Beranda > Penyakit fisik > Bartholin’s cyst, Bartolinitis

Bartholin’s cyst, Bartolinitis

Kista Bartolin terbentuk ketika sebuah kelenjar Bartolin tersumbat, menyebabkan kista (kantung yang berisi cairan) dapat tumbuh. Kista ini bukan merupakan sebuah infeksi, meskipun dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau penyumbatan fisik (halangan lendir atau lainnya) pada saluran Bartolin (seperti tabung  dari kelenjar ke vulva). Jika infeksi merasuk, hasilnya adalah suatu abses Bartholin.

Kista Bartolin paling mungkin terjadi pada wanita usia subur. Dalam hal ini, sebuah kista Bartolin bisa tumbuh dari ukuran kacang polong hingga ukuran telur. Kista tidak ditularkan melalui hubungan  seksual. Mereka sering tumbuh tanpa alasan yang jelas akibat infeksi-infeksi penyakit menular seksual seperti gonore, sipilis dan infeksi bakteri lainnya. Infeksi ini lebih mungkin menyebabkan suatu abses Bartolin daripada kista sederhana.

Pengobatan
Kista tidak mengancam nyawa, tetapi ini dapat sangat menyakitkan dan bahkan bisa membuat kesulitan untuk berjalan. Kista baru tidak bisa mutlak dicegah pembentukannya, namun suatu operasi bedah atau laser pada kista dapat mengurangi kemungkinan pembentukan kista yang baru di situs/tempat yang sama.

Jika kista terinfeksi, itu bisa pecah terbuka dan mulai sembuh sendiri setelah 3 sampai 4 hari. Obat nyeri seperti ibuprofen dapat menghilangkan rasa sakit.

Jika abses kelenjar Bartolin kembali beberapa kali, dokter bedah dapat menghapus/mengangkat kelenjar dan saluran yang membengkak.

 

Sumber:  Wikipedia.

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan. Diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

About these ads
  1. vv
    2 Desember 2010 pukul 07:58

    apa pms/ sipilis hnya trjadi sma lelaki??
    apa mungkin wanita jga bsa terjangkit??

    kalau wanita tidak brganti pasangan tapi cwo sllu brganti psangan dlm hubungan sex apa itu kan bsa trtular pd wanita??

    akub takut..

    tlong jwaban n sarannya… huft

    • pisangkipas
      2 Desember 2010 pukul 13:19

      Semua pms bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan, walaupun si perempuan tidak pernah berganti-ganti pasangan seks/setia pada 1 pasangan tetap. Anda mungkin sudah tahu bahwa kasus HIV (yg tergolong PMS juga) banyak diderita oleh ibu-ibu rumah tangga baik2 yang tidak pernah berselingkuh dengan pria lain melainkan didapat dari suaminya sendiri yang sering ‘jajan’ di luar. Memang ada beberapa PMS yang tak terlihat di kulit luar wanita seperti halnya pada pria, tapi itu bukan berarti si wanita tidak mengidap penyakit ini. Efek samping mungkin bermacam2 jika itu dibiarkan seperti misalnya jika mengandung akan menyebabkan keguguran, bayi cacat, dan tientu saja bisa menyebar kebagian tubuh yang lain. Dalam beberapa kasus, kanker yang berada di bagian vagina wanita bisa disebabkan oleh infeksi2 PMS.

      Terlepas dari larangan beberapa agama atau kepercayaan untuk berselingkuh, pada faktanya larangan itu bermanfaat bagi siapapun untuk mencegah dari tertular PMS.

  2. niam
    26 Agustus 2011 pukul 23:19

    apa pengertian dari bartolinitis menurut para ahli ?

  3. Anonymous
    22 Mei 2012 pukul 17:33

    apabila terkena bartolinitis apa positiv PMS?go?

  4. Anonymous
    22 Juni 2012 pukul 11:16

    apakah semua wanita memiliki kelenjar bartolini tersebut,jika ada apa yang kita periksa pada kelenjar bartolini tersebut??
    tolong jawabanya n sarannya trimksh…

  5. 19 April 2013 pukul 10:16

    Hello, There’s no doubt that your site might be having internet browser compatibility issues. When I take a look at your blog in Safari, it looks fine but when opening in I.E., it’s got
    some overlapping issues. I merely wanted to give you a quick heads up!
    Besides that, fantastic site!

  6. 22 April 2013 pukul 01:09

    Your way of describing everything in this article is really pleasant, all be able to easily understand it, Thanks a lot.

  7. 31 Mei 2013 pukul 11:02

    You actually make it seem so easy with your presentation however I in finding this topic to be actually something which I feel
    I would never understand. It kind of feels too complex and extremely extensive
    for me. I am looking forward in your next put up, I’ll attempt to get the hang of it!

  8. 31 Mei 2014 pukul 21:42

    What’s up, all is going well here and ofcourse every one is sharing data, that’s really excellent, keep
    up writing.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: