Beranda > Penyakit fisik > Vaksinasi HPV

Vaksinasi HPV

Cara yang dianggap efektif untuk mencegah perkembangan HPV adalah dengan memberikan vaksinasi pada pria dan khususnya pada wanita saat usia yang sangat muda. Vaksin ini penting untuk mencegah teridap HPV yaitu mempersiapkan kekebalan tubuh jika suatu saat tubuh menghadapi serangan HPV. Pada wanita, vaksin sebaiknya diberikan pada usia yang masih sangat muda karena kekebalan tubuhnya masih bagus dan organ-organ tubuhnya masih relatif sehat.

Macam-macam merek dagang untuk vaksin HPV, misal Gardasil (dari Merck & Co) dan Cervarix (dari GlaxoSmithKline). Baik Merck & Co maupun GlaxoSmithKline invented vaksin. Anda mungkin bisa mengecek kepada dokter, vaksin apa yang bisa direkomendasikan dan tersedia di Indonesia.

Vaksin HPV sebaiknya ditujukan pada gadis dan wanita yang berusia antara 9-26 karena vaksin hanya berfungsi jika diberikan sebelum terjadi infeksi, dalm hal ini infeksi dikhawatirkan terjadi jika dia mulai mengenal dan mempraktekkan hubungan seksual. Vaksin untuk HPV selain untuk mencegah/meminimkan terkena kanker serfiks, juga diharapkan dapat mencegah terpajan genjer ayam yang virusnya masih tergolong dalam keluarga virus papilloma manusia.

Mungkin biaya untuk vaksin ini agak mahal karena tergolong produk baru, tapi coba konsultasikan kepada dokter/pertugas kesehatan setempat.

Sumber : Wikipedia.org dan Majalahkonstan.com

  1. irma maya
    18 Mei 2009 pukul 13:12

    aqw pingin tau cr melakukan vaksin gmn?

    • pisangkipas
      18 Mei 2009 pukul 13:51

      ‘Peminat’ vaksin HPV di Indonesia masih sangat kurang, jadi masih jarang ada. Mungkin vaksinnya ada pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Juga bisa ditanyakan di rumah sakit di kota anda, kalo di Jakarta ada di RSCM. Gak tau di rumah sakit yang lain. Sementara itu dulu infonya.

      • ayesha
        14 Juli 2009 pukul 09:25

        mao tanya kira2 boleh ga kalo suntikan pertama pake Gardasil (dari Merck & Co) dan yg ke2-3 pake Cervarix (dari GlaxoSmithKline)? thanks

  2. 1 Oktober 2009 pukul 05:55

    Mohon bantuannya, obat apa yg cocok untuk kutil. ak jg ada kutil pd ketiah dan leher, tapi jenisnya persis kulit karena tdk kasar ( mungkin ini yg biasa disebut jengger ayam krn halus )

    • pisangkipas
      1 Oktober 2009 pukul 09:55

      jengger ayam adalah penyakit yang disebabkan oleh HPV, kutilnya biasanya lebih besar ketimbang kutil umumnya. Menyerupai bunga kol, merah, lebih persis seperti jengger ayam jago. Jadi kalo ada kutil belum tentu itu jengger ayam krn biasanya ditularkan melalui hubungan seksual dan infeksinya umumnya hanya di daerah kelamin. Coba diperiksakan ke dokter kulit, umumnya pengobatan kutil biasa itu mudah dan cepat.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: