Beranda > Berita Dunia > Peternak belalang yang ditakuti petani

Peternak belalang yang ditakuti petani

Mungkin ini tergolong bisnis yang menguntungkan tetapi beresiko bagi orang lain, bagaimana tidak, Li Shuqi, 61, yang berdomisili di pinggiran kota Beijing, hingga saat ini sudah memelihara sedikitnya dua juta belalang dalam 5 rumah khusus belalang selama tiga tahun terakhir. Tentu saja tetangga-tetangganya yang berprofesi sebagai petani merasa cemas karena takut jika belalang-belalang tersebut akan lepas dari kandangnya dan menyerang tanaman-tanamanĀ  mereka.

Belalang-belalang ini, Li pasok hasilnya ke berbagai restoran di Beijing yang diolah menjadi aneka menu makanan yang lezat, demikian lansir Legal Times. Namun Li tak mengelak bahwa usahanya ini tidak mendapat sambutan baik terutama dari tetangga-tetangganya yang berprofesi sebagai petani. “Tetangga sebelah rumah terus-menerus memasang mata di ladang belalang saya dan memeriksa keamanan lubang rumah belalang untuk mencegah serangga-serangga itu kabur,” ujarnya.

Namun kini tetangga-tetangganya dapat melihat bagaimana kesuksesan usahanya, banyak dari mereka yang tengah mempertimbangkan untuk mengikuti jejak saudagar serangga ini untuk menjadi petani belalang. LiĀ  telah menamkan uang sebesar 200,000 yuan (setara dengan Rp 292 juta) dan kini semua modal itu sudah kembali. Rencananya saya akan menambah 5 rumah belalang lagi di tahun ini. Li mengatakan bahwa belalang sangat mudah dikembang biakkan. Ia membagikan tipsnya yaitu dengan menaruh telur belalang dalam rumah-rumah, kemudian menyebarkan rumput sebagai makanan bagi serangga-serangga tersebut dan dalam waktu 75 hari, belalang dewasa sudah dapat dipanen.

Yang sulit adalah menangkap serangga tersebut. Ia dan keluarganya membutuhkan waktu sekitar delapan jam untuk mengumpulkan 220kg belalang dewasa. (Sumber: Astaga.com)

Ada yang tertarik dengan bisnis belalang? masalahnya, sangat jarang makanan di Indonesia yang berbahan dasar dari daging belalang, padahal belalang memiliki nilai gizi yang tinggi lho.

Iklan
Kategori:Berita Dunia Tag:
  1. 5 Agustus 2014 pukul 22:34

    I enjoy what you guys tend to be up too.
    This kind of clever work and exposure! Keep up the
    amazing works guys I’ve added you guys to blogroll.

  2. 23 September 2014 pukul 01:24

    Do you have a spam problem on this website; I also
    am a blogger, and I was wondering your situation; we have created some nice
    methods and we are looking to trade strategies with other folks, be sure to shoot me an e-mail if interested.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: