Beranda > Penyakit fisik > Prostate cancer, kanker prostat

Prostate cancer, kanker prostat

Kanker prostat adalah bentuk kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki. Sel-sel kanker dapat bermetastasis (menyebar) dari prostat ke bagian lain dari tubuh, khususnya tulang dan kelenjar getah bening. Kanker prostat dapat menyebabkan rasa sakit, kesulitan dalam buang air kecil, masalah selama hubungan seksual, dan disfungsi ereksi. Gejala lain berpotensi berkembang pada tahap-tahap selanjutnya dari penyakit ini.

Tingkat deteksi kanker prostat sangat bervariasi di seluruh dunia, dengan Asia Selatan dan Timur mendeteksi lebih jarang daripada di Eropa, dan khususnya Amerika Serikat. Kanker prostat cenderung berkembang pada pria berusia lebih dari lima puluh dan meskipun ini adalah salah satu jenis kanker yang paling umum pada laki-laki, banyak yang tidak pernah mendapat gejalanya, tidak menjalani terapi, dan akhirnya meninggal. Hal ini disebabkan karena kanker prostat dalam banyak kasus lambat tumbuhnya, tanpa gejala, dan karena kebanyakan laki-laki usia tua sering meninggal dengan penyebab yang tidak berhubungan dengan kanker prostat, seperti jantung / penyakit peredaran darah, radang paru-paru, dan lainnya yang tidak berhubungan dengan kanker, khususnya kematian karena faktor usia. Banyak faktor, termasuk genetik dan makanan, telah terlibat dalam perkembangan kanker prostat. Kehadiran kanker prostat dapat diindikasikan dengan gejala-gejala, pemeriksaan fisik, prostate specific antigen (PSA), dan biopsi. Ada kontroversi mengenai akurasi dari pengujian PSA dan nilai penyaringannya. Kecurigaan tentang keberadaan kanker prostat biasanya dikonfirmasi dengan mengambil biopsi prostat dan memeriksanya di bawah mikroskop. Pemeriksaan lebih lanjut, seperti CT scan dan bone scan, dapat dilakukan untuk menentukan apakah kanker prostat telah menyebar.

Penjelasan
Prostat merupakan bagian dari organ reproduksi laki-laki yang membantu membuat dan menyimpan cairan seminal (suatu cairan organik, yang biasanya berisi sperma). Pada pria dewasa, ukuran prostat adalah panjang sekitar tiga cm dan berat sekitar 20 gram. Ini terletak di panggul, di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Prostat mengelilingi bagian dari uretra, tabung/saluran yang membawa air seni dari kandung kemih selama buang air kecil dan air mani selama ejakulasi. Karena lokasinya, penyakit prostat sering mempengaruhi buang air kecil, ejakulasi, dan jarang buang air besar. Prostat mengandung banyak kelenjar kecil yang membuat sekitar dua puluh persen dari fluida membentuk air mani. Pada kanker prostat, sel-sel kelenjar prostat ini bermutasi menjadi sel-sel kanker. Kelenjar prostat memerlukan hormon laki-laki, yang dikenal sebagai androgen, untuk bekerja dengan baik. Androgen meliputi testosteron, yang dibuat di testis; dehidroepiandrosteron, yang dibuat dalam kelenjar adrenal, dan dihidrotestosteron, yang dikonversi dari testosteron dalam prostat itu sendiri. Androgen juga bertanggung jawab atas karakteristik seks sekunder seperti rambut wajah dan meningkatkan massa otot.

Setelah biopsi prostat, seorang ahli patologi melihat pada contoh di bawah mikroskop. Jika kanker hadir, ahli patologi melaporkan tingkatan tumor. Tingkatan yang ada menjelaskan berapa banyak jaringan tumor yang berbeda dari jaringan prostat normal dan menunjukkan berapa cepat tumor kemungkinan untuk tumbuh.

Tanda dan gejala
Biasanya, kanker prostat awal tidak menimbulkan gejala apapun. Seringkali ini didiagnosis dengan pemeriksaan peningkatan pada pemeriksaan rutin (check up). Sangat disarankan untuk menghindari hubungan seksual selama 3 hari sebelum sebuah tes PSA, karena hal ini dapat mempengaruhi hasil tes. Jika bergejala, kadang-kadang mirip dengan penyakit-penyakit seperti benign prostatic hyperplasia (mengacu pada peningkatan ukuran prostat saat usia setengah baya dan tua). Gejala lain yang bisa terjadi adalah sering buang air kecil, peningkatan buang air kecil di malam hari, kesulitan memulai dan mempertahankan aliran urin, adanya darah dalam air kencing, dan nyeri saat buang air kecil. Kanker prostat berhubungan dengan disfungsi saluran kemih karena kelenjar prostat mengelilingi uretra prostat. Perubahan dalam kelenjar, oleh karena itu, secara langsung mempengaruhi fungsi saluran kencing. Karena terjadi deposit cairan semen ke dalam uretra prostat, dan sekresi dari kelenjar prostat itu sendiri yang terkandung dalam cairan semen, kanker prostat juga dapat menyebabkan masalah dengan fungsi seksual dan kinerjanya, seperti kesulitan ereksi atau rasa sakit saat ejakulasi.

Selanjutnya, kanker prostat dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, dan dapat menyebabkan gejala tambahan. Gejala yang paling umum adalah nyeri tulang, sering di daerah vertebra (tulang belakang), panggul, dan tulang rusuk. Penyebaran kanker ke tulang lainnya seperti tulang paha biasanya adalah bagian proksimal dari tulang. Kanker prostat dalam tulang belakang juga dapat menekan saraf tulang belakang, menyebabkan kelemahan kaki dan inkontinensia (kontrol rutin) terhadap urin dan tinja.

Penyebab
Penyebab spesifik kanker prostat belum diketahui. Seorang pria beresiko mengembangkan kanker prostat dalam tubuhnya berkaitan dengan umur, genetika, ras, makanan, gaya hidup, obat-obatan, dan faktor lainnya. Faktor risiko utama adalah usia. Kanker prostat sangat jarang pada pria muda di bawah 45 tahun, tetapi menjadi lebih umum pada usia lanjut. Usia rata-rata pada saat diagnosis adalah 70. Namun, banyak orang tidak pernah tahu bahwa mereka memiliki kanker prostat. Laporan beberapa otopsi dari Cina, Jerman, Israel, Jamaika, Swedia, dan Uganda terhadap laki-laki yang meninggal karena penyebab lain menemukan kanker prostat pada 30 persen pria usia 50 tahunan, dan 80 persen laki-laki usia 70-an. Di Amerika Serikat pada tahun 2005, terdapat sekitar 230.000 kasus baru kanker prostat dan 30.000 kematian akibat kanker prostat. Pria dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin mengembangkan kanker prostat.

  • Genetika, latar belakang genetik dapat berkontribusi pada risiko kanker prostat. Di Amerika Serikat, kanker prostat lebih sering mempengaruhi orang-orang kulit hitam daripada putih atau Hispanik, dan juga lebih berbahaya pada laki-laki hitam. Sebaliknya, insiden dan angka kematian untuk pria Hispanik sepertiga lebih rendah daripada untuk non-Hispanik kulit putih. Pria yang memiliki saudara atau ayah dengan kanker prostat memiliki dua kali risiko pengembangan kanker prostat. Studi kembar di Skandinavia menunjukkan bahwa 40 persen risiko kanker prostat dapat dijelaskan oleh faktor-faktor keturunan.
  • Makanan, bukti dari studi epidemiologi mendukung peran pelindung yang mungkin dalam mengurangi kanker prostat pada makanan yang mengandung Vitamin B6, selenium, vitamin E, likopen, dan kedelai. Sebuah studi di tahun 2007 meragukan efektivitas likopen (ditemukan dalam tomat) dalam mengurangi resiko kanker prostat. Menurunkan kadar vitamin D dapat meningkatkan risiko pengembangan kanker prostat.

Teh hijau mungkin melindungi (karena mengandung polifenol), meskipun studi klinis yang paling komprehensif menunjukkan bahwa minuman tidak memiliki efek perlindungan.

Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Jurnal Institut Kanker Nasional (US) menemukan bahwa pria yang sering makan kembang kol, brokoli, atau salah satu sayuran yang lain, lebih dari sekali seminggu memiliki kemungkinan 40% lebih kecil untuk mengembangkan kanker prostat daripada pria yang jarang makan sayuran tersebut.

Banyak dokter meresepkan suplemen untuk pasien kanker prostat, namun saat ini kemanjuran suplemen gizi masih belum diketahui.

  • Paparan obat, ada juga beberapa hubungan antara kanker prostat dan obat-obatan, prosedur medis, dan kondisi medis. Penggunaan obat anti inflamasi sehari-hari seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penggunaan obat penurun kolesterol yang dikenal sebagai statin juga dapat mengurangi risiko kanker prostat. Infeksi atau peradangan pada prostat (prostatitis) dapat meningkatkan kesempatan untuk kanker prostat. Secara khusus, infeksi menular seksual infeksi klamidia, gonore, atau sifilis tampaknya meningkatkan risiko. Akhirnya, obesitas dan peningkatan kadar testosteron dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Ada hubungan antara vasektomi dan kanker prostat namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ini adalah hubungan kausatif.
  • Potensi virus, pada tahun 2006, para peneliti menemukan kaitan suatu retrovirus (yang sebelumnya tak dikenal) dengan kanker prostat, Xenotropic MuLV-virus atau XMRV. Sekelompok peneliti di AS menemukan ekspresi protein XMRV pada tumor prostat manusia.

Screening
Skrining kanker prostat adalah suatu usaha untuk menemukan kanker secara tak terduga. Tes skrining dapat dilanjutkan dengan tes yang lebih spesifik seperti biopsi, di mana inti kecil prostat dikeluarkan untuk dipelajari lebih dekat. Pilihan skrining kanker prostat termasuk digital dubur dan tes darah antigen PSA (prostate-specific antigen). Skrining untuk kanker prostat kontroversial biayanya mahal dan tidak jelas apakah manfaat dari skrining lebih besar daripada risiko tindak lanjut tes diagnostik dan perawatan kanker.

Diagnosis
Jika dicurigai kanker, tes biopsi ditawarkan kepada pasien. Selama biopsi, seorang urolog atau radiolog mengambil sampel jaringan prostat melalui dubur. Biopsi prostat disarankan secara rutin dilakukan pada pasien rawat jalan dasar dan jarang memerlukan perawatan di rumah sakit.

Pencegahan

Sebuah laporan tentang makanan, nutrisi, aktivitas fisik dan pencegahan kanker yang disusun oleh World Cancer Research Fund dan American Institute for Cancer Research melaporkan hubungan yang signifikan antara gaya hidup (termasuk konsumsi makanan) dengan pencegahan kanker. Penelitian lain juga mendukung temuan ini. Latihan dan diet dapat membantu mencegah kanker prostat pada tingkat yang sama seperti obat seperti alpha-blocker dan 5-alpha-reductase inhibitor.

Dua obat yang menghambat konversi testosteron menjadi dihidrotestosteron, finasteride dan dutasteride, telah menunjukkan beberapa peluang untuk pencegahan primer (walaupun ini dalam tahap pengujian).

Minyak dan asam lemak
Dalam model yang menggunakan tikus percobaan telah diuji, makanan dan serum omega-6 asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) meningkatkan pertumbuhan tumor prostat, dan telah mempercepat perkembangan histopathological, dan penurunan kelangsungan hidup, sedangkan omega-3 fatty acid, dalam situasi yang sama, memiliki sebaliknya, efek menguntungkan.

Perawatan
Pengobatan untuk kanker prostat mungkin melibatkan aktif surveilans (pemantauan untuk kemajuan tumor atau gejala), operasi (radikal yaitu prostatektomi), terapi radiasi termasuk brachytherapy (brachytherapy prostat) dan terapi radiasi pancaran eksternal, intensitas tinggi terfokus USG (HIFU), kemoterapi, obat minum kemoterapi (Temozolomide / TMZ), positron emission tomography, cryosurgery, terapi hormonal, atau beberapa kombinasi.

Pilihan mana yang terbaik adalah tergantung pada tahap penyakit, skor Gleason, dan tingkat PSA. Faktor penting lainnya adalah usia manusia, dengan kesehatan umum, dan perasaan mengenai potensi pengobatan dan kemungkinan efek samping. Karena semua perawatan, dapat memiliki efek samping yang signifikan seperti disfungsi ereksi dan inkontinensia, pengobatan sering difokuskan pada tujuan menyeimbangkan terapi dengan risiko perubahan gaya hidup. Pasien kanker prostat sangat dianjurkan untuk bekerja sama dengan urolog dan menggunakan kombinasi dari pilihan perawatan ketika mereka mengelola kanker prostat.

Jika kanker telah menyebar di luar prostat, pilihan pengobatan berubah secara signifikan, sehingga sebagian besar dokter yang mengobati kanker prostat menggunakan berbagai nomogram untuk memprediksi kemungkinan menyebar. Perawatan dan pengobatan mungkin dapat menggunakan terapi radiasi pancaran eksternal, brachytherapy, cryosurgery, dan pembedahan, secara umum ditawarkan kepada orang-orang yang mengidap kanker prostat. Terapi hormonal dan kemoterapi sering disediakan untuk penyakit yang telah menyebar di luar prostat. Namun, ada pengecualian: terapi radiasi dapat digunakan untuk beberapa lanjutan tumor, dan terapi hormonal digunakan untuk beberapa tahap awal tumor. Cryotherapy (proses pembekuan tumor), terapi hormonal, dan kemoterapi mungkin juga akan ditawarkan jika pengobatan awal gagal dan kanker berkembang.

Sumber:  Wikipedia.

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: