Beranda > Nasional, Teknologi baru > Hebatt.. lima tahun lagi Indonesia bisa kirim satelit ke angkasa!

Hebatt.. lima tahun lagi Indonesia bisa kirim satelit ke angkasa!

Indonesia akan memiliki teknologi roket peluncur satelit sendiri, setidaknya lima tahun lagi. Ini sesuai target Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang menargetkan dapat meluncurkan roket pendorong satelit bertingkat empat yang disebut dengan Roket Pendorong Satelit (RPS)-420 untuk pertama kalinya pada 2014.

“Namun, Lapan akan berupaya agar proses peluncuran itu dapat dimajukan pada 2012 sebagaimana yang diminta DPR,” kata Deputi Teknologi Dirgantara Lapan Dr Ing Soewarto Harhienata dalam seminar “Diseminasi Perkembangan Roket dan Satelit di Indonesia” di Kantor Lapan, Jakarta, Rabu (29/7). Soewarto menjelaskan, pihaknya sedang merancang roket bertingkat empat dengan dua RPS guna meluncurkan satelit pemantau Indonesia pada 2014. Sebagai pendahuluan, Lapan telah berhasil meluncurkan roket RX-320 pada 30 Mei 2008 dan RX-420, 2 Juli 2009, yang dilaksanakan di Stasiun Uji Terbang Pamengpeuk, Jawa Barat.

RX 320

Hingga saat ini, sebagian proses pembuatan RPS-420 itu telah dilaksanakan dan telah diujiterbangkan meski masih membutuhkan beberapa perbaikan lagi. “Kalau secara persentase (RPS-420 itu) sudah selesai kira-kira 40 persen,” katanya.

Tergantung pembiayaan

Karena proses pembuatan RPS-420 itu dianggap lancar, DPR meminta Lapan untuk mempercepat rencana peluncurannya. Kata Soewarto, DPR meminta Lapan untuk mengajukan proposal pembiayaan agar proses peluncuran itu dipercepat dan sudah dapat terealisasi pada 2012. RPS-420 itu diproyeksikan terlebih dulu pada kemampuan untuk mengorbitkan satelit di antariksa, tapi belum memuat peralatan untuk pemantuan di angkasa tersebut. Jika proyek RPS-420 itu berhasil, baru Lapan menyiapkan satelit untuk diluncurkan.

Di samping roket, Lapan juga terus mengembangkan teknologi satelit. Lapan TUB-SAT (Lapan A-1) yang diluncurkan pada 2007 merupakan satelit pertama yang sebagian besar desain dan produksinya dilakukan para insinyur Indonesia bekerja sama dengan Universitas Teknologi Berlin, Jerman.

Selama ini, peluncuran satelit tersebut dilakukan di Shiharikota, India, dengan roket buatan India. Lapan masih akan menggunakan roket India untuk meluncurkan satelit Lapan A-2 yang akan digunakan untuk telekomunikasi. Proses pembuatan satelit untuk komunikasi itu dilakukan bekerja sama dengan Orari.

Sumber: kompas.com

Hebattt, kalau Indonesia sudah menguasai teknologi ini maka tinggal menempatkan hulu ledak di kepalanya, maka kita akan setara dengan negara-negara pembuat rudal jarak jauh.. berhati-hatilah kau Malaysia dan Australia.. jangan macem2 ama Indonesia 🙂

Iklan
  1. wahyu am
    3 Agustus 2009 pukul 09:27

    wew, masih lama ya gan 😆

    • pisangkipas
      3 Agustus 2009 pukul 09:42

      iya masih lima tahun lage, makasih dah mampir

  2. indrajadi8
    23 Agustus 2009 pukul 10:29

    msak kalah sm Korut.? ayo lbh cpet lbh baik.?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: