Beranda > Definisi, Penyakit fisik > Epididymitis, Epididimitis

Epididymitis, Epididimitis

Epididimitis adalah suatu kondisi medis yang dalam hal ini terdapat peradangan pada epididimis (suatu struktur melengkung di bagian belakang testis tempat penyimpanan sperma yang sudah dewasa). Kondisi ini mungkin sedikit dapat sangat menyakitkan, dan skrotum (kantung berisi testis) bisa menjadi merah, hangat dan bengkak. Ini mungkin akut (tiba-tiba menyerang) namun jarang menjadi kronis.

Epididimitis adalah penyebab paling sering timbulnya nyeri skrotum tiba-tiba. Penyebab paling umum epididimitis adalah infeksi. Pada Dalam pria yang aktif secara seksual (sering berganti-ganti pasangan seksual), Chlamydia trachomatis adalah mikroba penyebab yang paling sering, diikuti oleh E. coli dan Neisseria gonorrhoeae. Pada anak-anak, infeksi mungkin muncul pada bagian lain tubuh atau kelainan pada saluran kemih. Penyebab lainnya adalah sterile reflux of urine (perembesan urin) melalui saluran ejakulasi. Antibiotik mungkin diperlukan untuk mengontrol komponen infeksi. Pengobatan terdiri dari penghilangan rasa sakit, obat anti-inflamasi dan istirahat yang cukup.

Klasifikasi
Epididimitis dapat diklasifikasikan menjadi akut , sub-akut, dan kronis, tergantung pada lamanya gejala.

Epididimitis kronis
Epididimitis kronis adalah epididimitis yang terjadi selama lebih dari enam minggu. Epididimitis kronis ditandai oleh peradangan bahkan ketika tidak hadir suatu infeksi. Pengujian diperlukan untuk membedakan antara epididimitis kronis dengan berbagai gangguan lain yang dapat menyebabkan nyeri skrotum konstan. Ini termasuk kanker testis, urat skrotum membesar (varikokel), dan kista dalam epididimis. Selain itu, saraf-saraf di daerah skrotum yang terhubung ke perut kadang-kadang menyebabkan sakit mirip hernia. Kondisi ini dapat berkembang bahkan tanpa adanya penyebab yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dalam kondisi seperti ini, diperlukan perawatan yang mungkin agak lama. Hal ini dikarenakan terdapat hipersensitivitas struktur tertentu, termasuk saraf dan otot, yang dapat menyebabkan atau berkontribusi pada epididimitis kronis. Prosedur yang disebut cord block (blok kabel) mungkin diperlukan. Ini terdiri dari suntikan ke saraf sepanjang epididimis. injeksi adalah gabungan dari beberapa obat termasuk steroid, pembunuh rasa sakit, dan anti-inflamasi dosis tinggi. Perawatan ini dapat mengatasi rasa sakit selama 2-3 bulan dalam kondisi ideal. Beberapa pasien mungkin hanya mengalami durasi (sakit) lebih pendek 2-3 hari, sedangkan pasien-pasien lain mungkin tidak mengalami sakit. Prosedur ini, tentu saja harus diulang, bila perlu sampai masalah hilang sepenuhnya (atau sampai rutinitas yang terlalu mengganggu). Sebagai usaha terakhir, pasien dapat memutuskan untuk menghilangkan epididimisnya samasekali.

Tanda dan gejala
Epididimitis biasanya menimbulkan rasa sakit yang menyerang secara bertahap seperti nyeri pada testis atau epididimis. Testis mungkin menjadi hangat dan / atau merah.

Penyebab
Infeksi bakteri adalah penyebab paling umum dari epididimitis. Bakteri dalam saluran kencing bagian belakang – yang menuju kantung kemih dan reproduksi ke epididimis. Ini dapat menimbulkan uretritis (radang uretra). Dalam kondisi yang jarang terjadi, infeksi mencapai epididimis melalui aliran darah.

Pada pria aktif secara seksual, Chlamydia trachomatis bertanggung jawab untuk dua-pertiga kasus, diikuti oleh Neisseria gonorrhoeae dan E. coli (atau bakteri lainnya yang menyebabkan infeksi saluran kemih). Mikroba umum lainnya yaitu Ureaplasma, Mycobacterium, dan sitomegalovirus, bisa juga Cryptococcus pada pasien dengan infeksi HIV. E. coli lebih sering terjadi pada anak laki-laki sebelum pubertas, orang tua dan homoseksual.

penyebab non-infeksi juga mungkin. Reflux of sterile urine (urine tanpa bakteri) melalui saluran-saluran ejakulatorius dapat menyebabkan radang. Pada anak-anak, ini mungkin merupakan respon setelah infeksi dengan enterovirus, adenovirus atau Mycoplasma pneumoniae.

Epididimitis juga bisa disebabkan oleh operasi Genital-kemih, termasuk prostatektomi dan kateterisasi urin. Epididimitis kongestif merupakan komplikasi jangka panjang dari vasektomi. Epididimitis karena zat kimia mungkin juga akibat dari obat-obatan seperti amiodarone.

Diagnosis
Epididimitis akan sulit untuk membedakan dari torsi testis (kondisi ketika saluran spermatika ke kedua testis memotong suplai darah). Keduanya dapat terjadi pada waktu yang sama.

Epididimitis biasanya memiliki bentuk serangan bertahap. Pada pemeriksaan fisik, testis biasanya ditemukan berada dalam posisi normal vertikal, ukuran yang sama dengan pasangannya, dan tidak naik tinggi. Temuan khas adalah kemerahan, kehangatan dan pembengkakan skrotum, dengan kelembutan belakang testis, jauh dari tengah (ini adalah posisi normal dari epididimis relatif terhadap testis). The cremasteric reflex – jika itu normal sebelumnya – akan tetap terlihat normal. Ini adalah tanda yang berguna untuk membedakannya dari testicular torsion (torsi testis).

Analisis urin mungkin atau mungkin tidak normal. Sebelum munculnya teknik-teknik canggih pencitraan medis, eksplorasi bedah adalah standar perawatan. Saat ini, USG Doppler adalah tes yang lebih disukai. Hal ini dapat menunjukkan peningkatan aliran darah (juga dibandingkan dengan sisi normal), sebagai lawan dari torsi testis.

Pengujian tambahan mungkin diperlukan untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasari. Pada anak-anak, sebuah kelainan saluran kemih sering ditemukan. Pada pria aktif secara seksual, tes untuk penyakit menular seksual dapat dilakukan. Ini mungkin termasuk mikroskop dan pembiakan dari sampel urin, Gram stain dan pembiakan dari cairan atau swab dari saluran kencing, tes amplifikasi asam nuklir (untuk memperkuat dan mendeteksi DNA atau asam nukleat mikroba lainnya) atau tes untuk sifilis dan HIV.

Pengobatan
Antibiotik digunakan jika infeksi dicurigai. Perlakuan pilihan adalah azithromycin dan cefixime untuk mengobati gonorrhoeae dan klamidia. Fluoroquinolones digunakan jika terjadi perlawanan gonorrhoeae. Doxycycline mungkin digunakan sebagai alternatif untuk azithromycin.

Untuk kasus yang disebabkan oleh organisme enterik (seperti E. coli), ofloksasin atau levofloxacin direkomendasikan.

Pada anak-anak, floroquinolones dan doksisiklin sebaiknya dihindari. Bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih sering menjadi penyebab epididimitis pada anak, kotrimoksasol atau penisilin yang cocok (misalnya, sefaleksin) dapat digunakan. Jika ada penyakit menular seksual, pasangannya juga harus dirawat.

Perawatan di rumah seperti kompres dingin diterapkan secara teratur untuk skrotum yang dapat mengurangi rasa sakit. Obat penghilang rasa sakit atau obat anti-inflamasi sering diperlukan. Rawat Inap diindikasikan untuk kasus yang parah, dan check-up dapat memastikan infeksi telah dibersihkan. Operasi jarang diperlukan, kecuali, misalnya, dalam kasus langka di mana sebuah bentuk abses.

Komplikasi
Kebanyakan kasus dengan perawatan yang memadai tidak mengembangkan komplikasi dan tidak mengakibatkan infertilitas. Jika tidak diobati, epididimitis akut dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Ini termasuk epididimitis kronis, abses, kerusakan permanen, atau bahkan perusakan epididimis dan testis (yang mengakibatkan kemandulan dan / atau hipogonadisme), dan infeksi dapat menyebar pada organ lain atau sistem tubuh.

 

Baca juga:

Gonorrhea, gonore (GO)

Chlamydia, Klamidia

Escherichia_coli_O157:H7

 

Sumber: Wikipedia.

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

About these ads
  1. 7 Maret 2013 pukul 08:53

    It’s appropriate time to make some plans for the future and it’s time to be happy.
    I’ve learn this submit and if I may I wish to suggest you few interesting things or suggestions. Maybe you could write next articles regarding this article. I wish to learn more issues about it!

  2. 19 April 2013 pukul 22:29

    If some one wishes to be updated with latest technologies then he must be
    pay a quick visit this web site and be up to date every day.

  3. 23 Mei 2013 pukul 15:41

    I leave a response each time I appreciate a article on a website or I have something to contribute to the conversation.

    Usually it is a result of the sincerness communicated in the post I looked at.

    And after this article Epididymitis, Epididimitis | Pisangkipas’s Blog. I was actually moved enough to drop a thought :-) I actually do have a few questions for you if it’s okay.
    Could it be just me or does it look like a few of the comments come across as if they are written by brain dead
    individuals? :-P And, if you are posting on other online sites, I would like to keep up with everything fresh
    you have to post. Would you make a list the complete urls of your social pages like your Facebook
    page, twitter feed, or linkedin profile?

  4. 26 Agustus 2013 pukul 08:56

    For most recent news you have to go to see internet
    and on internet I found this site as a best
    site for latest updates.

  5. 1 September 2013 pukul 19:21

    Thank you a lot for sharing this with all folks you actually
    realize what you are talking about! Bookmarked. Kindly also discuss with my website =).
    We can have a link alternate agreement between us

  6. Anonymous
    8 September 2013 pukul 02:47

    thanks ..blog in mMbantu.qw mnyelesaikan tgas.qw

  7. webpage
    26 Desember 2013 pukul 11:03

    Currently it sounds like BlogEngine is the best blogging platform out there right now.
    (from what I’ve read) Is that what you’re using on your blog?

  8. 21 April 2014 pukul 11:14

    Ones facts also suggestions exceptionally nearby if you
    ask me. Thanks a lot exact a great deal before hand.
    Your erudition about this focus is a plus, I’m happy of
    which suggestions obtain. Thanks a lot once again!

  9. 16 Juli 2014 pukul 01:22

    Kapitalna wypowiedź. Właśnie takiej informacji
    szukałem. Przekażę tę witrynę przyjaciołom.
    Przyrzekam iż będę tu wchodził. Powodzenia w dalszym prowadzeniu.

  10. 20 Juli 2014 pukul 04:52

    Hey there are using WordPress for your blog platform? I’m
    new to the blog world but I’m trying to get started and create my own. Do you require any html coding knowledge
    to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!

  11. 3 Agustus 2014 pukul 07:45

    Its not my first time to pay a visit this website, i am
    browsing this web site dailly and take good facts from
    here daily.

  12. 9 Agustus 2014 pukul 16:28

    Great post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
    Extremely useful info particularly the final part :) I care for such information much.

    I was looking for this certain info for a very long time.
    Thank you and best of luck.

  13. 1 September 2014 pukul 05:48

    After exploring a few of the articles on your blog, I truly like your technique of writing a blog.
    I saved it to my bookmark site list and will be
    checking back in the near future. Please check out my web site as well
    and tell me your opinion.

  14. 2 September 2014 pukul 15:11

    Hi there i am kavin, its my first occasion to commenting anyplace, when i read
    this article i thought i could also make comment due to this good paragraph.

  15. 4 September 2014 pukul 08:47

    I was excited to discover this page. I want to to thank you for
    your time for this fantastic read!! I definitely really liked every bit
    of it and I have you saved to fav to see new stuff on your web site.

  16. 6 September 2014 pukul 02:23

    It’s remarkable to go to see this website and reading the views of all colleagues about this article, while I am also keen of
    getting familiarity.

  17. 4 Oktober 2014 pukul 09:16

    This is really interesting, You are a very skilled blogger.
    I have joined your rss feed and look forward to seeking more of
    your fantastic post. Also, I’ve shared your web site in my
    social networks!

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.143 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: