Beranda > Penyakit fisik > Meningitis

Meningitis

Meningitis adalah peradangan yang mencakup otak dan saraf tulang belakang. Peradangan dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya, dan bisa jadi akibat obat tertentu. Meningitis dapat mengancam kehidupan yang disebabkan oleh peradangan yang (sangat) berdekatan dengan otak dan saraf tulang belakang, maka kondisi diklasifikasikan sebagai medis darurat.

Penyebab

Virus dapat menyebabkan meningitis, contohnya: virus herpes simpleks type 2, Herpes Zoster, mumps virus, HIV/AIDS, and virus Lymphocytic choriomeningitis (LCM).

Jenis bakteri yang menyebabkan meningitis berbeda di setiap kelompok umur. Pada bayi yang prematur dan bayi yang sampai berumur tiga bulan, penyebab umumnya adalah grup B streptococci (subtypes III yang biasanya yang mendiami vagina) dan Escherichia coli (membawa antigen K1). Listeria monocytogenes (serotype IVb) dapat mempengaruhi bayi baru lahir dan terjadi dalam wabah. Anak-anak yang lebih sering dipengaruhi oleh Neisseria meningitidis (meningococcus), Streptococcus pneumoniae dan orang-orang di bawah lima tahun bisa terjangkit Haemophilus influenzae tipe B. Pada orang dewasa, N. meningitidis dan S. pneumoniae sama menyebabkan 80% dari semua kasus meningitis. Meningitis pada sipilis berbentuk neurosyphilis.

Meningokokus dapat terjadi dalam bentuk wabah penyakit di daerah-daerah yang banyak orang hidup bersama di dalamnya contohnya seperti barak tentara, dan perkemahan haji. Khusus untuk haji, meningokokus perlu dicermati saat jamaah berada di Mina (sebagai salah satu rangkaian prosesi haji),  jamaah diwajibkan bermalam walau hanya untuk beberapa malam di tempat ini, yang kondisinya –  sebaik apapun seperti pada haji plus – untuk sementara jamaah harus bermalam di kemah-kemah yang isinya agak berdesak-desakan. Untuk masa mendatang, tampaknya Pemerintah Arab Saudi akan menyediakan bangunan permanen seperti penginapan/hotel.

Tuberculous meningitis disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tuberculosis, adalah umum diderita pada negara-negara yang banyak memiliki penderita TBC dan HIV/AIDS.

Meningitis Kriptokokus disebabkan oleh jamur dan terjadi paling sering pada orang dengan jumlah CD4 di bawah 100. Lihat informasi lebih lengkap Meningitis Kriptokokus di spiritia.or.id.

Gejala
Gejala umum meningitis yaitu gejala sakit kepala dan leher kaku terkait dengan demam, kebingungan atau  kesadaran yang berubah-ubah, muntah dan ketidakmampuan untuk mentolerir cahaya (misal: ketakutan dipotret) atau suara keras (phonophobia). Kadang-kadang, khususnya pada anak-anak kecil, hanya gejala nonspecifik dapat hadir, seperti lekas marah dan mudah mengantuk. Jika ruam hadir, mungkin menunjukkan penyebab meningitis tertentu; misalnya, meningitis yang disebabkan oleh bakteri meningokokus.  Jika dibiarkan, bisa terjadi konsekuensi serius jangka panjang meningitis yang meliputi keadaan tuli, epilepsi, Hydrocephalus dan defisit kognitif, terutama jika tidak dirawat dengan cepat.

Pencegahan
Karena banyaknya kemungkinan terkena meningitis maka pencegahan dilakukan dengan mempelajari penularan virus dan bakteri. Beberapa bentuk meningitis (seperti yang terkait dengan meningococci, Haemophilus influenzae tipe B, pneumococci atau infeksi virus gondok) dapat dicegah dengan imunisasi. Untuk virus, pencegahan berkaitan dengan penggunaan kondom atau menghindari hubungan seks berganti-ganti pasangan. Meningitis juga dapat dicegah dengan memakai masker pada mulut untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan.

Diagnosis dan pengobatan
Diagnosis meningitis perlu ketelitian karena kemungkinan penyebab meningitis ini juga banyak. Perlu konsultasi rutin dengan dokter dan tentu saja ke laboratorium. Saya tidak akan memasukkan prosedur lab karena itu bisa ditanyakan pada laboratorium pemeriksaan penyakit. Dengan demikian pengobatannya pun juga akhirnya tergantung jenis penyakit yang menyebabkan mengitis itu sendiri.

Tulisan yang terkait: Vaksin meningitis dan swine

Sumber : Wikipedia

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

Iklan
  1. 6 November 2014 pukul 12:18

    Nice post! I have spent more of my time than I remember reading SEO
    blogs seeking SEO solid information that can that can help my blog rise in the search results.
    It appears as if just as soon we all get a perception of
    what we want to do thhe goalposts are changed!

    So not probably the most exciting comment ever, butt I simply wanted to say
    appreciate you taking the time to take into adcount and talk
    about SEO topics. Without people endlesszly figuring out what the hell engines like
    google are doing!

    Keep up the great work!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: