Beranda > Topik panas > Sepertiga penduduk dunia bisa terinfeksi H1N1

Sepertiga penduduk dunia bisa terinfeksi H1N1

Sepertiga dari penduduk dunia bisa terinfeksi flu ‘baru’ ini, begitu proyeksi para pakar. Menurut mereka, flu ‘baru’ ini mempunyai “potensi pandemi penuh”, menyebar dengan mudah dari orang ke orang, dan akan menjadi global dalam waktu enam sampai sembilan bulan mendatang.


Sekalipun angka serangan wabah ini sampai 30%, tim Imperial College London tidak menyebutkan berapa angka kematiannya. Penelitian yang didasarkan pada apa yang terjadi di Meksiko ini diterbitkan di majalah Science. Jumlah kasus ‘confirmed’ kemarin telah mencapai 5251 di 30 negara, dengan kematian 61 orang, menurut WHO dalam update #26, 12 Mei 2009.

Bekerja sama dengan WHO dan badan-badan kesehatan masyarakat di Meksiko, para peneliti menilai wabah di Meksiko dengan menggunakan data sampai akhir April, dan memperhitungkan faktor-faktor lain seperti penyebaran internasional dan keanekaan genetik virus. Profesor Neil Ferguson, ketua peneliti, mengatakan masih terlalu dini untuk bisa mengatakan bahwa virus ini akan menyebabkan kematian dalam jumlah besar, atau tidak lebih berat daripada flu musiman biasa.

Analisis “cepat & kotor” yang dilakukannya terhadap wabah flu di Meksiko menunjukkan bahwa virus H1N1 sama berbahayanya dengan virus yang menyebabkan pandemi pada tahun 1957, yang membunuh 2 juta orang di seluruh dunia. Tetapi virus itu tidak seganas seperti virus yang menyebabkan pandemi
flu Spanyol pada 1918, yang menyebabkan sekitar 50 juta kematian.

Dampak sepenuhnya flu ‘baru’ ini di Inggris tidak akan diketahui sampai musim flu pada musim gugur dan musim dingin yang akan datang, dimana dapat diharapkan akan terjadi “wabah besar” di belahan bumi Utara, kata profesor itu.

“Di latar belakang, flu musiman biasa setiap tahun diperkirakan menyerang 10% penduduk dunia setiap tahun. Jadi kita akan menghadapi musim flu tiga kali lebih banyak daripada biasanya — belum memperhitungkan apakah virus ini lebih ganas dibandingkan virus flu musiman.”

Penelitiannya menunjukkan flu ‘baru’ ini bisa membunuh 4 dari 1000 pasien (0,4%). Angka kematian flu musiman adalah sekitar 1 per 1000 pasien. Angka kematian flu Spanyol pada tahun 1918 di A.S. sekitar 20 per 1000 orang (2%); di beberapa bagian dunia pada waktu itu bisa mencapai 10% atau lebih.

Profesor itu mengatakan bahwa temuannya mendukung keputusan untuk secepatnya memproduksi vaksin terhadap virus flu ‘baru’ ini.

“Kita perlu siap, terutama pada musim gugur yang akan datang. Pada saat ini, virus itu tidak menyebar dengan cepat di belahan bumi Utara, karena kita berada di luar musim flu yang biasa. Tetapi, pada musim gugur yang akan datang, mungkin sekali akan terjadi wabah yang besar. Salah satu keputusan kunci yang harus diambil oleh warga dunia minggu ini adalah berapa banyak kita pindah dari produksi vaksin untuk flu musiman sekarang ini menjadi memproduksi vaksin untuk flu ‘baru’ ini.
Saya rasa, keputusan itu harus diambil dengan cepat.”

Sumber asli : BBC, diunduh ulang dari mailing list jakarta_melawan_flu@yahoogroups.com. Klik disini untuk mengetahui cara join mailing list yahoogroups.com.
Pic source: Photobucket.com.

Kategori:Topik panas Tag:,
  1. paralegals lakeland fl
    12 November 2012 pukul 22:06

    I will right away seize your rss feed as I can not to find your email subscription link or e-newsletter
    service. Do you’ve any? Kindly permit me recognise so that I could subscribe. Thanks.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: