Beranda > Sehat > Teh manis, gula, dan rokok

Teh manis, gula, dan rokok

Aku menulis dalam kantuk di tengah malam ini, seperti jantung yang selalu berdegup, aku merasa harus selalu bergerak. Tidak ada yang istimewa dalam malam ini, semua berjalan seperti biasanya, tetapi cuaca panas hari ini seakan tak bisa terhapus oleh deru bunyi kipas angin. Oh ya, nyamuk satu dua kadang hinggap di kakiku, padahal kawat anti nyamuk sudah terpasang di semua lubang ventilasi.. ah kadang nyamuk lebih pintar ketimbang kita. ‘

Hari ini seperti biasa sebungkus rokok mild 16 sampoerna sudah kuhabiskan, ini standar saja dalam keseharianku. Kadang aku pingin berhenti merokok tetapi ini sulit dilakukan, jika ada orang bertanya mengapa tidak bisa? maka kebanyakan tidak saya jawab pertanyaan konyol itu (seperti pertanyaan pewawancara di TV yang menanyakan hal yang dia sendiri sebenarnya sudah tahu, tidak tahu atau memang kehabisan pertanyaan).

Sejurus rokok, harus ada kopi. Sudah setahun ini saya mengkonsumsi secangkir cappuccino (betul ini ejaannya?) yap, setiap hari. Dulu sewaktu kolestrol saya tinggi, saya mengurangi takaran cappuccino ini menjadi hanya setengah bungkus. Mengapa saya kurangi, karena memang dalam ‘dosis’ penuh, jantungku lebih aktif bekerja sedangkan seorang yang memiliki kolesterol tinggi tidak boleh membebankan jantung dengan kegiatan atau sesuatu yang bisa menyebabkan jantung berdegup lebih kencang. Sebenarnya saya tidak suka kopi, apalagi kopi hitam manis, saya lebih menyukai teh yang wangi (bukan capnya saja yang wangi), tetapi memang teh yang benar-benar mengeluarkan aroma wangi segar dan keras. Cuma trend bahwa seorang perokok harus minum kopi saja yang membuat aku suka meminumnya. Itupun hanya satu cangkir, lebih dari itu, maka tubuh saya terasa melayang.

Rokok tidak cocok ‘berteman’ dengan teh. Minuman dari daun2an ini sebenarnya lebih identik dengan seorang yang berpola hidup sehat (tentu saja tidak merokok). Tetapi seperti halnya kopi, teh juga bisa menimbulkan ketagihan. Banyak orang yang ketagihan teh, sehingga minum teh bisa lebih berbahaya ketimbang merokok itu sendiri jika teh tersebut dicampur gula dalam ukuran sangat banyak (lebih-lebih bagi orang yang jarang beraktifitas).  Bukan masalah apakah teh tersebut bercampur es batu atau tidak, kebanyakan gula itulah yang membahayakan seseorang yang memang sudah memiliki lemak berlebih di tubuh dan tentu saja bagi orang yang memiliki riwayat keluarganya menderita kencing manis.

Jadi, minum teh yang benar itu adalah, dengan sedikit gula. Atau lebih bagus lagi tidak dengan gula (namun selera orang kebanyakan menggunakan gula yang dicampurkan pada teh). Teh manis yang digunakan saat makan berat (misalnya nasi) akan semakin memperberat beban tubuh untuk membuang kelebihan gula. Oleh sebab itu, maka kelebihan zat gula dalam tubuh ini akan disimpan dalam bentuk lemak, akibatnya,  jika kebiasaan makan plus minuman manis ini dibiasakan setiap hari maka akan memudahkan seseorang menjadi gemuk, khususnya bagi orang yang jarang beraktifitas tinggi.

Berbicara tentang lemak, perutku sudah agak tidak buncit lagi. Kalau diperhatikan, memang aktifitaslah yang menentukan seseorang itu bisa menjadi gemuk atau tidak. Semakin banyak aktifitas yang menimbulkan keringat di setiap hariya, maka semakin terjaga berat badan seseorang (pada kondisi standar sesuai umurnya). Cuma memang, rasa malas untuk rutin berolahraga masih merupakan momokku nomor wahid.

Oke deh. Ternyata udah ngantuk nih, bobok dulu.. see u.

Kategori:Sehat Tag:
  1. 23 Mei 2013 pukul 20:18

    Hmm it appears like your blog ate my first comment (it was
    extremely long) so I guess I’ll just sum it up what I had written and say, I’m thoroughly enjoying your blog.
    I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to everything. Do you have any tips and hints for rookie blog writers? I’d
    certainly appreciate it.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: