Beranda > Topik panas > Depkes: 52 Orang Positif Flu Babi

Depkes: 52 Orang Positif Flu Babi

DetikNews – Departemen Kesehatan (Depkes) mencatat 52 orang di Indonesia positif terkena flu babi (H1N1) dan dirawat di berbagai RS di Indonesia. 3 Dari 52 orang yang positif flu babi adalah WNA.

“Jumlah kasus positif influenza H1N1 yang dirawat di berbagai RS sampai 9 Juli 2009 sebanyak 52 orang,” ujar Menkes Siti Fadilah Supari dalam jumpa pers di kantornya Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/7/2009).

Menurut Siti, rincian jumlah positif flu babi yakni 35 laki-laki dan 16 perempuan serta 1 orang tanpa keterangan. Dari 52, ada penambahan 24 orang yang terdiri dari dari 15 laki-laki dan 9 perempuan.

“Dari 24, 14 di antaranya mempunyai riwayat perjalanan ke luar negeri seperti dari Malaysia, Australia, Amerika, Thailand, China dan Singapura,” katanya. Siti mengungkapkan, flu babi pada umumnya dapat sembuh sendiri. Meski demikian, pihaknya tetap menyaring orang-orang yang berpergian dari luar negeri. Penggunaan tamiflu juga masih digunakan.

“Dalam jangka waktu sebulan 12 orang tertular dari manusia Indonesia ke manusia Indonesia,” imbuhnya. Siti mengimbau masyarakat tetap mewaspadai dan melakukan hidup bersih dan sehat. Apabila terserang flu gunakan masker.

“Gunakan masker dan tidak boleh beraktivitas. Ketika batuk dan bersin segera pergi ke dokter apabila sakit flu tidak membaik hubungi dokter terdekat,” saran Siti.

Sementara itu, pasien flu babi asal New Zealand Richard Lochner (40) nekat kabur dari ruang isolasi RSUP Sanglah, Denpasar. Pihak rumah sakit pun dilanda kepanikan dan ketakutan akibat ulah pasien.

Richard nekat kabur dari ruang Nusa Indah, pukul 19.00 wita, Rabu (8/7/2009). Pasien suspect flu babi ini melarikan diri dari ruang isolasi dengan melompati pagar setinggi dua meter dari belakang halaman ruangan ini.

Pasien diketahui kabur setelah salah satu perawat terperanjat ketika melihat Richard yang baru beberapa jam sebelumnya masuk RSUP Sanglah, tidak ada di dalam ruang perawatan.

Pihak rumah sakit pun menjadi panik. Petugas keamanan dikerahkan untuk mengejar pasien yang nekat kabur dengan loncat tembok rumah sakit.

Kepala Satpam RSUD Sanglah Fery Dwianto mengerahkan lima satpam yang bertugas mengejar sang pasien dengan menyusuri seluruh areal rumah sakit yang sangat luas. Setelah hasilnya nihil, petugas melakukan pencarian ke luar rumah sakit.

“Kita tidak mau mengambil risiko sedikitpun. Kami menduga ia belum jauh dari sini,” kata Fery.

Dengan sigap, akhirnya petugas menemukan pasien yang tengah kebingungan di depan sebuah SPBU di Jl Sesetan, yang berjarak sekitar 800 meter dari RSUP Sanglah. Namun, pasien menolak ajakan petugas kembali ke rumah sakit. Tak kalah akal, petugas memborgol pasien kemudian menggiringnya kembali ke rumah sakit.

“Ia kabur karena takut karena tidak menyangka dinyatakan terkena flu babi,” ujar Fery.

Kepanikan tak juga selesai, karena pihak rumah sakit khawatir dengan satpam yang melakukan kontak dengan pasien akan terjangkit flu babi. Kelima satpamĀ  diobservasi kesehatannya dan wajib mengonsumsi oseltamivir.

Dalam pelariannya selama 50 menit itu, Richard mengaku tidak berkomunikasi dengan warga orang lain yang berberpapasan dengannya. Richard merupakan satu-satunya pasien terduga flu babi yang masih menjalani perawatan di RSUP Sanglah. Ia mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali, kemarin sore.

Catatan: Kenapa berita sepenting ini kalah dengan berita tentang Pilpres yah.. ini wabah loh.

Dikutip dari mailinglist jakarta_melawan_flu@yahoogroups.com.

Iklan
Kategori:Topik panas Tag:
  1. 22 Juli 2009 pukul 10:05

    kurang bagusmaunya dibarengidengan gambarlah

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: