Beranda > Topik panas > Dua warga asing positif flu H1N1 di Balikpapan

Dua warga asing positif flu H1N1 di Balikpapan

Waspadalah, flu babi semakin menyebar di Indonesia, setelah Bali dan Medan, kini Balikpapan menemukan dua orang suspect flu babi. Ketiga kota/daerah ini memang memiliki bandara internasional dan kunjungan warga asing tergolong tinggi, baik untuk keperluan wisata maupun berhubungan dengan bisnis. Berikut beritanya dari DetikNews:

Balikpapan – Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) yang tercatat memiliki 2 pasien positif flu babi, RH (26) warga negara Amerika Serikat serta FC (41) warga negara Perancis, segera menetapkan penyakit yang disebabkan virus H1N1 itu sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) flu babi. Rencana sekaligus usulan KLB dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, sudah berada di tangan Wali Kota Balikpapan Imdaad Hamid.

Hal itu disampaikan Kepala DKK Kota Balikpapan Dyah Muryani ketika dihubungi detikcom melalui telepon, Minggu (12/7/2009).  “Pak Wali Kota selaku Kepala Daerah yang memutuskan. Kami sudah usulkan KLB,” kata Dyah.

Alasan mendasar usulan tersebut disebabkan flu babi di Balikpapan, bukan dari banyaknya jumlah pasien flu babi,melainkan penularan flu babi antarmanusia sudah terjadi di Balikpapan. DKK mencatat, FC yang saat ini menjalani perawatan isolasi di rumahnya, kompleks perumahan perusahaan minyak Total Indonesia, tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah atau negara pandemi flu babi.

“Tidak keluar negeri,tapi positif flu babi. Itu menjadi perhatian serius kami karena di Balikpapan,flu babi menular antarmanusia” ujar Dyah.

Dijelaskannya pula, pasien flu babi di Indonesia sejauh ini, umumnya memiliki riwayat perjalanan dari negara pandemi diantaranya Thailand dan Singapura serta dari negara barat lainnya. Rencana menetapkan Balikpapan berstatus KLB, sambung Dyah, tidaklah berlebihan dan gegabah.

“Supaya masyarakat,khususnya Balikpapan, lebih mewaspadai flu babi. Dengan KLB, petugas kesehatan akan lebih mudah melakukan sterilisasi rumah warga dan hotel yang dihuni WNA di Balikpapan,” tutupnya.

Selain FC,pasien flu babi lainnya,RH (26), masih menjalani perawatan isolasi RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Meski dilaporkan kondisi FC dan RH terus membaik, Pemkot Balikpapan terus memperketat pengawasan jalur kedatangan WNA melalui Bandara Sepinggan Balikpapan.-DetikNews.

Mulailah stok masker sebelum harganya menggila.

Iklan
Kategori:Topik panas Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: