Beranda > Sehat > Efek rokok pada kesehatan

Efek rokok pada kesehatan

Rokok menjadi faktor resiko utama untuk serangan jantung, stroke, chronic obstructive pulmonary disease (COPD), emphysema, dan kanker (terutama kanker paru-paru, kanker pada pangkal tenggorokan dan mulut, dan kanker pankreatik).

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa tembakau menyebabkan 5,4 juta kematian pada tahun 2004 dan 100 juta kematian selama sepanjang abad ke-20.

Prevalensi
Pada tahun 2000, merokok dilakukan oleh 1,22 miliar orang. Dengan asumsi tidak ada perubahan prevalensi, diperkirakan nantinya terdapat 1,45 miliar orang yang merokok di tahun 2010 dan menjadi 1,9 miliar pada 2025. Dengan asumsi bahwa prevalensi akan turun antara 1-2 % pada tiap tahunnya, maka diperkirakan jumlah perokok akan stabil pada angka 1,3 miliar pada 2010 dan 2025.

Merokok umumnya pada pria (lima kali lebih tinggi daripada perempuan), namun kesenjangan jender (dalam hal merokok ini) akan menurun pada usia lebih muda. Di negara-negara maju, secara grafik, jumlah laki-laki yang merokok mulai mengalami penurunan dari tahun-ke tahun, namun bagi perempuan terlihat mengalami kenaikan.

Pada 2002, sekitar dua puluh persen anak umur belasan (13-15) di seluruh dunia menjadi perokok aktif. Dari 80.000 – 100.000 anak-anak yang mulai merokok setiap hari, kira-kira setengahnya tinggal di Asia. Setengah dari mereka mulai merokok di tahun-tahun ke-remajaan-nya yang diproyeksikan untuk terus merokok setidaknya selama 15 sampai 20 tahun ke depan.

Dari 1,22 miliar perokok, 1 miliar di antaranya hidup di negara berkembang atau transisi. Rata-rata, Angka merokok di negara-negara maju mengalami pendataran dan penurunan. Sebaliknya, di negara-negara berkembang, konsumsi tembakau naik 3,4% per tahun sejak 2002.

WHO pada tahun 2004 memproyeksikan terjadi 58,8 juta kematian di seluruh dunia, dalam hal ini, 5,4 juta diantaranya diakibatkan oleh konsumsi tembakau, dan 4,9 juta pada 2007.

Artikel ini akan mengalami penambahan paragraf.

Baca juga:

Laryngeal cancer, kanker tenggorokan

Lung cancer, kanker paru-paru

Sumber : Wikipedia.

Iklan
Kategori:Sehat Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: