Beranda > Penyakit fisik > Pseudomonas aeruginosa

Pseudomonas aeruginosa

Pseudomonas aeruginosa merupakan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia. Hal ini ditemukan dalam tanah, air, flora di kulit dan sebagian besar lingkungan manusia di seluruh dunia. Ia tidak hanya berkembang di atmosfir biasa, tetapi juga dengan sedikit oksigen. Selain itu, kuman ini dapat menggunakan berbagai bahan organik untuk makanan kita sehari-hari sebagai tempat hidupnya; termasuk juga dapat hidup pada hewan, yang memungkinkan fleksibilitas organisme ini untuk menulari sel-sel rusak atau orang dengan kekebalan tubuh yang rendah. Gejala-gejala infeksinya berupa  peradangan dan keracunan darah. Jika kolonisasi terjadi di organ tubuh penting seperti paru-paru, saluran kencing, dan ginjal, hasilnya bisa fatal. Bakteri ini  berkembang di permukaan yang lembab, termasuk di dalam dan pada permukaan peralatan medis seperti kateter. Hal ini  menyebabkan terjadinya lintas infeksi di rumah sakit dan klinik.

Identifikasi
Bakteri ini merupakan jenis spesies dari genus Pseudomonas, gram-negatif, aerobik, bakteri berbentuk batang dengan  unipolar motility. Sebuah patogen oportunistik pada manusia, P. aeruginosa juga merupakan patogen oportunistik pada tanaman.

Identifikasi klinis definitif   P. aeruginosa sering memasukkan identifikasi produk pyocyanin dan fluorescein, serta kemampuannya untuk tumbuh pada suhu 42 ° C. P. aeruginosa mampu tumbuh pada bahan bakar diesel dan jet. Microbial ini bisa menyebabkan korosi.

Diagnosis
Tergantung pada sifat infeksi, contoh yang sesuai dikumpulkan dan dikirim ke laboratorium bakteriologi untuk identifikasi.

Pengobatan

P. aeruginosa secara alami tahan terhadap sebagian besar antibiotik dan dapat menunjukkan perlawanan tambahan setelah pengobatan yang gagal, khususnya melalui modifikasi porin. Dalam hal ini biasanya harus dilakukan pengobatan yang sesuai dengan petunjuk sensitivitas laboratorium, daripada memilih sebuah antibiotik yang bersifat empirik. Jika antibiotik dimulai secara empirik, maka setiap upaya harus dilakukan untuk mendapatkan kultur, dan pilihan antibiotik yang digunakan harus melihat dulu  hasil kultur yang tersedia. Antibiotik yang mempunyai aktivitas terhadap P. aeruginosa meliputi:

  • Aminoglycosides (gentamicin, amikacin, tobramycin),
  • Quinolones (ciprofloxacin dan levofloxacin tetapi tidak moxifloxacin),
  • Cephalosporins (ceftazidime, cefepime, cefpirome, namun tidak cefuroxime, ceftriaxone, cefotaxime),
  • Ureidopenicillins dan carboxypenicillins (piperacillin, ticarcillin: P. aeruginosa adalah pada hakekatnya tahan terhadap semua penicilin),
  • Carbapenems (meropenem, imipenem, doripenem, namun tidak ertapenem),
  • Polymyxins (polymyxin B dan colistin), dan
  • Monobactams (aztreonam).

Antibiotik ini semua harus diberikan melalui suntikan, dengan pengecualian pada fluoroquinolones dan aerosolized tobramycin. Untuk alasan ini, di beberapa rumah sakit, penggunaan fluoroquinolone harus dibatasi untuk menghindari perkembangan resistensi pada P. aeruginosa. Pada situasi langka yaitu infeksi yang terbatas (misalnya, infeksi telinga atau infeksi kuku), topical gentamicin dan colistin dapat digunakan.

Ada beberapa penelitian telah sukses dengan merawat tikus dengan phage therapy, meningkatkan nilai hidup dari 6% menjadi 22-87%.

Pencegahan

Medical-grade honey (?) dapat mengurangi kolonisasi banyak patogen termasuk Pseudomonas aeruginosa. Profilaksis probiotic mungkin dapat mencegah atau menunda infeksi pseudomonas (hal ini khususnya dilakukan pada ICU). Immunoprophylaxis melawan pseudomonas sedang diteliti.

Sumber: Wikipedia.

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.

About these ads
  1. 25 April 2010 pukul 18:12

    Bough, the stinker to get acquainted for debauchery :)) my tel: +38.093.5383492 Call to me right now or “sms” :))

  2. 25 April 2010 pukul 23:47

    Substantially, the post is really the best on this laudable topic. I harmonise with your conclusions and will eagerly look forward to your next updates. Just saying thanks will not just be adequate, for the great lucidity in your writing. I will right away grab your rss feed to stay privy of any updates. Admirable [url=http://pspgo.info/favorites.html]internet[/url] work and much success in your business efforts!

    • pisangkipas
      26 April 2010 pukul 13:51

      Thank you have visited this blog..

  3. 26 April 2010 pukul 12:07

    Bonjour

    I just wanted to say hi :)

    • pisangkipas
      26 April 2010 pukul 13:55

      hi too :) Thank you have visited this blog.

  4. 5 Agustus 2013 pukul 03:01

    Thank you for the auspicious writeup. It in fact was
    a amusement account it. Look advanced to more added agreeable from you!

    However, how could we communicate?

  1. 25 November 2013 pukul 10:07

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.144 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: