Beranda > Sehat > The Canon of Medicine, karya Ibnu Sina – 3

The Canon of Medicine, karya Ibnu Sina – 3

Sambungan dari tulisan: The Canon of Medicine, karya Ibnu Sina – 2

Etiologi dan Pathology
Dalam etiologi dan patologi, Canon yang menggambarkan sifat menular penyakit yang bisa menimbulkan infeksi seperti phthisis dan TBC. Penyebaran penyakit oleh air dan tanah, dan adanya penyakit seksual. The Canon memberikan pemahaman penuh pada patologi penyakit menular.

Meningitis juga pertama kali dijelaskan dalam The Canon of Medicine, selain itu juga dijelaskan pertama kali pengobatan untuk kanker. Buku ini juga menjelaskan tentan penyakit dari parasit Ascaris, Enterobius, tapeworms, dan cacing Guinea.

Sejak keberadaan buku Canon, rumah sakit  Bimaristan dibuat dengan ruangan yang terpisah-pisah untuk penyakit tertentu, sehingga orang-orang dengan penyakit menular dapat dijauhkan dari pasien lain yang tidak mempunyai penyakit menular.

Terapi Kanker
Dalam pengobatan kanker, Canon yang mengakui bahwa kanker adalah tumor juga. Dia mencatat bahwa “tumor kanker yang progresif ukurannya semakin membesar, yang menyebar dan merusak dengan cara menyusup di antara elemen jaringan.” Dia juga mempelopori pengobatan untuk kanker. Ia menemukan satu metode yang dikenal sebagi Hindiba, sebuah obat herbal kompleks  dari Ibnu al-Baitar yang kemudian diidentifikasi sebagai properti “anticancer”. Setelah mengakui fungsinya dalam pengobatan  neoplastic disorders, Hindiba telah dipatenkan pada tahun 1997 oleh Nil Sari, Hanzade Doğan, dan John K. Snyder.

Cara lain untuk merawat kanker yang dijelaskan di Canon adalah perawatan bedah. Ia menyatakan bahwa pengangkatan harus radikal dan semua jaringan yang sakit harus dihapus, termasuk perlakuan amputasi atau penghapusan pembuluh darah yang menuju langsung ke tumor. Dia juga merekomendasikan penggunaan cauterization (pembakaran) untuk membunuh kuman di daerah yang dirawat (jika itu diperlukan).

Canon  pertama kali menjelaskan gejala kanker esophageal dan pertama kali juga merujuk hal itu sebagai “kanker di kerongkongan.”

Hepatology
Perubahan yang dilakukan Canon mencakup ilmu hepatology (berhubungan dengan hepatitis), termasuk pengantar baru untuk metode pengobatan hepatitis.

Karantina
Canon memperkenalkan karantina sebagai sarana untuk membatasi penyebaran penyakit menular.

Neurosciences dan Psikologi
Dalam psikologi dan neurosciences Islam, Canon mencatat hubungan antara emosi dan kondisi fisik, dan Ibnu Sina merasa bahwa musik pasti memiliki efek fisik dan psikis pada pasien.

Psikologi dan psychotherapy klinis
Ibnu Sina sering menggunakan metode psikologi untuk merawat pasien. Salah satu studi kasus adalah ketika seorang pangeran Persia menderita melancholia dan memiliki khayalan bahwa ia adalah sapi minta disembelih dan tidak mau makan apapun. Ibnu Sina dalam kasus ini memberikan pesan yang dikirimkan kepada pasien bahwa ia bersedia dengan senang hati menjadi tukang daging yang akan datang untuk membantai si pasien. Saat Ibn Sina mendekati pangeran dengan pisau di tangannya, ia bertanya kepada si pasien; “di mana sapinya sehingga aku dapat menyembelihnya.” Pasien itu kemudian bertingkah seperti sapi untuk menunjukkan di mana dia berada. Kemudian Ibnu Sina berkata: “Sebelum dibantai, pasien harus diletakkan di atas tanah untuk memudahkan penyembelihan.” Lalu si pasien mendekati Ibnu Sina dan meletakkan dirinya di tanah seakan siap untuk dibantai. Setelah melihat si pasien, Ibnu Sina berkata, “oh sapi yang terlalu kurus dan tidak siap untuk dibunuh. Dia harus diberi makan dengan benar dan saya akan menyembelihnya ketika ia sudah menjadi sehat dan gemuk.” Pasien itu kemudian mau makan makanan yang dihidangkan kepadanya, dan itu dilakukan setiap hari hingga tubuhnya secara bertahap sehat kembali dan khayalannya hilang dengan sendirinya sehingga si pasien menjadi sembuh sepenuhnya.

Neurology dan neuropathology
Buku ini berkontribusi dalam ilmu neurology dan neuropathology termasuk diagnosa pada facial nerve paralysis, pembedaan brain paralysis and hyperaemia, dan yang paling penting adalah penemuan meningitis.

Neuropsychiatry dan neuropsychology
Canon merupakan perintis dalam teks neuropsychiatry dan neuropsychology. Buku ini menggambarkan kondisi neuropsychiatric pada halusinasi, insomnia, mania, mimpi buruk, melancholia, dimensia, epilepsi, paralysis, stroke, vertigo dan tremor (tubuh bergetar). Tiga bab dari buku The Canon of Medicine didedikasikan untuk neuropsychiatry.

Buku ini mendefinisikan  ‘gila’ atau kegilaan (Junun) sebagai suatu kondisi mental di mana realitas digantikan oleh fantasi, dan menemukan bahwa ini adalah kekacauan yang berasal dari bagian tengah  otak.  Ia juga menjelaskan kondisi yang menyerupai skizofrenia yang  disebut sebagai Junun Mufrit (kegilaan parah), ini jelas berbeda dengan  bentuk lain kegilaan seperti maniak, rabies, dan manic depressive psychosis. Penulis mengamati bahwa pasien penderita skizofrenia  menunjukkan tanda agitasi (gejolak), behavioural dan gangguan tidur, dan tidak memberikan jawaban sesuai pertanyaan. Buku ini menyatakan bahwa pasien harus dikendalikan, untuk menghindari kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Sebuah bab dari Canon juga didedikasikan untuk Maniak dan rabies. Maniak dijelaskan sebagai kegilaan yang bengis, dicirikan oleh kegilaan cepat dan peredaan cepat pula, dengan gejolak dan sifat lekas marah. Rabies dijelaskan sebagai jenis maniak.

Psikoanalisa
The Canon of Medicine memperluas teori temperamen untuk menjaring “aspek-aspek emosional, kapasitas mental, sikap moral, kesadaran diri sendiri, pergerakan tubuh dan mimpi.” Hasil karya ini mungkin bisa dianggap sebagai “pelopor psikoanalisa abad keduapuluh.”

Sumber : Wikipedia.

Iklan
Kategori:Sehat Tag:
  1. farida
    23 Oktober 2010 pukul 02:07

    artikel yang bagus… ikt copy yah.. mau baca..

    • pisangkipas
      23 Oktober 2010 pukul 07:54

      terimakasih, silakan copy.

  2. 16 Juli 2011 pukul 10:22

    mas taufik, kalo mau beli buku canon of medicine dimana yah ?
    punya info ngga ?

  3. 25 Agustus 2011 pukul 00:34

    gan isinya ok banget.. ana ijin kopas dong….

  4. mawaddah
    19 April 2012 pukul 03:17

    makasih…bermanfaat skali…mohon izin copy paste

  5. 31 Mei 2012 pukul 09:37

    Om… aku ambil ya artikelnya

  6. andri
    3 September 2012 pukul 12:08

    ijin copy yah soalnya ini tugas penting banget

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: