Beranda > Sehat > Saya suka tempe

Saya suka tempe

Makanan yang berbahan dasar kedelai ini merupakan jenis makanan yang sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Tempe dibuat dari biji kedelai melalui proses fermentasi ragi tempe. Termasuk saya yang hampir setiap hari mengkonsumsi tempe dalam berbagai varian masakannya, mayoritas orang Indonesia pun menyukai tempe.

tempe1

Memang makanan ini kelihatan sepele, orang lebih memandang ayam dan daging sebagai makanan yang lebih berkelas dibanding tempe. Padahal tempe memiliki manfaat bagi tubuh kita jika dikonsumsi rutin seperti antioksidan, antibiotik, sumber vitamin B, mengandung serat tinggi sampai menurunkan lemak dalam darah. Zat antioksidan dalam bentuk isoflavon dalam tempe berguna untuk mencegah radikal bebas. Hal ini membuat tempe dapat dikatagorikan sebagai makanan pencegah kanker.

Ada banyak jenis masakan yang berbahan dasar tempe, ada tempe bacem, ada tempe goreng, kari tempe, lalapan tempe, dan sebagainya. Pada prinsipnya tempe bisa dibuat apapun. Saya suka kari tempe, tetapi tempe goreng tetap yang paling sering saya konsumsi karena praktis pembuatannya. Ada juga kripik tempe, di kota Malang banyak pabrik pembuatan kripik tempe yang renyah dan gurih ini. Bentuk kripik ini ada yang bundar dan kotak. Saya pikir kreatif juga ya mereka membuatnya.

Walaupun tempe rebus pun yang dikonsumsi dengan nasi putih dan sambal trasi sudah cukup enak dan bahkan lebih enak ketimbang makanan-makanan siap saji yang dijual dengan harga mahal di restoran-restoran. Kadar proteinnya yang tinggi dapat menggantikan peran telur dan daging, walaupun begitu kita disarankan juga mengkonsumsi telur dan daging (khususnya pada masa pertumbuhan) karena kelebihan protein hewaninya tidak dimiliki oleh tempe.

Jadi jangan malu mengkonsumsi tempe, khususnya bagi yang berdiet dan vegetarian, sungguh tidak ada kaitan antara kurangnya kecerdasan seseorang dengan kebanyakan mengkonsumsi tempe.

Iklan
Kategori:Sehat Tag:
  1. 17 Januari 2013 pukul 04:10

    Amazing! Its really amazing article, I have got much clear idea concerning from
    this post.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: