Beranda > Sehat > Diet

Diet

Energi diperlukan tubuh agar semua proses metabolisme dalam tubuh dapat berjalan dengan baik. Ketika tubuh memerlukan energi kemudian mengambil dari dalam tubuh (misalnya saat latihan), maka sel-sel tubuh mengambilnya dari persediaan dalam tubuh, seperti karbohidrat kompleks dan lemak. Sumber tubuh dalam bentuk karbohidrat kompleks disebut dengan istilah glikogen (glycogen).
Sebanyak 65% disimpan dalam kerangka otot dan sisanya di dalam hati (total sekitar 2000 kcal di seluruh tubuh). Hal ini dibuat dari kelebihan karbohidrat yang kita suap dibanding kebutuhan tubuh. Ketika sumber energi itu hampir habis, tubuh mulai melakukan lipolysis (penghancuran lemak), mobilisasi dan katabolisme (penguraian) terhadap lemak yang selama ini disimpan oleh tubuh. Dalam proses ini, lemak-lemak, yang diperoleh dari sel lemak, diubah ke dalam bentuk kedalam bentuk gliserin dan fatty acid, yang dapat digunakan untuk membuat energi. Produk lainnya yang dihasilkan dari metabolisme ini adalah karbon dioksida dan air, karbon dioksida dikeluarkan melalui sistem pernafasan sedangkan air dikeluarkan dari urin dan keringat.

Bagaimana mengatur berat badan?
Berikut teknik-teknik pengaturan berat badan, ini dalam bentuk definisi. Mudah-mudahan pada tulisan saya berikutnya akan saya jelaskan perinciannya satu persatu.

Diet makanan keseharian
Diet harian yang dilakukan seseorang terbukti dapat menurunkan berat badan sebanyak dua kali dibanding orang yang tidak melakukannya (dipublikasikan dalam the American Journal of Preventive Medicine, 7/2008). Diet harian bisa dalam bentuk pengaturan nutrisi dan kalori yang disuap, jam makan, dan puasa.

Pengobatan
Obat tertentu dapat diresepkan untuk membantu menurunkan/mengatur berat badan. Kita bisa berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi untuk memberi saran obat apa yang sesuai dengan kita. Beberapa obat bisa saja hanya berisi vitamin dan mineral, tetapi tampaknya tidak begitu efektif menurunkan berat badan.

Diuretics
Diuretics adalah teknik pengaturan berat badan melalui pengeluaran air. Penggunaan asupan tumbuh-tumbuhan tertentu atau herbal diharapkan dapat mengurangi berat tubuh khususnya air, namun tidak akan berpengaruh pada lemak tubuh. Efek samping Diuretics dapat mempertebal darah, kejang, kerusakan ginjal dan hati.

Stimulan (rangsangan)
Stimulan seperti menggunakan ephedrine atau synephrine dimaksudkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan.

Catatan :
Puasa yang panjang tanpa diselingi makan samasekali atau asupan kalori yang kurang bisa sangat berbahaya karena risiko kekurangan gizi dan harus dilakukan di bawah pengawasan medis. Puasa yang berkepanjangan atau sangat rendah kalori menyebabkan pengurangan gula dalam darah, menguras sumber energi otak dan cadangan glikogen. Setelah persediaan glikogen tubuh habis maka tubuh mulai menggunakan bahan bakar pada sel-sel otak dan melakukan metabolise protein yang akan digunakan untuk sintesis gula sebagai energi untuk digunakan oleh bagian tubuh lainnya. Kebanyakan ahli percaya bahwa cepat atau lambat hal ini akan mengakibatkan kehilangan massa otot meskipun hal ini masih diperdebatkan. Oleh sebab itu pada puasa diet hendaknya diperhatikan juga jumlah asupan kalori yang kita konsumsi.

Sumber dan baca lebih lanjut di: Wikipedia.
Pic source: Photobucket.com.

Kategori:Sehat Tag:
  1. 3 Oktober 2014 pukul 23:48

    I really like what you guys tend to be up too.
    This sort of clever work and coverage! Keep up the fantastic
    works guys I’ve you guys to blogroll.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: