Beranda > Definisi > Protozoa

Protozoa

Protozoa (dari bahasa Yunani : proton “pertama” dan Zoa “binatang”; protozoon tunggal) adalah mikroorganisme yang diklasifikasikan sebagai  eukaryotes (organisme satu sel yang berisi struktur kompleks, ditutupi dengan membran).

Meskipun tidak ada definisi tepat dari istilah “protozoa”, kebanyakan ilmuwan menggunakan kata untuk mengacu ke unicellular/mikroorganisme heterotrophic protist, seperti amoeba atau ciliate. Algae adalah istilah yang digunakan untuk mikroorganisme yang berfotosintesis. Namun, perbedaan antara algae dan protozoa sering kabur. Misalnya, alga Dinobryon memiliki  kloroplas untuk berfotosintesis, tetapi juga dapat  makan zat organik dan juga bisa bergerak.

Protozoa adalah paraphyletic. Walaupun kadang-kadang mereka digambarkan sebagai sebagai sebuah sub kingdom atau divisi, mereka tidak merupakan bagian dari taxon formal dalam sistem klasifikasi.

Karakteristik
Protozoa biasanya berukuran antara 10-50 μm, tetapi dapat tumbuh hingga 1 mm, dan mudah dilihat di bawah mikroskop. Protozoa ada di seluruh lingkungan dan tanah yang berair, menempati berbagai tingkat dari rantai makanan. Sebagai predator, mereka memangsa mikroorganisme lain yang berserat seperti algae, bakteri, dan microfungi. Protozoa berperan sebagai herbivora dan konsumen pada jaringan pengurai dari rantai makanan. Protozoa juga memainkan peranan penting dalam mengendalikan populasi bakteri dan biomas. Protozoa menyerap makanan melalui sel  membran mereka, namun ada juga yang mengurung dan menelan makanan,  misalnya pada amoeba.

Jenis yang lain memiliki bukaan atau “mulut berpori”.  Semua protozoa mencerna makanan di perut mereka: bentuknya seperi sebuah ruangan yang disebut vacuoles (vakuola?).

Sebagai komponen dari lingkungan fauna (mikro), protozoa merupakan sumber makanan penting untuk microinvertebrata. Protozoa pada jenis parasit malaria (Plasmodium spp.), Trypanosomes dan leishmania juga penting sebagai parasit dan symbion (pelaku simbiosis) pada binatang multiselular.

Beberapa protozoa mempunyai tahap hidup pilihan antara tahapan proliferative (misalnya trophozoites) dan cyst yang dorman (tidur). Sebagai cyst, protozoa dapat hidup pada kondisi keras seperti terpapar suhu ekstrim dan bahan kimia berbahaya, atau bertahan lama hidup tanpa akses terhadap nutrisi, air, atau oksigen untuk jangka waktu tertentu. Menjadi sebuah cyst memungkinkan spesies parasit untuk bertahan hidup di luar tuan rumah (host), dan memungkinkan mereka transmisi dari satu host ke rumah yang lain. Ketika protozoa dalam bentuk trophozoites, mereka aktif makan dan berkembang. Proses saat protozoa mengambil bentuk cyst disebut encystasi, sementara proses transformasi kembali ke trophozoite disebut excystasi.

Protozoa dapat bereproduksi dengan pembelahan biner dan multiple. Beberapa protozoa bereproduksi secara seksual, beberapa asexual, sedangkan beberapa menggunakan kombinasi keduanya, (mis. Coccidia). Protozoa adalah suatu individu hermaphrodit (bisa berganti kelamin sesuai kondisi).

Nama lain untuk protozoa adalah Acrita (R. Owen, 1861). Mereka dapat menyebabkan disentri amuba dan malaria.

Klasifikasi
Protozoa sebelumnya sering dikelompokkan dalam kerajaan Protista, bersama dengan tanaman seperti algae dan jamur. Dalam abad ke 21 ini, protozoa bersama dengan ciliate, mastigophoran, dan apicomplexan, dapat digolongkan sebagai hewan seperti protist. Namun, protozoa bukan Metazoa (dengan kemungkinan pengecualian pada Myxozoa?).

Sub-kelompok
Protozoa secara tradisional dibagi berdasarkan  tenaga penggerak mereka, meskipun karakter ini tidak lagi dipercaya untuk mewakili hubungan asli:

o Apicomplexa
o Myxozoa
o Microsporidia

  • Ciliate (misalnya Balantidium coli).

Sumber: Wikipedia.

Kategori:Definisi Tag:
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: