Beranda > Cerita > Menulis tentang kesehatan, why not?

Menulis tentang kesehatan, why not?

Sudah hampir dua tahun ini saya tidak mencermati perkembangan penulisan artikel-artikel kesehatan Indonesia di dunia internet. Setelah saya mengecek dalam beberapa hari ini, ternyata memang masih sedikit sekali artikel yang tersedia bahkan untuk penyakit-penyakit fisik yang terjadi di masyarakat. Mungkin ini bukan hal yang menarik dan kurang ‘merangsang’ untuk menaikkan trafik blog. Padahal, bukankah ini bisa menjadi bahan literatur untuk skripsi? šŸ™‚

Ada juga orang yang menulis tentang dunia kesehatan hanya karena suruhan sponsor kegiatannya, kalo tidak dipaksa membuat website (baca: diubek-ubek) oleh sponsornya maka mungkin sampai kapanpun tidak akan bikin website.. Bikin websitenya pun kadang tidak di update. Kalau kita jujur maka ini adalah hal yang sangat sangat lumrah terjadi di Indonesia, contoh yang gampang: situsnya KPU apa pernah diup date?

Berbicara tentang menulis di blog, saya memberikan apresiasi yang besar jika suatu blog selain isinya ditulis sendiri, juga jika pun diambil dari tempat lain maka diberikan sedikit-sedikit komentar (paling tidak kita juga membaca apa yang kita copy paste-kan). Saya sendiri kadang copy paste, tapi ya saya baca dulu sebelumnya apakah isinya sesuai dengan tujuan apa yang ingin kita capai. Kalau kita copy paste tulisan orang tetapi tidak kita tahu apa isinya (tidak perlu dipahami kalau bukan bidang kita) ya berarti ini hanya untuk menampakkan bahwa blog kita memang ter-up date terus. Well.. yah mungkin ini salah satu triknya dunia per-SEO-an.

Anda mungkin lebih paham dunia kesehatan dibanding saya. Saya bukan seorang ahli medis, buka dokter atau perawat atau pernah bekerja di rumah sakit; kalau anda bertanya bagaimana membuat membuat peta bumi mungkin saya sedikit lebih mengerti. Saya memang pernah bekerja di LSM yang berhubungan dengan kesehatan, ini mungkin yang membuat saya sedikit lebih memahami apa yang dibutuhkan masyarakat: informasi bagaimana jika anda sakit, kemana anda harus mengadu dan bertanya? tetapi ini hanya salah satu faktor yang membuat saya tertarik memasukkan artikel-artikel kesehatan dalam blog saya. Ada sesuatu yang mengharuskan saya melakukannya, ada magnet yang membawa saya ke sini. Saya (masih) kurang peduli pada trafik atau tampilan blog saya karena bagi saya isi yang bagus adalah raja pada dunia per-blog-an.. cieh idealis bangedz.

Mungkin dalam beberapa hari atau minggu ke depan saya pasang iklan-iklan di blog saya, saya juga perlu mencicipi sedikit dari kue dunia browsing yang sangat besar dan bermacam rasa ini. Mudah-mudahan hal ini tidak mengurangi minat saya untuk tetap fokus untuk memberikan yang terbaik dari saya untuk orang lain: informasi yang benar-benar dan seharusnya dibutuhkan orang lain, bukan sekedar hiburan berupa gosip dan hujatan yang tidak perlu kepada seseorang/partai politik.

Menarik juga jika pada setap institusi kesehatan atau sekolah/kampus perkuliahan untuk mewajibkan karyawan, siswa/mahasiswa-nya menulis artikel tentang kesehatan minimal sekali sebulan, ini untuk menambah wawasan dan supaya apa yang dulu pernah dipelajarinya selama masa sekolah/kuliah tidak lupa. Kita bisa saling membuat link, kita bisa saling mengisi kurangnya informasi pada kita.

Sejatinya masih banyak yang bisa ditulis. Cari topik baru yang sering dibutuhkan masyarakat. Kalo bingung, terjemahkan saja tulisan-tulisan di Wikipedia lewat mesin translator, tetapi hati-hati terhadap istilah-istilah medis jika anda kurang mengerti lebih baik cari padanan katanya dalam bahasa Indonesia atau bertanya pada dokter atau orang kesehatan lainnya (lek ngerti yo, lek ora ngerti ya artine de e ra tau sinau maneh mari lulus kuliah. Ngertine nggolek duit lan ben ketok wis dadi wong, right? << dan hiks… ini sangat lumrah juga terjadi di Indonesia).

Mari kita ber-jejaring!

Iklan
Kategori:Cerita Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: