Beranda > Penyakit fisik > Laryngeal cancer, kanker tenggorokan

Laryngeal cancer, kanker tenggorokan

Kanker laryngeal juga dapat disebut kanker pada larynx (pangkal tenggorokan) atau laryngeal carcinoma. Sebagian besar kanker laryngeal berupa carcinoma (bisul) pada sel squamos (epitel), yang mencerminkan asalnya dari sel squamous yang membentuk mayoritas epitelium laryngeal. Kanker dapat berkembang di setiap bagian larynx, namun jenis kanker sering tergantung pada lokasi tumor itu berasal. Untuk kepentingan prediksi tahap pertumbuhan tumor, kanker laryngeal dibagi dalam tiga wilayah anatomis:

  • Glottis (pita suara, anterior dan posterior commissures),
  • supraglottis (katup nafas, arytenoids dan aryepiglottic folds, dan false cordsi), dan
  • subglottis.

Kebanyakan kanker ini berasal dari glottis. Kanker pada Supraglottic jarang terjadi, sedangkan tumor subglottic paling sering terjadi.  Kanker laryngeal dapat menyebar langsung ke struktur yang berdekatan. Melalui metastasis (teknik penyebaran kanker), kanker menyebar lewat kelenjar getah bening di cervical (sekitar leher – bukan cervix wanita), dan melalui aliran darah. Metastase jauh bisa mencapai  paru-paru.

Faktor risiko
Merokok merupakan faktor risiko terpenting menjadi penyebab kanker laryngeal. Kematian yang berhubungan dengan kanker ini 20 kali lebih besar untuk perokok berat daripada untuk yang tidak merokok. Begitu pula dengan pengkonsumsi alkohol, kanker ini secara signifikan bisa terjadi. Jika digabungkan, dua faktor (rokok dan alkohol) ini tampaknya memiliki efek sinergis (berkaitan). Beberapa faktor risiko lainnya secara langsung maupun tidak langsung juga merupakan perpanjangan yang terkait dengan konsumsi alkohol dan tembakau. Misalnya pada rendahnya status sosial ekonomi, jenis kelamin laki-laki, dan usia lebih dari 55 tahun.

Orang-orang dengan sejarah kanker leher dan kepala memiliki  risiko tinggi (sekitar 25%) untuk  mengembangkan (lagi di kemudian hari) kanker kepala, leher, atau paru-paru. Hal ini terutama karena dalam proporsi yang signifikan, sel-sel pada aerodigestive tract (saluran pernafasan) and epitel paru-paru telah terpapar secara berkesinambungan dengan carcinogenic (hal-hal yang menyebabkan kanker) dari alkohol dan tembakau.

Gejala
Gejala kanker laryngeal tergantung pada ukuran dan lokasi tumor. Gejalanya  berikut ini:

  • Hoarseness atau perubahan suara.
  • Tumbuhnya benjolan di leher.
  • Sakit tenggorokan atau merasa ada sesuatu yang terjebak di dalam tenggorokan.
  • Persistent cough (batuk yang keras).
  • Stridor (suara bernada tinggi karena terjadinya gejolak aliran udara saluran udara bagian atas).
  • Nafas berbau.
  • Sakit telinga.

Diagnosis
Diagnosis dilakukan oleh dokter berdasarkan riwayat medis pasien, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan khusus mungkin diperlukan seperti dengan rontgen, CT scan atau MRI, dan biopsi jaringan/sel. Pemeriksaan di pangkal tenggorokan membutuhkan beberapa keahlian, yang mungkin memerlukan rujukan spesialis.

Pengobatan
Perlakuan khusus tergantung pada lokasi, jenis dan tahap dari tumor. Pengobatan mungkin melibatkan operasi, radioterapi, atau kemoterapi (ketiganya bisa dijalankan sendiri-sendiri atau secara kombinasi). Ini adalah wilayah khusus yang memerlukan keahlian yang dikoordinasikan antara dokter ahli bedah telinga, hidung dan tenggorokan (THT)  (otolaryngologis) dengan onkologis.

Sumber: Wikipedia.

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

Iklan
Kategori:Penyakit fisik Tag:
  1. Hamzah Basyeban
    13 Desember 2010 pukul 02:58

    Yang ingin saya tanyakan apakah Penyakit ini bisa disembuhkn?Pengalaman dari adik saya yg menderita Penyakit ini & sudah dioperasi (diambil )namun 3 bulan kemudian tetap tumbuh lagi.Mohon advisnya
    terima kasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: