagai catatan, sekarang ini hampir semua panduan di facebook menggunakan bahasa Indonesia. Jadi ini akan lebih memudahkan kita untuk join.

Jika anda ingin join di facebook  atau ingin tahu cara membuat facebook (mendaftar/jadi anggota fb :)), maka anda terlebih dahulu harus memiliki email. Anda bisa membuatnya di yahoo, gmail, dan lain sebagainya. Fungsi alamat email ini adalah sebagai pelengkap untuk mengisi kolom isian yang tersedia, dan yang pasti sebagai alamat masuknya mail (surat) konfirmasi dari facebook nantinya.

Langsung saja ya. Masuk lah ke situs http://www.facebook.com/, kemudian akan terlihat tampilan seperti di bawah ini. Jika anda ingin join facebook, isilah kotak-kotak kosong yang tersedia seperti dilingkari warna merah di gambar berikut:

Gbr01

Setelah mengisi lengkap, klik : ‘Mendaftar’ (tombol warna hijau di bawahnya). Lalu akan muncul tampilan berikut:

Gbr02

Isi kotak yang kosong (dilingkari merah) dengan kata yang ada di atasnya, eiit.. di setiap pendaftaran akan berbeda-beda pula kata yang muncul, jadi tidak harus mengikuti 2 kata seperti contoh di atas. Ikuti saja kata yang muncul di tampilan pendaftaran  anda. Kemudian klik tombol (warna hijau)  ‘Mendaftar’  Lalu akan muncul tampilan berikut yang merupakan Langkah 1:

Gbr03

Pada sesi ini, geser tampilan (bukan monitornya lho yang digeser :p)  ke arah bawah, dan akan muncul tampilan berikut:

Gbr04

Jika anda belum memilih siapapun sebagai teman anda, lewati saja bagian ini dengan mengklik tombol/tulisan ‘ Lewati’ (dilingkari merah). Lalu akan muncul tampilan berikut:

Gbr05

So, kita sudah memasuki langkah ke 2, jika anda mencari teman anda maka klik: ‘cari teman’.  Anggaplah anda ingin melewati langkah ini (soalnya nantinya setelah kita sudah benar-benar join di facebook, maka kita bisa menambahkan teman dari daftar teman yang ada di email anda), maka  klik ‘Lewati langkah ini’ (lingkaran merah di gambar atas terakhir).  Selanjutnya akan tampil tampilan berikut:

Gbr06

Ini adalah langkah ke 3. Jika anda ingin memasukkan informasi profil anda, isi kotak kosong yang tersedia. Jika tidak maka klik ‘Lewati’.  Sama seperti di langkah-langkah sebelumnya, pada langkah ini, anda bisa melewatinya dan di isi setelah sudah join di facebook nantinya. Klik: ‘Lewati’ jika anda ingin melewatinya.

Biasanya akan muncul lagi tampilan di atas (Langkah 1 – 3), namun anda pun bisa melewatinya jika anda masih memilih melewati langkah 1 – 3. Klik ‘Lewati; (lagi). Lalu akan muncul langkah 4 seperti di bawah ini:

Gbr07

Apakah Anda sudah memiliki file foto (pic) di komputer anda? Jika belum maka anda bisa melewatinya, namun jika sudah ada pic maka klik ‘Unggah Foto’. Jika anda memilih ‘Unggah foto’ maka akan muncul tampilan berikut:

Gbr08

Klik ‘Telusuri’ untuk mencari posisi file picture anda. Lalu akan muncul tampilan berikut:

Gbr09

Jika anda sudah menemukan file yang diinginkan sorot dengan mengklik 1 kali pada file yang dipilih seperti gambar di atas . Lalu klik: ‘Open’. Biasanya akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Gbr10

Tunggulah beberapa saat hinggah proses pengunggahan selesai dilakuan. Lalu setelah proses selesai (jika proses berjalan mulus) maka akan muncul pic yang anda inginkan.

Eit ada mangga, so lanjutkan proses tersebut dengan mengklik ‘’Simpan & lanjutkan’. Biasanya akan muncul tampilan sebelumnya untuk memastikan apakah anda akan menambah teman dari email, dan dari langkah-langkah selanjutnya, namun anda tetap lewati saja (klik ‘lewati langkah ini’) sampai muncul tampilan berikut:

Gbr11

Langkah join anda masih belum lengkap jika anda belum mengkonfirmasinya, periksa email anda, jika ada pesan dari facebook, bukalah file dari facebook yang bersubject:  Tinggal satu langkah lagi untuk mulai menggunakan Facebook.

Perhatikan tampilan contoh mail (dari facebook) berikut ini:

Gbr13

Klik kalimat yang bergaris bawah (dilingkari merah) seperti di gambar atas. Lalu tampilan facebook akan berganti seperti di bawah ini:

Gbr14

Selesailah sudah semua langkah anda untuk join di facebook, selamat!! So tambahlah daftar teman-teman anda misalnya dengan mengetikkan alamat emailnya di kotak ‘Pencarian’ (cari di bagian atas).

Mudah bukan? Mudah-mudahan koneksi komputer anda bagus dan cepat jadi semua proses akan berlangsung cepat. Enjoy.

Semua tulisan dan gambar di artikel ini adalah milik blog Pisangkipas.wordpress.com. Saya ijinkan untuk siapapun (dan untuk keperluan apapun) membuat link dan meng-copy tulisan beserta gambar yang ada di tulisan ini, namun tidak berlaku untuk keperluan diperjualbelikan tanpa ijin penulis yang sah. Pencantuman sumber asli (dalam hal ini : https://pisangkipas.wordpress.com) adalah hal yang sangat dihargai secara umum. Terimakasih atas penghargaannya.  

Iklan
Kategori:Tutorial Tag:
  1. 24 Juni 2013 pukul 16:06

    unggah foto saya

  2. 24 November 2013 pukul 15:49

    facebook

  3. 24 Juni 2015 pukul 14:25

    menampilkan foti fropil

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: