Beranda > Penyakit fisik > Penicillium marneffei

Penicillium marneffei

Spesies Penicillium biasanya dianggap sebagai penyebab penyakit yang “tidak penting”. Namun, Penicillium marneffei yang ditemukan pada 1956 ini berbeda. Ini adalah satu-satunya spesies yang dikenal berhubungan dengan istilah thermally dimorphic dari jenis Penicillium, dan dapat menyebabkan infeksi sistemik letal (penisiliosis) dengan demam dan anemia (serupa dengan yang disebarkan cryptococcosis).

Epidemiologi
Ditemukan pada tikus bambu (Rhizomys) di Vietnam, jamur ini dikaitkan dengan tikus dan daerah tropis Asia Tenggara. Penicillium marneffei adalah endemik di Burma (Myanmar), Kamboja, Cina Selatan, Indonesia, Laos, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Timbulnya P. marneffei adalah sebagai akibat peningkatan penyebaran HIV di seluruh Asia.

Meskipun pada orang dengan immunocompetent (imun sehat) dan immunocompromised (imun kurang) dapat terinfeksi penyakit ini, namun hal ini sangat jarang menimbulkan infeksi sistemik pada mereka yang HIV negatif.

Penicillium marneffei telah ditemukan di dekat kotoran, hati, paru-paru dan limpa tikus. Hal ini masih tidak jelas: apakah tikus yang terpengaruh (terinfeksi) oleh P. marneffei atau hanya sebagai pembawa penyakit yang tidak menunjukkan gejala apapun pada dirinya. Hal lain yang tidak diketahui adalah apakah orang-orang yang terinfeksi tersebut sebagai akibat dari makan daging tikus, atau menghirup jamur dari kotoran tikus.

Diagnosis laboratorium
Diagnosa dilakukan pada sampel sumsum tulang, kulit, sampel darah dan dahak. Keterangan lain, lihat di Link ke Wikipedia di bagian bawah artikel ini.

Pengobatan

2 minggu dengan amphotericin B, kemudian 10 minggu dengan itraconazole oral.

Sumber: Wikipedia.

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: