Beranda > Definisi > G-spot

G-spot

The Grafenberg Spot, atau G-Spot, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan area vagina wanita yang berbentuk kacang,  yang dilaporkan banyak mengandung zona-zona sensitif seksual. Zona tersebut jika dirangsang dapat menyebabkan gairah seksual tingkat tinggi  dan bisa menimbulkan orgasme yang kuat. Hal ini biasanya terletak di satu sampai tiga inci bagian depan (anterior) dinding vagina antara lubang vagina dan uretra.

Meskipun penelitian pada G-Spot telah terjadi sejak tahun 1981, argumen atas keberadaannya, yang sebenarnya definisi dari istilah, dan lokasinya masih terus berlanjut di bidang medis dan dalam studi tentang seksualitas. Sebuah penelitian dengan menggunakan ultrasound menemukan (pada wanita yang melaporkan sering merasakan orgasme vagina)  jaringan tebal di daerah G-Spot, tetapi ini bisa menjadi perpanjangan dari clitoris daripada struktur yang terpisah. Studi lain pada 1.800 wanita kembar menemukan bahwa 56% dari wanita yang disurvei melaporkan mengalami G-Spot, meskipun hal ini tidak dapat dianggap sebagai perwakilan penelitian.

Penjelasan
Istilah “G-Spot” diciptakan oleh Addiego pada tahun 1981, setelah ahli kandungan Jerman Ernst Grafenberg membuat hipotesis dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun 1950. Konsep ini menjadi populer setelah publikasi ‘The G Spot and Other Recent Discoveries About Human Sexuality’ oleh Ladas pada tahun 1982, tapi segera dikritik oleh ginekolog.

Meskipun tidak memperselisihkan respon rangsangan vagina, dokter ahli kandungan dan dokter lainnya masih banyak yang bersikap skeptis terhadap keberadaan fitur anatomis yang berbeda dalam zona G-Spot yang bisa diraba/sentuh.

Lokasi
G-Spot adalah dikatakan terletak sekitar 25-75 mm (satu sampai tiga inci) di dalam vagina, dari dinding depan. Bagi beberapa wanita, rangsangan pada G-Spot menimbulkan orgasme yang lebih kuat daripada rangsangan pada klitoris.

Para peneliti di University of L’Aquila telah menemukan, dengan menggunakan USG, bahwa wanita yang mengalami orgasme vagina, secara statistik lebih cenderung memiliki jaringan tebal di dinding vagina anterior (luar). Dr Tim Spector dalam hipotesisnya menyatakan bahwa jaringan tebal di daerah ini dapat menjadi bagian dari klitoris, dan bukan merupakan zona sensitif seksual terpisah.

Kelenjar Skene
Hubungan antara kepekaan G-Spot  dan ejakulasi wanita telah memunculkan ide bahwa ejakulasi non-urin  wanita mungkin berasal dari kelenjar paraurethral wanita, atau kelenjar Skene: dalam sebuah studi oleh Tepper,  jaringan dari 18 pasien telah diperiksa dan 15 diantaranya menunjukkan keberadaan antigen spesifik prostat. Sehingga dari sini dapat ditarik kesimpulan (sementara) bahwa G-spot adalah sistem kelenjar dan saluran yang terletak dalam anterior (depan) dinding vagina, kira-kira satu sentimeter dari permukaan dan sepertiga sampai setengah dari panjang vagina. Sebuah pendekatan serupa telah mengaitkan G-Spot dengan spons uretra.

Banyak peneliti telah menemukan hubungan antara kelenjar Skene, dan G-Spot adalah lemah. Kelenjar Skene tampaknya tidak memiliki reseptor untuk stimulasi sentuhan dan tidak ada bukti langsung untuk keterlibatannya dalam meningkatkan rangsangan.

Berbeda dengan klitoris, G spot membutuhkan stimulasi langsung terutama dengan sentuhan bergerak dan tekanan yang konstan. Cara lain untuk merangsang G spot adalah melalui penetrasi seksual. Jenis rangsangan ini lebih sulit untuk dicapai karena pada saat penetrasi, penis sulit untuk mencari posisi yang pas untuk melakukan penekanan. Ini artinya bahwa stimulasi G spot terbaik dicapai dengan menggunakan rangsangan pra penetrasi (misal dengan jari tangan, dll) dikombinasikan dengan stimulasi pada saat hubungan seksual (penetrasi).

Sumber: Wikipedia.

Iklan
Kategori:Definisi Tag:, ,
  1. Red
    22 Maret 2010 pukul 17:58

    wiuhhhh mantap!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: