Beranda > Penyakit fisik > Syphilis, sipilis

Syphilis, sipilis

Penyakit ini tergolong penyakit tua, ada yang mengatakan bahwa penyakit ini dibawa oleh Columbus dari ‘dunia baru’ (mungkin maksudnya Amerika) yang beriklim tropis ke benua Eropa. Kekebalan tubuh orang Eropa terhadap penyakit baru ini lemah bahkan hampir tidak ada karena pada masa itu, penyakit ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual. Berpindah dari satu orang ke orang lain yang melakukan kontak seksual, jadilah penyakit ini wabah lebih-lebih jika tidak menggunakan kondom sebagai pelindung. Rute penularan sipilis juga melalui transmisi dari ibu ke anak dalam uterus, tapi kasus ini sangat jarang terjadi.

Sipilis atau sifilis disebabkan oleh  bakteri pirochetal  Treponema pallidum subspecies pallidum karena merupakan bagian jenis bakteri Treponema pallidum yang berbentuk spiral *.   Tanda-tanda dan gejala sipilis sangat banyak sehingga kadang mirip dengan penyakit lainnya; sebelum kedatangan dari pengujian serologi, diagnosa yang tepat sangat sulit dilakukan.

Syphilis umumnya dapat diperlakukan dengan antibiotik, termasuk penisilin. Salah satu yang paling tua dan yang paling efektif adalah metode suntikan intramuscular dari benzathine penisilin. Jika tidak cepat ditangani, sipilis dapat merusak jantung, aorta, otak, mata, dan tulang. Dalam beberapa kasus, efek ini bisa fatal.

Sipilis pada mulut

Gejala
Perlu kita pelajari gejala yang timbul karena jika seorang dokter tidak menanyakan dari seorang pasien tentang gejala dan proses yang terlihat pada tubuhnya bisa jadi dokter akan salah diagnosis.

Tahap pertama terjadi 9-10 hari (kira-kira 21 hari) setelah terinfeksi/terpajan yaitu timbul luka/lesi yang tidak nyeri di penis, bibir kemaluan atau leher rahim. Pada tahap ini bakteri mengalami masa inkubasinya. Bandingkan luka pada sipilis dengan Chancroid.

Tahap kedua terjadi 1-6 bulan setelah terinfeksi. Cirinya yaitu timbulnya kelainan kulit bercak kemerahan tidak gatal, terutama pada telapak tangan dan kaki. Timbul pembesaran kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Kadangbisa juga berupa kutil di sekitar alat kelamin dan anus.

Tahap ketiga atau sipilis laten, tahap ini berbahaya karena tidak terdetaksi dari luar tubuh. Infeksi menyerang bagian tubuh dalam. Hanya dengan pemeriksaan darah sajalah sipilis bisa terdeteksi.

Tahap keempat, timbul 5-30 tahun setelah tahap sipilis II. Pada tahap ini sipilis menetap dan merusak organ-organ tubuh penting pembuluh darah dan jantung, serabut saraf, sumsum tulang belakang, dan otak.

Tahap kelima, ini merupakan tahap komplikasi pada sistem syraf tetapi ini jarang ditemui kecuali pada pengidap HIV, baca penjelasannya di sini: neurosyphilis.

Penyakit sipilis dapat dideteksi di laboratorium dengan mengecek pada darah apakah terdapat antibodi bakteri ini. Antibodi ini bersifat abadi bahkan jika penyakitnya sudah bisa disembuhkan, antiodi ini akan tetap terlihat pada bacaan mikroskop khusus. Saat ini di Indonesia, pada hampir semua Puskesmas sudah terdapat protap (prosedur tetap) penanganan sipilis, namun untuk penelitian atau tes laboratorium hanya dapat dilakukan di kota. Sehingga perlu pengiriman sampel darah ke laboratorium dan itu memerlukan waktu yang cukup lama.

Pengobatan
Untuk pembaca umum, jangan coba beli obat sendiri tanpa resep dokter karena bisa membuat kuman resisten (kebal) terhadap obat. Harap ditanyakan pada dokter/medis yang berkompeten, untuk dokter/medis yang ingin mempelajari bisa dicek di alamat Wikipedia (paling bawah) yang sudah diberi link ke alamat bersangkutan (tampaknya masih diperlukan tambahan literatur).

Pencegahan
Sipilis ditularkan melalui hubungan penetrasi seksual, sehingga penggunaan kondom dianjurkan dalam hal ini. Lebih baik menghindarkan diri dari hubungan seksual berganti-ganti pasangan.

Baca juga:

- Bartholin’s cyst, Bartolinitis

Sumber: arsip materi penyuluhan pribadi, Wikipedia.org, dan Grup Diskusi: AIDS Indonesia – Friendster.com.

—————
Catatan kaki:
* Treponematoses adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri spirochete spesies dari Treponema.  Selain Sifilis, kelompok ini mencakup:
  1. Yaws (patek) adalah penyakit tropis ditandai dengan infeksi kulit, tulang dan sendi; hal itu disebabkan oleh Treponema pallidum subspesies pertenue.
  2. Pinta – disebabkan oleh Treponema pallidum subspesies carateum.
  3. Bejel – disebabkan oleh Treponema pallidum subspesies endemicum.

 

Obat Propolis mengobati berbagai penyakit klik di sini untuk info lebih lanjut


Pic Source : Photobucket.com.

Semua isi artikel ini hanyalah merupakan informasi untuk menambah pengetahuan, diagnosa dan obat untuk menyembuhkan penyakit terkait dengan artikel ini HARUS dikonsultasikan kepada dokter sesuai bidangnya terlebih dahulu.
About these ads
  1. 13 September 2009 pukul 05:10

    jangan menyerah buat yang kena sipilis, ayo berobat, jangan berhubungan seks sebelum nikah

    • toto
      12 Mei 2011 pukul 20:30

      mohon bantuan yah………
      saya kalw kencing sakit tpi tidak keluar nanah apakah itu gejala spilis….???

  2. 29 September 2009 pukul 07:09

    Saya pernah melakukan free sex..tapi tidak pernah kena PMS..
    setelah lama tau2 waktu mau kencing,ujung dr penis rasanya perih tapi tdk keluar nanah..saya bw kedokter,disuntik dan diberi obat antibiotik langsung sembuh…nah selang 2bln kondisi badan kurang fit..ada luka di penis dibagian kepala agak perih,apakah penyakitnya kambuh lagi?mohon bantuanya

    • revan
      11 Juli 2011 pukul 14:19

      saya dulu pernah kena siplis,,wktu kencing perih&keluar nanah dan saya lngsung kedokter dsntik trus dkasih obt mkn,&setelah berobat bsoknya alhmdulillh ngk lagi,,yg saya takutin penyakit sipls bisa kambuh lagi ngk dok,,??
      sbb dulu kejadiannya 1 thun lalu,,,
      tlong djawab dok,,,thx

    • Anonymous
      25 Mei 2012 pukul 16:13

      M’f dok sya mw nanya dok,, sya pernah brubungan sex 1x dok tp stelah 3blan pnis sya baek2 aja dok,, trus udh 3bln yg lwat it tba2 buang air skit bngt perih trus kluar lendir2 smacam sperma encer it nempel d clana dlm sya dok trus sya biarin aj trus 1 mnggu nya udh gk ad lg kluar lendir nya,,tp ujung pnis saya lama klamak an kyk nya ujungnya lembek sehingga buang air kcil jd ksamping ptama kluar it,,trus buang air warnanya kuning dan lubangnya besar dr sbelumnya biasa sblumnya buang air tembakanya jwuh skrng dkat aj,,trus pinggang trasa ngri2 di bwah pusan ad rasa2 ngri jg,,tp udh syg coba ke raburatorium di rmh skit tentara ktnya asil tes darah bagus,,kira2 pnyakit ap yg sdang sya drita ini dok? Mohon bantuan nya dok,,dan kusus da erah ibukota jkt dkat mna rmh skit spesialis klamin dok?

    • Anonymous
      9 Maret 2013 pukul 18:23

      Ya sipilis itu

    • Anonymous
      9 Maret 2013 pukul 18:25

      Sipilis itu

  3. pisangkipas
    29 September 2009 pukul 07:31

    @845uk1: Waktu periksa ke dokter pertama kali apakah dokter bilang itu sipilis? Kalau memang sipilis dan dokter memberikan antibiotik yg memang untuk mengobati sipilis maka kemungkinan besar sipilisnya memang udah disembuhkan (dengan catatan dokternya mengikuti juklak penanganan sipilis). Saya sarankan coba ke dokter spesialis kelamin untuk pengecekan lagi, sesungguhnya penyakit kelamin yang menimbulkan luka bukan hanya sipilis, ada juga chancroid dan herpes. Mudah-mudahan dokter anda tidak salah diagnosa, coba cek dengan dokter yang berbeda jika luka anda tidak juga kunjung sembuh.

    • Anonymous
      15 Maret 2010 pukul 14:23

      s

  4. 1 Oktober 2009 pukul 18:01

    apa gejalanya seperti rasa panas disekitar buah zakar? dan rasa gatal juga? setelah dilakukan pengecekan tidak ada luka. tolong informasinya..

    • pisangkipas
      23 Februari 2010 pukul 01:27

      kalau tidak ada luka berarti bukan sipilis, kalau rasa panas dan gatal: coba lakukan pembersihan rambut kemaluan dan sering-seringlah mengganti celana dalam, juga pakai celana dalam yang tidak terlalu ketat.

  5. 19 Oktober 2009 pukul 05:18

    wah bahaya…..

  6. Dev
    2 Desember 2009 pukul 14:56

    Duh jadi takut ney. Binun harus apa. Yg jelas kalu pipis terasa panas. Trus ada kuning2 di cd.

  7. BunnY
    4 Januari 2010 pukul 18:55

    mo tanya dunk saya sudah tertular 3 thn apa masih bisa sembuh gmn ya caranya thx.

    • pisangkipas
      6 Januari 2010 pukul 11:23

      udah ke dokter? biasanya dokter di tingkat puskesmas saja bisa kok menangani. Namun kalo sudah sampai 3 tahun, saya sarankan ke dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin krn kemungkinan sipilisnya sudah menyebar (mudah2an daya tahan tubuh anda cukup kuat untuk menahannya).

  8. kagetbanget
    15 Januari 2010 pukul 01:56

    apa sipilis timbul bercak di telapak bisa gatal? kalo sudah sampai tahap ke 2, bercak di telapak, apa bisa di sembuhkan atau bakal sampai ke tahap iv? thx

    • pisangkipas
      15 Januari 2010 pukul 10:01

      Apa anda yakin kalau itu sipilis? sudah cek di lab dan dokter untuk memastikan itu sipilis? Tak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan, usaha dulu ke dokter, kalo dokter gak bisa nyembuhin dengan obat-obatan yang ada cobalah untuk menggunakan terapi lain seperti obat herbal, dll.

  9. asep
    16 Januari 2010 pukul 08:11

    kalau obat spilis ada nga di apotik,dan untuk pola makanan nya apa aja sih yg bisa lebih baik.dan mkn apa aja yg nga blh.terimksh tlg dong….di jawab

    • pisangkipas
      16 Januari 2010 pukul 08:34

      ada, tapi belinya harus dengan resep dokter. Pantangannya: jangan makan durian kalo lagi gak musim durian soalnya mahal.. :) Tidak ada pantangannya kecuali jika ada organ tubuh anda yang sudah rusak karena penyakit ini.

  10. ners
    20 Februari 2010 pukul 09:19

    beberapa bulan yang lalu,, ada luka lecet d sekitar batang penis aku,, tapi aku abaikan aja..

    tapi, baru2 ini aku dapatkan 3 benjolan pada glans/kepala penis aku…

    kalau mandi,luka itu terasa perihhh….
    sekitar penis, terasa gatal2

    telapak tangan & kaki aku pun muncul tonjolan semacam caar air, n rasanya sangat gatall..

    aku belum ke dokter.. karena malu dengan penyakit ini..

    mohon sarannya..

  11. Kodok ngorex
    22 Februari 2010 pukul 07:25

    Saya mau tanya pada siapa aja yang baca nch tulisan terutama buat yang paham tentang penyakit spilis… Bbrapa waktu lalu saya mlkukan hbngn bdn sma pacar saya tanpa pengaman,dan 4 hari kmudian penis saya trasa sakit saat di pegang dan pada saat pipis… Yang anehnya di lubang penis saya ngluarin cairan putih aga kntal sejenis nanah apakah ini penyakit spilis?! Apa obat yang tepat buat pnyakit itu? Tolong kasih solusinya ya…

    • pisangkipas
      23 Februari 2010 pukul 01:29

      kemungkinan itu penyakit gonore, secepatnya ke dokter ya untuk diobati. Penyakit ini cepat kok bisa disembuhkan.

    • Anonymous
      13 Maret 2014 pukul 10:25

      jangan salah paham seharusnya bisa membedakan penyakit kelamin keluar nanah dari penis orang bilang sipilis tapi apakah tau penyakit kelamin gonorea itu juga keluar nanah dari penis sipilis pun sama juga lebih baik pergi ke dikter jangan malu malu untuk konsultan penyakit kelamin kalau malu akan rugi sendiri

  12. Kodok ngorex
    23 Februari 2010 pukul 06:10

    @pisangkipas: kalau pake amoxcilin yang 500mg sembuh ga ya kira2? Cz aga tengsin juga sich kalau crita ke dokter he he he(dies) apakah pnyakit yang saya drita itu sejenis spilis?

    • pisangkipas
      25 Februari 2010 pukul 16:09

      Masalahnya, kalau kita tidak tahu persis itu penyakit apa maka kita tidak akan tahu obatnya apa. Lain penyakit lain pula obatnya, jadi tidak bisa dihantam obat asal saja. Mungkin saja penyakit anda akan dapat disembuhkan [sementara] dengan amoxicilin tapi darimana anda akan tahu kalau penyakitnya sudah hilang dari sekitar penis anda tanpa pemeriksaan lab? Nah kalo mau periksa ke lab harus ke dokter dulu. Saya sarankan sebaiknya anda ke dokter spesialis, memang lebih mahal ketimbang dokter di puskesmas (biasanya di puskesmas sudah punya standar penanganan penyakit kelamin yg umum – GO dan sipilis), tapi setidaknya kalau ke dokter spesialis akan lebih sedikit orang yg tahu. Penyakit GO yang mungkin anda derita merupakan penyakit yang umum diderita, jadi jangan malu datang ke dokter – lebih cepat ditangani lebih baik ketimbang ntar menyebar ke bagian tubuh yang lain lho..

  13. Daun Kering
    25 Februari 2010 pukul 10:15

    Ada tonjolan d kepala penis saya.. Apakah ini siphilis.?

    Apakah bisa sembuh tanpa ke dokter.?

    • pisangkipas
      25 Februari 2010 pukul 16:12

      Maaf, apa anda pernah melakukan hubungan seks bebas? Kalau tidak, maka itu kemungkinan bukan penyakit seksual melainkan jerawat/bisul yang salah tempat :) Bisulnya bentuknya bagaimana? apa ada cekungan luka di tengahnya? Untuk memastikan, tidak ada salahnya anda ke dokter.

      • daun kering
        4 Maret 2010 pukul 02:06

        @. aku tidak pernah melakukan hub. sex,, jangankan hub. sex ciuman saja aku tak pernah.. (tapi sering melakukan onani) apakah onani saja bisa menimbulkan siphilis.??

        @. awalnya tonjolannya cuman sedikit., tapi makin banyak,, dan rasanya sangat gatalll… di bokong aku juga udah timbul.. di skrotum juga ada,, hingga ke lengan tangan saya pun ada mirip gigitan nyamuk…

      • pisangkipas
        9 Maret 2010 pukul 00:48

        kalau tidak pernah melakukan hubungan seks, itu artinya anda tidak terkena sipilis. onani tidak bisa menimbulkan sipilis. Saya sarankan supaya anda memulai dengan kebersihnan kulit + cukur bersih semua rambut kemaluan, sering2lah mengganti celana dalam. coba itu dulu. jangan bergantian handuk dengan orang lain. Kasur sering2 dijemur. Mungkin itu scabies, kutu/tungau yang biasanya sembunyi di kasur dan pakaian.

    • joko
      30 Mei 2010 pukul 01:44

      pacar sysudah pernah berhubungan dengan mantannya
      setahun kemudian dengan saya dan terjadi sering tapi 98% menggunakan pengaman
      sekarang dia blang ke sy kena syfilis tapi sy ga knapa2 sih
      dan kira2 ada dkter mana yg cocok untuk menangani penyakit ini mohon infonya trims

      • pisangkipas
        30 Mei 2010 pukul 04:13

        ke dokter spesialis kulit dan kelamin. tapi biasanya ada beberapa puskesmas yg bisa menangani kasus sipilis.

  14. Rendy
    3 Maret 2010 pukul 11:48

    Slain gejala2 yg d sebut kan.. Ada kah gejala laen.. Spt kepala sakit spt terkena flu trz d bagian bwh perut sakit.. Trz penis jd warna kehitam2an?

    • pisangkipas
      9 Maret 2010 pukul 00:41

      @Rendy: gejala-gejala yang disebutkan pada artikel tersebut adalah gejala umum sipilis. Nah gejala yang anda sebutkan sperti kepala sakit dan penis warna kehitaman bukan termasuk gejala sipilis, bisa saja itu gejala penyakit lainnya. Kalau anda tidak merasa pernah melakukan hubungan seksual dengan orang lain, itu artinya anda tidak terkena sipilis karena sipilis adalah penyakit menular antar manusia.

  15. Mr.Xx
    15 Maret 2010 pukul 17:42

    Bro mau tanya, beberap hari ni penis gw mengeluarkan cairan pth dan kalau kencing kadang2 skit dan kadang2 jg g skit. Truz kencingnya truz menerus tp gw jg bnyak minum air puth. Truz gw cek disekitar penis gw ndak ada bekas luka.

    Itw td merupkan gejala sipilis tdk? Tlg sarannya.

    • pisangkipas
      16 Maret 2010 pukul 02:00

      kalo cairannya berwarna putih kental dan disertai perih sesudah kencing kencing itu bisa jadi tanda kena gonore. Kalau cairannya putih tapi agak bening dan tidak begitu nyeri (kadang tidak nyeri sama sekali) itu bisa karena klamidia. 22nya ditularkan melalui hub seks (tapi untuk pastinya cek di lab). Klamidia kalau dibiarkan bisa menimbulkan kemandulan – secepatnya diobati. Klik di sini untuk cek Chlamydia, Klamidia

      • Anonymous
        20 Maret 2010 pukul 04:47

        w jg lok abis kencing ngluarin cairan gt..
        bahaya g y??
        truz bisa sembuh g lok g di obatin???????

  16. Mr.Xx
    17 Maret 2010 pukul 00:12

    Kalau klamidia it bs sembuh tdk bro?

    • pisangkipas
      17 Maret 2010 pukul 00:30

      klamidia bisa disembuhkan, lebih cepat ke dokter lebih baik. Tidak perlu malu ke dokter. Lain kali pake pengaman ya bro.

  17. hendra irawan
    18 Maret 2010 pukul 02:35

    saya mau tanya ; sudah hampir 2 tahun saya kalau buang air kecil ter’sendat2 atau tidak lancar.truz baru2 ini hampir sebulan dr kemaluan saya keluar seperti cairan agak putih kental dan lengket… dan kencing saya masih saja tidak lancar.. kira2 sy kena penyakit apa ya?
    trims…

  18. pisangkipas
    18 Maret 2010 pukul 05:45

    Jika anda tidak merasa melakukan hubungan seks beresiko (berganti-ganti pasangan dan tidak memakai kondom) maka kemungkinan anda terkena batu ginjal. Batu ginjal bisa terbentuk di dalam saluran kemih (kalkulus uriner), ginjal dan kandung kemih. Ini berbentuk semacam batu kecil akibat penumpukan kalsium atau/dan asam urat. efeknya bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi (cairan putih/nanah mungkin akibat infeksi bakteri yang tertahan di kandung/saluran kemih).

    perbanyaklah minum air putih (minimal 10 gelas perhari) dan sementara hindari makan daging2an. Sementara itu, jika masih sakit, periksakan ke dokter.

    • Anonymous
      7 Maret 2012 pukul 15:17

      Saya 2 tahun yang lalu pernah tertular, saya obati dengan minum supertetra dan kasul dumex, dan saya cuci penis dengan abotyl, dan sembuh,. Tetapi mengapa baru2 ini saya keluar kencing nanah lagi, tapi tidak ada rasa nyeri, gatal, atau panas, apakah sipilis bisa kambuh lagi ? Dan apakah yang saya alami sekarang sipilis juga ? Mohon infonya

  19. Slephnir
    20 Maret 2010 pukul 03:13

    Mau nanya… sekitar 3 hari yang lalu penis saya terasa nyeri, saya kira karena terlalu banyak melakukan hubungan sex dengan pacar saya, sampai saking nyerinya saya hentikan sementara aktivitas hubungan sex itu.
    hari ini saat bangun pagi saya baru sadar kalau di ujung penis saya terdapat benjolan putih sejenis jerawat (memang jerawat) yang ada di wajah, berukuran kecil, dan jika saya tekan hingga pecah akan keluar cairan putih (pokoknya sama seperti jerawat pada wajah) dan saat buang air kecil terasa nyeri pula…
    apa penyebanya ya? saya bingung harus bagaimana, takut apabila saya mengidap penyakit yang di seperti disebutkan di atas. mohon sarannya.

    • pisangkipas
      20 Maret 2010 pukul 04:20

      Kalau melihat gejalanya, bisa jadi itu Chancroid (ulkus mole), biasanya luka yang ada akan menimbulkan rasa nyeri (sedangkan pada sipilis biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri). Coba periksakan ke dokter spesialis kelamin, supaya cepat diobati. Jika anda positif terkena IMS, jangan lupa pacar anda juga diobati. Tidak perlu mempertanyakan darimana penyakit itu datang, yang penting bagaimana ke depannya supaya ini tidak terjadi lagi.

  20. Slephnir
    20 Maret 2010 pukul 05:35

    terimakasih atas saranya saya akan coba jalankan…

  21. Anonymous
    20 Maret 2010 pukul 10:24

    mau tanya nich
    udah 2 hari ini saya kalo abiz kencing ngluarin cairan agak kental gitu…
    n salalu pingin kencing ja…
    knp y???
    n bahaya g??
    tolong bantu y…..

    • pisangkipas
      20 Maret 2010 pukul 11:39

      apa ya? saya juga bingung soalnya anda tidak bilang apa sebelumnya ada pernah melakukan hubungan seks dengan orang lain. Kemungkinannya banyak, warnanya apa? nyeri saat kencing? kalo tidak pernah melakukan hubungan seks berarti kemungkinan anda tidak terkena penyakit seksual.

  22. Labi@
    24 Maret 2010 pukul 10:21

    bro tgl 10/03 10 sy main ke PSK, tgl 17/18 uretra saya gatal dan mengeluarkan cairan agak bening.tgl 20 saya ke dok kelamin dan diberi obat tiamphinacol 500 mg 14 tablet hari 1 dimakan 5 tablet, selebihnya 3X1 hari dan ditambah doxyccycline 100 untuk 7 hari.apakah obat itu pas dok, kata dr tsb saya klamidia?? trims jawabannya
    sampai hr ini memang nyerinya berkurang ttp cairan/bercak masih ada dok.

  23. pisangkipas
    24 Maret 2010 pukul 10:45

    Pertama, saya bukan dokter, panggil sj bro (kbetulan sy perna kerja di LSM yg nangani ‘beginiin’). Kedua, klihatannya penyakitmu itu memang klamidia karena cairannya cenderung bening, kalau cairannya putih susu agak kental itu namanya gonore. tiamphinacol dan doxyccycline adalah antibiotik yg biasanya untuk mengobati klamidia. doxyccycline jg bs dipakai utk ngobatin sipilis. Teruskan minum obat tsb dan habiskan obatnya ya bro walaupun gejalanya sudah tidak ada, ntar kalo obatnya gak sampai habis semua bisa2 kumannya gak mati tuntas.

    • Labi@
      24 Maret 2010 pukul 12:38

      mkasih bro, saya jadi lega mudah@an ini bisa sembuh…
      do’a kan ya bro, mudah2 an ini jadi pelajaran seumur hidup buat sy..
      dan smoga kehadiran blog ini bisa membantu tmen2 lain.

      • pisangkipas
        24 Maret 2010 pukul 15:01

        makasih jg udah mampir

  24. rychi
    27 Maret 2010 pukul 18:43

    doxyccycline bisa buat sipilis juga ya?kalo LOVEQUEN?

    • pisangkipas
      28 Maret 2010 pukul 03:03

      Ya, doxyccycline bisa dipakai untuk pengobatan sipilis. Lovequin (Levaquin) adalah nama dagang untuk anti bakteri yang bekerja dengan menghambat replikasi dan transkripsi DNA bakteri. Obat ini aktif terhadap hampir semua bakteri (gram positif maupun negatif, termasuk juga pada yang anaerob), biasanya dipakai pada Chlamydia trachomatis, E. coli, gonore, dan mycoplasma pneumonia, dll. Obat ini adalah obat ‘keras’ yang digunakan pada kasus parah.

      Umumnya obat sipilis adalah penisilin. Lovequin mungkin bisa digunakan untuk sipilis karena bersifat antibakteri. Biasanya dokter tidak meresepkan obat ini sebelum antibiotik lain digunakan karena bisa menyebabkan keracunan (khususnya pada jantung) jika tidak menggunakan takaran yang semestinya. Saya sarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

  25. x-zone
    8 April 2010 pukul 12:06

    seminggu yg lalu sy berhubungan seks dng psk..stlh 2hr kemaluan sy mengeluarkan cairan kental berwarna putih..dan sering juga mengeluarkan cairan putih bening seperti cairan semen..tetapi sy tidak merasakan sakit sama sekali dan tidak ada luka disekitar kemaluan saya..kira2 sy mengidap penyakit kelamin apa bro..obat apa yg tepat untk mengobatinya..? Trimss

    • pisangkipas
      8 April 2010 pukul 13:25

      @x-zone: jika setelah kencing terasa sakit di saluran uretra (kencing) maka itu kemungkinan terkena gonore. Coba konsultasi ke dokter kelamin biar diobati.

      • Anonymous
        28 Oktober 2012 pukul 19:25

        Apakah gonore bisa sembuh

  26. x-zone
    9 April 2010 pukul 03:11

    td pagi sy baru merasakan perih diujung saluran kencing bro…apa obat yg mujarab buat ngobatin penyakitnya bro

    • pisangkipas
      9 April 2010 pukul 06:50

      kalo pagi2 sakit diujung saluran kencing bisa jadi mungkin semaleman kamu nahanin kencing (gak ada kaitan dengan penyakit), atau karena penis anda terlalu tegang (umumnya penis pria pada pagi hari-bangun tidur tegang). Kita hrs bs membedakan antara gejala penyakit kelamin dengan keluhan umum. Masalahnya, bisa jadi itu klamidia atau gonore, atau kuman lain.

      Nah, untuk mengetahui obatnya apa ya harus tau penyakitnya apa, untuk mengetahui penyakitnya apa ya harus didiagnosa dokter dan (kadang perlu) tes laboratorium. Kalo saudara asal tebak penyakit dan ngobatin sendiri maka penyakitnya gak akan sembuh.

      Cobalah ke dokter spesialis klamin atau puskesmas (biasanya ada pelayanan IMS). Maaf seribu maaf, saya tidak bisa meresepkan obat.

  27. x-zone
    9 April 2010 pukul 07:00

    td sy sudah berobat ke dokter dan kata dokter akibat dr kuman2 atau bakteri..sy diberi resep obat ciprofloxacin..apakah itu sejenis antibiotik yg bisa menyembuhkan gonroe atau klamida..

    • pisangkipas
      9 April 2010 pukul 11:15

      ciprofloxacin umumnya dipakai untuk mengobati gonore. Habiskan obatnya dan semoga cepat sembuh ya.

  28. x-zone
    9 April 2010 pukul 15:56

    trims broo atas saran dan informasinya…good luck broo

  29. joe
    10 April 2010 pukul 05:38

    Saya mau minta tanggapan teman2 nih..
    Sekitar 6 tahun yg silam di kepala penis saya terdapat gelembung2 bersisi air bening. Akan tetapi tidak menimbulkan rasa sakit.Sekitar 2 minggu yg lalu gelembung2 tuh hilang. Ssetelah itu kemaluan saya agak perih dan panas sampe sekarang.di kemaluan tidak terdapat luka,(karena ada teman bilang itu herpes saya sempat olesi dengan aciclovir salaep,, tapi tidak seembuh juga. Apa ya yg saya alami.. mungkin kah ini penyakit kelamin.. Mohon pencerahannya.

    • pisangkipas
      10 April 2010 pukul 12:59

      Jadi selama 6 tahun anda memiliki gelembung2 di kepala penis? Sudah ke dokter? Penyakit kelamin biasanya ditularkan melalui hubungan seksual, apakah anda merasa pernah pernah melakukan hubungan seks yang melibatkan penis anda? Jika tidak maka itu berarti anda tidak terkena IMS. Jika itu Herpes zoster maka awalnya memang gelembungnya berisi cairan berwarna bening kemudian lama kelamaan berubah menjadi abu2 (ini isinya darah).

      Coba cek macam-macam penyakit IMS, klik ini, mungkin ini dapat membantu.

      • joe
        11 April 2010 pukul 12:12

        saya belum pernah ke dokter.. yaa,, kurang lebih 6 tahun. gelembung tsb.. tapi baru beberapa hari panas dan perih,,ngak nentu,, kadang sembuh ngak ada sakit.
        Dalam watu dekat saya rencana akan konsultasi ke dokter.
        Makasih atas jawabannya,

  30. 16 April 2010 pukul 05:55

    istri ku ada semacam cenang atau melenting di bibir vagina kira2 itu apa?apakah gelaja spilis?

    • pisangkipas
      16 April 2010 pukul 15:08

      melenting itu kayak bisul ya? coba liat di sini: Molluscum Contagiosum Virus (MCV)

      • Anonymous
        1 Agustus 2013 pukul 18:04

        Bro, mau nanya doong.
        Aku beberapa hari yg lalu melakukan hubungan dgn psk
        Trus lusanya di kepala penis keluar jerawat (1saja) dan tidak sakit, di kantong zakar kadang gatal kadang tidak, trus perih di saluran kencing setelah buang air.
        Sdh ke dokter dan di beri obat starcef dan azomax.
        Gatal sdh hilang tp masih perih. Kira2 aku kena apa ya?

  31. cha2
    24 April 2010 pukul 16:27

    aku donor rutin di PMI. sekitar setahun yg lalu hasil lab menunjukkan kalo aku terkena siphilis. padahal selama ini belum pernah berhubungan dg lawan jenis.
    sudah tes lg (inin yg ketiga kalinya), hasilnya tetap positif. aku pengen tau, gimana penularannya ya?

    • pisangkipas
      25 April 2010 pukul 01:18

      Pertama: apakah lab tempat anda melakukan tes itu berbeda tempat? jika di tempat yang sama, coba di tempat lain karena mungkin ada kesalahan dalam prosedur lab.
      Kedua: Penularan sipilis itu secara sederhana adalah sentuhan atau kontak antar kulit: langsung dari luka kulit si penderita sipilis ke kulit orang lain yang sehat. Bisa juga dari luka kulit penderita kemudian dipegang/sentuh dengan tangan/telapak tangan si penderita kemudian tangan tersebut menyentuh orang lain yang sehat (ini harus berlangsung cepat karena bakterinya akan mati jika terlalu lama di tempat terbuka – khususnya yang kering).
      Ketiga: Penularan sipilis TIDAK bisa terjadi melalui perantaraan peralatan sehari-hari seperti handuk, peralatan makan, gagang pintu/telpon, dll.

  32. 4 Mei 2010 pukul 08:45

    Saya positif syphilis dari pacar pertama saya dan sekarang saya sudah menikah dengan orang lain. Saya sudah di obati pakai pinisilin tapi kenapa belum sembuh total ya. Padahal saya tidak pernah berhubungan sex dengan siapapun kecuali suami saya. 3 bln yg lalu ak cek lab dan hslnya msh positif VDRL 1:2 dan TPHA 1:3 lalu saya pergi ke Dokter kulit en kelamin, katanya tidak apa2 dan tidak perlu diterapi lagi jadi saya tdk di kasih obat. Katanya Titer di Indonesia 1:8 dan hsl lab aku sudah di bawah titer. Apakah itu artinya sdh sembuh? Jujur aja aku msh takut kalo ak hamil dan anakku akan cacat.
    Thanks before.

    • pisangkipas
      4 Mei 2010 pukul 12:00

      Sebelumnya saya ikut prihatin dengan kasus yang sis Erna alami; banyak kasus yang menunjukkan bahwa sipilis memang sulit diberantas dari dalam tubuh, lebih-lebih itu jika tidak tuntas pengobatannya sehingga ia menjadi kebal terhadap obat antibiotik. Ada juga yang karena memang itu sudah lama tidak diobati, dibiarkan bertahun-tahun sehingga kumannya menyebar ke mana-mana.

      Tes VDRL positip palsu/salah, dalam hal ini di tubuh sis mungkin tidak ada kuman sipilis melainkan kuman lain seperti adanya infeksi mononucleosis, malaria, hepatitis A, lupus, sindrom antibodi antifosfolipid, kusta, dan penyakit lainnya. Kadang-kadang kehamilan juga bisa menyebabkan hasil tes positip. Adanya bakteri flora normal (tidak berbahaya) yang hidup di saluran uretra luar juga bisa memunculkan hasil tes positip.

      Tes TPHA positip palsu juga bisa disebabkan adanya kuman lain seperti pasien dengan HIV, lepra, toxoplasmosis, Helicobacter pylori, riwayat penyalahgunaan obat, dan infeksi treponema nonsifilis (bejel, pinta, yaws).

      Jadi ada banyak kemungkinan (jika berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, ceritanya akan lebih panjang dan rumit), saya sarankan sis berpegang pada pendapat dokter sis saja, karena dia mengerti syarat ‘sembuh’ dan tidak. Jika secara medis anda telah dikatakan sembuh berarti itu tidak membahayakan tubuh anda dan tidak menular ke anak. Tidak ada salahnya anda mencoba ke dokter lain, mungkin dia ada solusi yang membuat anda lebih yakin.

    • 28 Juli 2011 pukul 02:06

      met pagi
      mba erna aslinya mana ? bandung alumni SMU Pasundan 1 Bandung ya ? yang kuliah jurusan ilmu pemerintahan bukan ?,sabar ya mba

  33. seric
    5 Mei 2010 pukul 14:07

    saya mau tanya nih, saya pernah berhubungan dengan PSK, tapi menggunakan kondom, setelah beberapa lama , muncul titik titik putih di kulit penis, sudah saya tanya dokter kelamin, katanya itu kelenjar minyak doang, tidak masalah katanya. tetapi ditubuh saya tiba tiba muncul seperti jerawat kecil, dan sekelilingnya merah, ada yang cuman bercak merah2 doang tanpa jerawat juga (3 mm diameternya). letaknya bervariasi, ada di dada, punggung dikit, di paha dan di kaki. saya sakit apa yah? atau cuman karena stress mikirin soal penyakit kelamin jadi kulit merah2 gini? thanks

    • pisangkipas
      5 Mei 2010 pukul 14:40

      bintilnya berwarna merah?

      • seric
        5 Mei 2010 pukul 14:51

        iya warna merah, apa perlu sama email fotonya?
        thanks,

  34. pisangkipas
    5 Mei 2010 pukul 15:32

    @seric: coba baca ini molluscum contagiosum virus, mudah-mudahan bisa bantu.

    • Anonymous
      5 Mei 2010 pukul 23:08

      ok, thanks ya atas infonya

  35. tuan B
    12 Mei 2010 pukul 13:30

    sekitar 2 minggu ini, setiap kencing terasa perih dan panas, tdk ada gjl atau tanda lain, apa ini gejala sipilis atau penyakit lain, dulu 2bln yg lalu saya memang pernah jjn, saya agak takut, bagaimana mengobatinya / mencegah karna banyak sekali obat antibiotik yg msh sy blm kenal, bgmn menentukan dokter yg berkomputen untuk mslh seperti ini.trim’s

    • pisangkipas
      12 Mei 2010 pukul 13:49

      Tampaknya itu gonore, sebaiknya anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diobati. Tetapi anda bisa coba datang ke puskesmas terdekat karena biasanya sudah ada protap penanganan gonore.

  36. hatenight
    16 Mei 2010 pukul 01:56

    saya mau nanya nih,ada i-mail kan mas pisang kipas..thx

  37. hatenight
    16 Mei 2010 pukul 01:58

    apa saya boleh tau i mail saudara pisang kipas
    coz saya ingin berkonsultasi tanpa lewat forum..thank’s

  38. kentus
    28 Mei 2010 pukul 18:03

    gini bro, di sekitar kepala “barang” gw ada bintik2 putih..uda lama banget gw kira itu biasa…bagian skrotum gw juga muncul kayak begituan
    emang itu sipilis bro?

    • pisangkipas
      29 Mei 2010 pukul 02:51

      bintik atau bintil putih? di kulit kamu yg lain ada gak?

      • kentus
        29 Mei 2010 pukul 05:48

        bintik” putih disekitar kepala
        ama kepala barang guwe kayak bersisik gitu
        uda 3 taonan lah

      • kentus
        29 Mei 2010 pukul 05:49

        kalo dikulit laen perna ada

      • pisangkipas
        29 Mei 2010 pukul 11:24

        hmm, ini penyakit kulit. Penyakit ini jenisnya banyak. Jika anda tdk pernah merasa melakukan hubungan seks bebas yg beresiko maka itu cuma penyakit kulit biasa dan penanganannya pada dokter kulit.

  39. kentus
    30 Mei 2010 pukul 06:17

    emang ciri- ciri fisik sipilis yg gampang diliat gimana bro?

    • pisangkipas
      30 Mei 2010 pukul 15:51

      awalnya muncul bintil kemudian pecah menjadi luka terbuka. luka ini menimbulkan rasa nyeri. luka ini akan menyebar.

  40. 30 Mei 2010 pukul 13:57

    apa salah satu ciri2 spilis terdpt luka bernanah di batang zakar?

    • pisangkipas
      30 Mei 2010 pukul 15:56

      pada sipilis biasanya lukanya agak kering.

      • kentus
        31 Mei 2010 pukul 08:12

        kalo misal kepala penis pucat, berbintil” putih, dan agak berkerut?

  41. togar
    8 Juni 2010 pukul 14:26

    di penis sya keluar semacam cairan sperti nanah gt bro,dan agk sedkt perih klo kencing,mank sy sdh prnh melakukahn hbngn sex..pa itu tnd2 sipilis bro?
    mhn bantuannya bro..

    • pisangkipas
      8 Juni 2010 pukul 18:36

      jika seperti nanah, dan saat anda kencing terasa sakit/perih sekali itu tanda anda terkena gonore (GO). Penyakit ini cepat bisa disembuhkan, cepet2 bawa ke dokter ya.

  42. rifky
    14 Juni 2010 pukul 08:49

    bro,,,di kantung skrotum ane ada bintil putih2 gt kyk jerawat,,,trs ane coba pencet emang keluar kyk kotoran putih v dikit doanx n jd nya berdarah jd luka v ga menyebar,,,kira2 knp yah,,,

    • pisangkipas
      15 Juni 2010 pukul 14:06

      sepertinya itu bisul biasa, kecuali kalo anda pernah ML dg org lain/berganti2 pasangan

  43. mr.xxxx
    14 Juni 2010 pukul 18:24

    bro,aq mau tanya, sekitar hampir 2 thn ini di sekitar selangkangan aq sering timbul bercak2 (lbh mirip panu, tp bisa agak tebal, dan agak berkerut2.)
    biasanya timbul kalau keringat agak banyak di selangkangan.. kalu udah kambuh, duh.. gateelll.. banget n kalau terlalu di garuk jd perih, krn kulit terkelopek..
    aq ingat ini terjadi awalnya krn aku B.A.B di kantor, trus stelah cebok dgn bersih, aku lgsg pake cln dlm, walau keadaan pusar kebawah agak basah.
    nah sejak itu aku sering kena gatel2, apalagi kalau dlm keadaan berkeringat stlh olahraga, tp kalau cepet2 mandi, gatalnya ga kambuh2 / ga dateng2.
    kalau kambuh aku sering olesi salep dari toko obat cina yg agak ada rasa dinginnya, gatel2ku cpt ilang. tp klo oleskan dgn canesten, obat anti jamur, dsb,gatelnya gak ilang2.. aku jd bingung bro..
    selama hidupku, aku ga pernah berhubungan intim dgn org lain selain istriku..
    dulu sewaktu kuliah pernah oral sex bbrp kali dgn pacar (tp bukan pacar yg jd istri), dan PSK.
    kira2 penyakit apa ya bro??
    dulu pernah berobat ke dokter, katanya infeksi, tp ga tau infeksi apa,, katanya gara2 gatal akibat keringa, lalu digaruk2 dan kena debu / kotoran di jln, akhirnya tambah parah..
    mhn informasinya ya bro.. dan mhn maaf jika terlalu panjang..
    terimakasih dan sukses selalu..

    • pisangkipas
      15 Juni 2010 pukul 14:19

      Itu infeksi jamur, saya tidak bisa menebak itu jamur apa soalnya harus pakai pemeriksaan lab. Sebagai informasi anda bisa membaca: Trichophyton rubrum dan Candidiasis.

      Kalau itu sebatas infeksi di kulit maka menandakan kekebalan tubuh anda bagus. Jika anda ke dokter kulit dan kelamin, bicara jujur saja kalau anda pernah melakukan hubungan seks atau tidak dengan orang lain sehingga dokter bisa memberi obat yang tepat.

      Itu saja sementara.

      • mr.xxxx
        16 Juni 2010 pukul 16:22

        yup, trmksh ya atas infonya bo..
        alhmdlh selama hidup saya, saya bln pernah (dan saya berdoa utk tidak pernah) sampai berhubungan intim dgn org lain selain istri saya..
        memang gatal ini hanya kambuh pd saat keringat berlebihan saja..
        dan dulu infeksi itu juga sudah diobati oleh dokter dan alhmdlh tdk pernah kambuh lagi..
        dan dokter juga telah memeriksa air seni saya. juga waktu itu sekalian saya mhn utk cek sperma, alhmdlh tdk ada apa2..
        trmksh ya atas infonya bro..
        mdh2an blog pisangkipas ini dapat lebih berguna utk tmn2 semua..
        sukses selalu utk bro..

  44. 29 Juni 2010 pukul 11:32

    bro,ane mo ty nih penis ane mengeluarkan cairan putih spt sprma dan nanah,and istri sy mengalami luka di vaginanya,padahal sy tdk pernah jajan atau berhubungan dgn wanita lain,sy jd bingung and takut klo2 ini penyakit spilis kira obtnya apa ya tq bro

    • pisangkipas
      29 Juni 2010 pukul 19:46

      umumnya, penyakit kelamin yg menyebabkan munculnya cairan seperti nanah tadi yaitu gonore dan klamidia. sipilis tidak menyebabkan kemunculan cairan nanah dari saluran kencing melainkan menimbulkan luka2/bintil yang menyeruak di batang penis (mohon dibaca lagi artikel di atas).

      Luka pada vagina wanita banyak kemungkinannya, mungkin terlalu lama ‘gesek’nya, kurang licin vaginanya, terlalu dipaksakan padahal si wanita belum terangsang, dll. Bisa juga karena penyakit kelamin, namun ini menular, dalam artian bahwa salah satu dari anda mungkin dulu pernah melakukan hubungan seks dengan orang ketiga yg mungkin ‘memelihara’ penyakit menular seksual pada dirinya. Saya tidak merekomendasikan kpd anda untuk saling tuduh dg istri anda karena itu tidak perlu, yg diperlukan saat ini adalah mengobati penyakit ini sampai tuntas (dan tentunya anda berdua berkomitmen untuk selalu setia).

      Pergilah ke dokter kelamin, kalau bisa anda dan istri anda yg pergi ke sana spy anda berdua tdk mengidap penyakit yg mgkn itu tergolong IMS. Banyak yg menanyakan obat, tp saya tdk bs memberitahu obat jk penyakitnya sendiri tdk jelas, salah obat ntar malah penyakitnya gak hilang.

      Coba baca tentang IMS (infeksi menular seksual), mudah-mudahan ini membantu, tp yg penting secepatnya ke dokter ya.

  45. ceper
    5 Juli 2010 pukul 17:03

    saya brumur17thn sya blum prnh brhbngn sex tetpi sy mnglami gatal” disktr btang pnis, dn rzanya pnas, p bla sya garux, mngluarkan cairn pd lka dan rzaya perih,tp d sktr tbuh tdax d bnjoln, nafsu mkan sya nrmal pkah itu sipilis,dn p obt’y untx mnghlngkn pnykt sy ini mhon d jwab . Sblvmny trimksh

    • pisangkipas
      7 Juli 2010 pukul 08:32

      usahakan kondisi di dalam celana dalam tidak terlalu lembab misalnya dengan sering2 ganti clana dalam yg bersih, kalau anda sering melakukan onani dg menggunakan sabun usahakan untuk sementara dijarangkan spy lukanya sembuh dulu. sementara itu dulu dicoba.

  46. BiG
    8 Juli 2010 pukul 09:18

    beberapa bulan lalu di ujung kemaluan saya ada bintik berupa tonjolan lalu pecah keluar darah
    lalu setelah beberapa lama tonjolan itu hilang dan tidak sakit lagi
    tapi tiba” sekarang di kaki dan tangan saya ada bintik” berwarna merah seperti gigitan nyamuk
    seluruh sendi tulang terasa ngilu,demam,sakit di ujung dubur ketika buang air besar.
    akhirnya saya memberanikan diri konsultasi ke dokter spesialis kulit kelamin di dekat daerah rumah saya

    Hasil tes

    vdrl : negatif
    TPhA : negatif
    leukosit : 6.45
    hemoglobin :17,8

    saya bingung berarti saya kena penyakit apa ya

    • pisangkipas
      9 Juli 2010 pukul 19:30

      tes vdrl/tpha biasanya dipakai untuk mendiagnosa penyakit2 kelamin khususnya sipilis. Namun tes2 tersebut kadang memang positif dan negatif palsu, jadi sulit dijadikan acuan. Tetapi biasanya jika tpha positif maka dokter akan menyimpulkan bahwa anda terkena sipilis.

      Melihat gejala yg anda miliki, banyak kemungkinan, tapi sepertinya berada pada kisaran penyakit2 yg tergolong herpes, jika anda merasa berat badan berkurang, sering merasa lelah dan kadang demam itu kemungkinan karena Mononucleosis menular (ini bisa karena virus Epstein-Barr virus (EBV) – Herpes 4, hepatitis, atau toksoplasmosis).

      Ada baiknya jika anda coba tes hiv sekalian, mudah2an ini juga negatif. Coba baca artikel ini:

      Mononucleosis karena Epstein-Barr virus (EBV) – Herpes 4.

      Sementara itu dulu.

  47. endhi
    13 Juli 2010 pukul 01:22

    tunangan sya (laki2) tiba2 sering buang air kecil teruus.tpi pada saat buang air kecil selalu keluar darah walaupun cuman sedikit..apa itu termasuk tanda2 sipilis????
    terima kasih…..

    • pisangkipas
      13 Juli 2010 pukul 18:16

      itu bisa karena kerusakan ginjal, atau terjadi infeksi pada saluran kencing (ISK). Kanker prostat jg bisa mengakibatkan hal demikian, namun biasanya kanker ini menyerang pria usia lanjut.

      Gejala sipilis tidak seperti itu.

      Saran saya, coba banyak-banyak minum air putih, trus secepatnya ke dokter untuk memastikan itu penyakit apa. Jika terjadi kerusakan ginjal maka efeknya bisa mengakibatkan gagal ginjal.

      Sementara itu dulu.

  48. mis
    23 Juli 2010 pukul 07:04

    stlh brhub, 9 hr kmudian psngn mngalami sakit d kmaluan, mngeluarkn nanah dan mngalami ksakitan. smntr sy sndir smp st ini tdk mrskn skt / apapn shub dng yg d alami psngn sy, pdhl sy dktkn sbg yg mnularkn. mlh saat ini sy sdng mndpt menstruasi. mngp psngn mngalami hal sprt itu,mhn pnklsn. mksh

  49. Anonymous
    23 Juli 2010 pukul 07:09

    stlh brhub, 9 hr kmudian psngn mngalami sakit d kmaluan, mngeluarkn nanah dan mngalami ksakitan. smntr sy sndir smp st ini tdk mrskn skt / apapn shub dng yg d alami psngn sy, pdhl sy dktkn sbg yg mnularkn. mlh saat ini sy sdng mndpt menstruasi. mngp psngn mngalami hal sprt itu,mhn pnklsn. mksh

    • pisangkipas
      25 Juli 2010 pukul 16:26

      sorry beberapa kata anda tdk saya mengerti karena disingkat dan saya akan lebih menghargai jika anda tidak menyingkat kata2.

      Tolong juga baca penjelasan saya di komentar-komentar sebelumnya mungkin sudah ada di sana, jadi saya tidak perlu menjelaskan lagi.

      Mengeluarkan nanahnya lewat saluran kencing atau lewat bisul/bintil di batang penisnya? Jika lewat saluran kencing maka itu mungkin gonore, mungkin juga Klamidia. Untuk lebih pastinya coba cek ke dokter.

      Sementara itu dulu. Untuk info lebih lengkap baca artikel2 saya tentang IMS di blog ini.

  50. 30 Juli 2010 pukul 10:50

    saya mau nanya, saya pernah berhubungan dengan psk….
    setelah 3 bulan kemudian timbuk benjolan putih kayak jerawat di sekitar pangkal penis(tidak nyeri)…

    apa itu gejala syphilis,,, dari artikel2 yg saya baca, kebanyakan benjolan itu timbul di ujung penis…

  51. 30 Juli 2010 pukul 10:57

    saya mau nanya, saya pernah berhubungan dengan psk….
    setelah 3 bulan kemudian timbuk benjolan putih kayak jerawat di sekitar pangkal penis(tidak nyeri)…

    apa itu gejala syphilis,,, dari artikel2 yg saya baca, kebanyakan benjolan itu timbul di ujung penis…

    • pisangkipas
      3 Agustus 2010 pukul 15:21

      pangkal atau ujung penis bisa saja menandakan itu bisul sipilis, lihat dulu jika kemudian dia pecah/terbuka dan agak kering (tengahnya lembek) itu sipilis. Namun jika benjolannya mengering, itu bukan sipilis.

      sementara itu dulu.

  52. 31 Juli 2010 pukul 07:48

    Bro tolong bantuanx 2 hari yg lalu sy berhubungan sex dngan PSK,,2 hari kmudian penis saya mengeluarkan nanah da kalau kencing terasa nyeri…!!!!!
    Bolehkah konsumsi obat CIPROFLOXACIN

    • pisangkipas
      3 Agustus 2010 pukul 15:32

      Secara teori dimungkinkan, tapi saya tidak menyarankan anda menggunakannya tanpa resep dokter karena anda tidak akan tahu kapan anda dikatakan sembuh secara medis kecuali dokter yg tau. selain itu untuk memastikan itu penyakit apa harus cek di lab kan?

      Catatan: obat ini biasanya tidak direkomendasikan untuk pengobatan awal karena memiliki efek samping.

  53. johan
    2 Agustus 2010 pukul 18:59

    bro saya pernah satu kali berhubungan sex dgn psk tapi da seminggu aku baek2 aja.qra2 maksimal brp hr qta mrasa aman tak terkena spilis?makasih sebelumnya ya bro

    • pisangkipas
      3 Agustus 2010 pukul 15:27

      jika anda selalu memakai kondom maka kecil kemungkinannya terkena sipilis. Kira2 masa inkubasi sipilis 21 hari/ 3 mggu.

  54. ferdi
    5 Agustus 2010 pukul 15:56

    Bro, gw abis ke dokter spesialis kulit n klamin…ceritanya gini, sebelumnya amandel gw infeksi, biasalah karena cuaca..nah, gak tau kenapa gw udah bilang sama dokter THT itu kalau gw ada alergi obat jenis sulfa dan penahan nyeri. Tapi ternyata stelah gw minum obat THt itu, malah penis gw sakit, trus berdarah disekitar kepala dan batang serta ada nanah hijau kekuning2an…nah gw ke dokter spKK, emang ternyata katanya gw alergi obat karena tu dokter spKK ngeliat history medical gw….cuma diliat aja (agak risih siyh,heheh), gak ada pengecekan Lab. dikasih obat salep n minum…Salepnya (Diprogenta-bethamethasone n Gentamicin), minumnya (Methilon-methylprednisolone 4 mg)…tapi dah 2 minggu kenapa belum sembuh juga yah???kencing ku siyh normal2 ajah, tapi kalo kena kepala penis n batang, perih benerrrr….ada saran gak???bete juga niyh..thx ya fyi

    • pisangkipas
      6 Agustus 2010 pukul 18:16

      Hmm bingung jg saya jwbnya soalnya ini ga ada kaitan lgsg ma infeksi menular seksual.

      Sbg bahan info kalo liat kedua obat yg kamu sebutkan itu sama2 anti pendarahan dan penahan nyeri, saya no comment saja, tapi kalo saya bs kasi saran: kamu cek kondisimu ke dokter spesialis alergi atau bs jg spesialis saraf alergi (ini langka tapi mudah2an di kota anda ada dokter spesialis ini).

      • Ferdi
        7 Agustus 2010 pukul 21:15

        Owhh..iya bener juga memang tak ada kaitannya sama infeksi seksual..hanya saja bro, aku bingung….memang dulu pernah sekali kaya gini, tapi itu pas aku di JKT, sekarang aku diluar kota dan yg ada hanya SPKK,SPAlergi/SPSyrf Alergi disini gak ada deh kayaknya bro….bingung nih,kenapa nanah n darah gak kunjung kering…huh…..risih aja kayak orang disunat mesti dibalut kai kasa,,kalau pulang kantor pasti perih bngt buka perbannya, lengket…..ada saran obat yg cepet buat keringin luka dipenis aku gak bro?? aku terpaksa ganti obat, krena obatnya dah abis.Tapi bahannya gak jauh beda siyh…:
        - Betametason-N Neomycin (terkandung:1mg Betametason 17-valerat dan 5mg Neomisin sulfat)
        - Obat minumnya namanya Lameson, ini aku dah biasa minum kalau alergi biasanya alergi cuma bagian bibir ajah, kalau parah baru ke penis), kandungannya sama, yaitu Methylprednisolone 4mg

        Mungkin bro ada temen yg tau masalah ini,aku dah capek bngt 3 minggu jalan, belum juga sembuh..tersiksa, mandi pun mesti ditutupin pake gayung, kalau kena air, perih rasanya…..
        Skali lg thx ya bro infonya…ditunggu balasannya.. :)

      • pisangkipas
        8 Agustus 2010 pukul 17:07

        Ya ini lah repotnya, bangsa kita kekurangan dokter spesialis padahal penyakit semakin banyak ragamnya dan beragam jenisnya. Saya bener2 minta maaf gak bisa bantu, mgkn ada yg lain bisa bantu.

  55. adri
    10 Agustus 2010 pukul 17:18

    mau nanya ?d dr penis sy keluar nanah trus pas kencing begito sakit…apa itu spilis??cz sy 5 6 hari yg lalu berhub sex dngn pacar sy…

    • pisangkipas
      10 Agustus 2010 pukul 20:04

      biasanya itu gonore (GO) atau bisa juga klamidia, utk info baca artikel2 saya tentang kedua penyakit ini .

  56. cobacoba
    11 Agustus 2010 pukul 17:56

    ty bro, sex oral (fellatio) apa bisa kena HIV/GO/Sipilis? tgl 17 juli ’10 sy ada fellatio dgn PSK, dan ML pake kondom, 2 hari kemudian kulit kelamin ada timbul 2 titik kemerahan besarnya seperti kacang hijo, kadang gatal kadang tidak, mulut kelamin tdk luka,kencing lancar tidak ada keluar cairan kental, tapi bibir anus ada timbul seperti bbrp jerawat/bisul kecil kadang gatal kadang tidak.sudah makan obat antibiotik juga belum sembuh, gejala ini apakah termasuk salah satu penyakit tsb diatas? obat antibiotik apa yg cocok, tlg yah infonya bro.tq.

    • Anonymous
      16 Agustus 2010 pukul 18:48

      iya saya juga ngalamin yg sama dan kejadiannya juga beberapa minggu setelah sex oral dengan pacar saya dan tidak berhubungan sex, keluhan saya di kepala penis ada seperti jerawat tapi tidak sakit atau gatal, hanya saja di sekitar kelamin kadang gatal kadang tidak..tolong infonya bro..

      • pisangkipas
        17 Agustus 2010 pukul 14:14

        Coba tanya pacar anda apakah sebelumnya pernah oral seks dengan orang lain, mmg ini risih tapi bisa dicoba. Jika dia gak perna melakukan berarti itu bukan penyakit kelamin. Namun jika itu berat bagi anda coba datang ke dokter kulit dan kelamin utk diperiksa.

    • pisangkipas
      17 Agustus 2010 pukul 14:05

      Kutil itu bisa macem2 penyebabnya, termasuk infeksi2 menular seksual bisa mnjadi penyebabnya: Herpes, LimfogranulomaVenerum (LGV), dan virus jenis Papilloma. Jika kutilmu terasa panas dan sakit itu herpes, jika tidak sakit maka itu LGV atau/dan papilloma, jika pecah dan menimbulkan luka terbuka maka itu sipilis, dll. Baca artikel2 saya tentang penyakit bersangkutan. Maaf saya gak bisa ngasi obat karena saya bukan dokter lagian itu harus didiagnosa dulu di dokter ya.

  57. bagus arif kusnanto
    20 Agustus 2010 pukul 06:55

    saya belum pernah memasukkan penis saya ke vagina namun pernah oral sex dengan waria, apakah bisa berpotensi terkena sipilis

    • pisangkipas
      20 Agustus 2010 pukul 21:10

      bisa, jika dimulut nya ada sipilis. Mudah-mudahan anda gak terkena sipilis, lihat dalam beberapa hari jika ada luka terbuka (kecil) maka kemungkinan itu sipilis – secepatnya ke dokter ya kalo udah ada gejala ini.

      Lain kali kalo oral seks pakai kondom ya.

  58. 27 Agustus 2010 pukul 06:52

    wah sangat mengerikan .. wah saya sangat suka

    • pisangkipas
      27 Agustus 2010 pukul 21:29

      makasih dah berkunjung

  59. 28 Agustus 2010 pukul 04:55

    ea sama sama .. blognya keren kok …

  60. BOdoNk
    28 Agustus 2010 pukul 11:21

    bro q mo tanya ni

    q penah 4 x hubngan bebas
    tyus habis orang ke 4 ini, stelah selang waktu 6 minngu
    q lgsung kencing perih gt, da lgsung tak bawa k dokter.ga lama kemudian ga terasa lagi perihnya setelah dsuntik. dan suruh periksa rutin 1 minngu sekali.

    tyus selama 2 minngu kmudian, ada yang aneh pada kulit q. berwarna kuning gt.

    contoh nya d tangan lw tak buwat mengepal gt, kliatan kuning bro.
    yg q tanya in, da merasuk k dalam tubuh ta bakterinya bro. n q ngrasa d dada ada yang aneh.kyak berat gt. tp bukan sesak.ada yang ganjal gt

    mohon saran nya bro,

    • pisangkipas
      28 Agustus 2010 pukul 19:14

      setau saya tidak ada infeksi seksual yg mengakibatkan kuning2, kamu kurang tidur kali jadi tekanan darah rendah? sesak nafas bisa karena macem2, gak ada kaitannya dengan infeksi yang terjadi, kalopun ada itu makan waktu bertahun2 seperti HIV/AIDS atau kanker turunan dari infeksi virus (walau ini jarang terjadi). Umumnya infeksi yang terjadi terlihat pada kulit yang mengeluarkan bintil/luka terbuka atau seperti yg kamu alami seperti kencing nanah/bening yang perih.

      Mungkin juga kamu merasa takut karena udah kena IMS shg berlebihan mikirnya jadinya sesak nafas deh, udah santai aja kalo kamu udah ke dokter dan disuntik trus kata dokter kamu sembuh ya sembuhlah penyakitmu.

  61. rhissy
    31 Agustus 2010 pukul 07:10

    bro,kurang lebih dua bulan yang lalu saya melakukan hubungan sex dgn pacar saya tanpa memakai kondom,seminggu kemudian kencing saya keluar nanah yang berwarna kuning kehijau-hijauan dan terasa sedikit perih waktu kencing,lalu saya ke dokter dan menceritakan semuanya,dan dokter mengatakan kalau saya terkena bakteri,lalu dia memberi saya obat doxycycline 100mg di minum 2xsehari 1 tablet dan zithromax 500mg 2 biji utk sekali minum,apakah penyakit saya sudah benar2 sembuh bro??dan sekarang saya sering merasa lelah,mata saya agak sedikit berat,apa yang harus saya lakukan bro,trimakasih byk bro.

    • rhissy
      31 Agustus 2010 pukul 08:45

      tambahan bro,sebelum nya penis saya tidak ada sedikit pun keluar luka atau jerawat dan rasa gatal,yg buat saya risau dokter itu cuma melihat penis saya dan langsung memberikan obat,apakah langkah dokter itu sdh benar??skrng saya sering meriang mata berat dan pikiran saya macam2 di tambah di lengan tangan saya skrng ada seperti 1 buah bekas gigitan nyamuk tapi ada air nya,saya sangat takut bro,apa yg harus saya perbuat??apa saya harus melakukan check darah??tolong di bls bro,krn sangat bermanfaat bg saya,terima kasih banyak bro.

      • pisangkipas
        31 Agustus 2010 pukul 19:40

        Biasanya beberapa dokter yg berpengalaman cukup dgn melihat gejala dan melihat cairan dr penismu maka bisa lgsg mendiagnosa. Walaupun perlu jg sebenarnya pemeriksaan lab untuk memastikan apakah itu gonore atau klamydia. Masalahnya, keduanya tergolong infeksi bakteri dan kebetulan obatnya jg sama2 antibiotik jd diresepkanlah si doxycycline dan zithromax tadi. Saya tidak bisa berkomentar apapun mengenai prosedur yg dilakukan doktermu td karena utk mereka yg berpengalaman kadang cukup dgn melihat-mendengar-meraba udah bisa ngambil kesimpulan (ini seperti tukang bengkel yg cuma dengan dengerin suara mesin mobil udah bisa tau kerusakannya dimana, walau utk urusan medis kebanyakan tidak sesederhana kasus tukang bengkel td).

        Kalo melihat gejalamu, sepertinya kamu telah terinfeksi gonore. Kalo kamu udah ngabisin semua obat yg diresepkan doktermu dan gejalamu udah hilang maka ini dapat dikatakan sembuh secara medis. Mengenai gejala tambahan mata berat, ini mgkn karena ngantuk abis minum obat atau rasa lelah akibat pemulihan menuju kesembuhan. Kebanyakan pasien kadang berlebihan dlm menanggapi suatu penyakit sehingga bisa saja pikirannya berpikir macam2.

        Ada beberapa kasus alergi obat zithromax seperti ruam di kulit, diare, sakit kepala, sakit di pencernaan, dan muntah. Namun kasusnya jarang terjadi dan biasanya akan hilang sendiri setelah penghentian pemakaian obat tsb. Untuk kemungkinan penyakit lain sementara saya liat gak ada, karena kalo sipilis biasanya di penismu ada luka sebelumnya baru menyebar ke anggota tubuh yg lain, tetapi saya sarankan agar anda cek darah untuk memastikan apakah anda sehat atau terkena infeksi lain, semakin cepat diketahui penyakitnya maka semakin mudah pula diobati.

        Itu dulu sementara.

  62. laxo
    2 September 2010 pukul 03:59

    bro sya mw tanya stelah 1 hari berhub sex dengan pcr sya dibwah kepala penis sya terdapat benjolan awalnya kecil lalu makin membesar makin hari bentuknya seperti balon isinya nanah tp untuk kencing ga sakit and ga gatal trus sya pertama dikasi antibiotik lalu ga dikasi anti biotik, lalu cm dikasi salep sm obat anti mlembung buat benjolan salepnya namanya bionect lalu skrng mengempis mengecil itu sipilis apa bukan?

    • pisangkipas
      3 September 2010 pukul 15:55

      kalo benjolan kamu pecah dan menjadi luka terbuka maka itu sipilis jika lukanya kering dan tidak sakit. Jika lukanya basah dan agak nyeri itu artinya kamu kena chancroid. Umumnya di Indonesia orang terkena sipilis, gonore, klamidia, dan herpes simpleks. Herpes simpleks dimulai dari benjolan jg tapi ini akan menyebar ke bagian tubuh yg lain. Sepertinya kamu kena sipilis, jika iya maka artinya pacarmu pun kena sipilis jg.. mohon kalian berdua jg cek utk memastikan itu apa. Penyakit ini bisa disembuhkan kok asal rajin minum obat yg diresepkan dokter. Usahakan jgn saling menuduh dgn pacarmu (lupakan masa lalu).. yg penting kalian bisa sembuh.

  63. laxo
    2 September 2010 pukul 04:06

    dan maaf br klo boleh tau nama penyakit sya apa?

    • rhissy
      2 September 2010 pukul 09:19

      Oh iya bro,kalau kita terkena gonore apa bisa terkena HIV??trimakasih byk ya bro ats jawaban2 yg di berikan,good luck bro….

      • rhissy
        2 September 2010 pukul 09:26

        apa perlu tes darah HIV bro thx….

      • pisangkipas
        3 September 2010 pukul 15:58

        mungkin iya, mungkin pula tidak. Tau gaknya kena HIV harus tes di lab dulu 6 bulan setelah hub seks terakhir. Tes darah itu perlu supaya kamu lebih tenang.

  64. Qyep
    3 September 2010 pukul 17:26

    Tnya nie..?gejla spilis yang cpt mudah ktahui,bhwa kta terna spilis apa??

    • pisangkipas
      3 September 2010 pukul 17:29

      awalnya muncul benjolan di penis atau sekitarnya terus beberapa hr kemudian benjolannya membesar dan pecah. kemudian pada bekas benjolan td muncul semacam luka yg kering dg tepi keras dan ini tidak sakit, tapi jg gak ilang sampai berbulan2. itu tanda awalnya.

  65. laxo
    4 September 2010 pukul 08:30

    Tapi ini benjolanya skrng menengecil kata dokter akan balik kulitnya sperti semula.. Dan gada luka tdk gatal and sakit.. Dan gada yg menyebar juga Jadi kesimpulanya ini sipilis atau bkn?

    • pisangkipas
      8 September 2010 pukul 16:01

      kalo gak muncul luka berarti bukan sipilis, cuma bisul biasa

  66. laxo
    4 September 2010 pukul 08:39

    Gni sebenrnya sebelum berhubng intim sya belum di sirkum.. Lalu stelah berhub intim kulit bagian luar penis sya melorot kbwah dan kepala penis terlihat. Dan sya cek ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Hrus disirkum soalnya posisi benjolan dibwah kepala penis terjepit kulit luar yg blm disirkum(sunat) lalu sya melakukan sirkum diruang oprasi dengan dokter bedah benjolan td dibuka dan dikeluarkan nanahnya lalu kulitnya dirobek sedikit agar tdk menjepit benjolan td.. Dan dokter bedah tersbt tdk mw menyunat sya dahulu krna ntr hsilnya jelek katanya.. Lalu penyakit sya ini sebenrnya apa? Sipilis apa bukan? Kalau bkn lalu apa?

  67. laxo
    4 September 2010 pukul 08:59

    Gni bro awalnya melakukan hub intim sya blm disirkum lalu stelah berhub sya terjadi vimosis pda penis sya dan spertinya kulit luarnya mencjepit penis sya lalu esoknya ada benjolan dibwah kepala penis sakit sekali kta dokter itu terjepit kulit yg blm disirkum.. Lalu sya disrankan ke dokter bedah besoknya sya dioprasi benjolan sperti balon itu dikluarkan nanahnya tp tdk langsung disirkum ktanya hislnya jlek katanya.. stelah diprasi sya tdk merasa sakit lg tp benjolan td rda membenjol lg.. Lalu skrng sdh kempes.. Minggu dpan akan disirkum.. Apa itu sipilis?

    • pisangkipas
      8 September 2010 pukul 16:21

      lah .. doktermu bilang kamu kena infeksi apa? kalo mnurut saya kamu gak sipilis, jika itu tergolong infeksi seksual maka yg agak mendekati adalah Molluscum Contagiosum virus (MCV), namun ini disertai gatal pada bisulmu. Jika gak ada gatal berarti bukan MCV. Mlihat kejadian kejepit yg kamu bilang td mungkin ini yg menimbulkan iritasi sehingga muncullah bisul.

      Jika doktermu bilang bkn sipilis tapi kamu masi belum yakin yaa.. tunggu aja dulu antara 1-6 bulan, Jika muncul bercak kemerahan pada kulit (tidak gatal) terutama pada telapak tangan dan kaki maka itu artinya kamu kena sipilis. Kan udah dikasi obat? habisin obatnya dan yakinlah sembuh krn pada banyak kasus, keyakinan yg kuat akan ikut membantu proses penyembuhan.

  68. laxo
    4 September 2010 pukul 09:47

    Tmbhan bro apa sipilis mesti dr berhub sex atau dr yg lain misal dr orng yg blm disirkum? Or krng jaga kebersihan

    • pisangkipas
      8 September 2010 pukul 16:42

      biasanya melalui aktifitas seks – penetrasi (digesek2 lalu kulit panas – muncul iritasi ringan di kulit batang penis maka masuklah si sipilis – makanya disarankan pake kondom), kalo melalui kontak antar kulit biasa biasanya jarang terjadi kecuali ada luka iritasi sbg pintu masuknya. Bagian dalam kulit yg menutupi kepala penis pd org yg belum disunat memang meningkatkan resiko terkena sipilis krn ini lapisan yg sangat tipis.

      Sipilis jg bisa menular dari ibu ke anak yg dikandungnya.. namun seperti HIV, ini masih belum jelas apakah penularannya saat masih di rahim atau saat melahirkan.

  69. heru
    10 September 2010 pukul 23:10

    Bro..mau tanya nih..sekitar +-5 taon yg lalu pernah kena kencing nanah sampe 2x..uda ke dokter dan di suntik..kencing nanahnya sudah sembuh tp di kepala penis sering muncul bercak merah dan lama baru hilang tapi tidak sakit atau perih? Sekarang muncul lagi..kira2 ini gejala apa yah?

    • pisangkipas
      11 September 2010 pukul 16:26

      ada banyak kemungkinan termasuk diantaranya alergi obat (minum/oles) dan sabun. Jika bercakmu gak hilang2 itu artinya kamu kemungkinan terkena jamur candida. coba konsultasikan ke dokter kulit/klamin.

  70. Baja
    14 September 2010 pukul 18:55

    bro…. mau tanya donk!!
    3 hari yang lalu ane jajan sembarangan…
    cuman pake kondom… n sialnya kondomnya bolong!!
    jujur saya takut kena spilis ato penyakit kelamin lainnya lah!!
    ada ga obat ato anti-biotik yang bisa nanggal penyakit kelamin ato sebagainya!!
    Thanks…

    • pisangkipas
      15 September 2010 pukul 08:34

      obatnya ada, tapi liat dulu ntar apakah kamu bergejala kena penyakit kelamin atau gak. Kalau gak ada gejala berarti kamu gak apa2.

      • Baja
        15 September 2010 pukul 09:26

        oo….
        tapi saya minum super tetra!!
        buat jaga2 aja sih…
        ada resikonya ga bro?!
        thanks

      • pisangkipas
        15 September 2010 pukul 17:34

        resikonya, jika kamu minum terus menerus tanpa konsultasi ke dokter bisa mengakibatkan penyakit yang mungkin ada di dalam tubuh kamu menjadi kebal obat. Lain penyakit lain pula obat atau takarannya, sekarang apakah kamu sudah tahu penyakit apa yang ada di dalam tubuh kamu?? sedangkan jenis penyakit yang ditularkan melalui hubungan seks ada lebih dari 20 macam. Jadi sebaiknya hentikan minum obat, dan lihat perkembangannya, lebih baik lagi cek darah/cairan yang keluar dari penis kamu untuk mengecek adakah kuman di sana.

  71. rhissy
    15 September 2010 pukul 02:20

    bro mau tanya,orng-orang kok antibiotik nya pada di suntik? kok saya cuma di kasih obat doxycycline 100mg dan zithromax 500mg?apakah obat merek itu sama seperti di suntik atau tidak?dan saya minggu yg lalu melakukan tes darah,ini hasil nya bro :

    PEMERIKSAAN HASIL NILAI NORMAL

    sero-imunologi
    RPR : non reaktip :non reaktip
    TPHA : non reaktip :non reaktip

    URINALISA
    Urine lengkap

    warna : kuning
    kekeruhan : jernih
    BJ : 1.005 :1.005-1.030
    PH : 6,5 :5,0- 8,0
    protein : negatip :negatip
    glukosa : negatip :negatip
    keton : negatip :negatip
    darah : negatip :negatip
    bilirubin : negatip :negatip
    urobilinogen : 3,2 :3,2 – 16
    nitrit : negatip :negatip
    leukosit esters : negatip :

    MIKROSKOPIK
    sedimen
    sel epitel : positip (+) :positip
    leukosit : 0 – 1 :0 – 5
    eritrosit : 0 :0 – 1
    silinder : negatip :negatip
    kristal : negatip :
    bakteri : negatip :negatip

    itu hasil nya bro.oh iya,saya belum tes HIV krn belum sampai 6 bulan trakhir saya melakukan hubungan dan biaya nya mahal bro hhe.kalau di lihat hasil di atas,kesimpulan atau arti nya apa bro??thx ya bro,sukses slalu.

    • pisangkipas
      15 September 2010 pukul 08:33

      biasanya untuk pengobatan awal diberi obat yang diminum, jika penyakitnya sudah parah atau mengurangi kemungkinan alergi obat maka biasanya dokter memberi injeksi/obat suntik. RPR : non reaktip :non reaktip TPHA : non reaktip :non reaktip artinya tidak ada reaksi reagen RPR dan TPHA terhadap bakteri sipilis, ini artinya tidak ditemukan sipilis di darahmu.

      Tes HIV mahal? coba cari info ke dinkes setempat, biasanya tersedia layanan tes HIV murah bahkan gratis di puskesmas atau klinik yang ditunjuk.

  72. eko
    19 September 2010 pukul 03:56

    bro saya sdh brhubungan intim 7x,yg prtama,ke4 dan trakhir g pki kondom,trakhir brhubungan intim tgl 29 agstus trs stlh 2mnggu saya wktu kencing terasa panas diujung penis saya,kejadian ini brlangsung selama seminggu,awalnya saya ga mmperdulikan tp setelah seminggu rasa panas diujung tu brangsur hilang,tp saya kaget waktu liat diujung penis saya ada semacam luka agak kayak benjolan kecil tp g perih sama sekali,sekarang dbawah buah zakar terasa panas,apakah saya terkena sipilis???
    apakah sipilis bisa sembuh total
    mohon cpt dbls ya,thanks

    • pisangkipas
      19 September 2010 pukul 18:04

      sudah saya balas di emailmu

      • eko
        20 September 2010 pukul 02:19

        apakah da kemungkinan saya trkena sipilis dan gonore sekaligus???
        apakah sipilis bisa sembuh total bro???

      • pisangkipas
        21 September 2010 pukul 04:28

        bisa, sembuh total bisa asal rajin kontrol

  73. randi
    21 September 2010 pukul 04:52

    bro,saya mau tanya…penis saya skrg ada luka berair dan sangat gatal…..apakah itu kemungkinan sipilis bro….???oh ya,,saya belum pernah berhubungan badan sekalipun

    • pisangkipas
      22 September 2010 pukul 19:16

      Jika anda tidak pernah melakukan hubungan badan dengan siapapun maka tidak ada kemungkinan anda terkena infeksi seksual, lukanya sebaiknya anda telusuri dulu penyebabnya.. kadang iritasi sabun juga bisa menjadi penyebabnya. Masturbasi/onani yang berlebihan juga bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan luka. Infeksi jamur juga bisa menimbulkan luka (apalagi kalau nggaruknya sering), coba lebih dijaga kebersihan celana dalam (kalo bisa sering2 ganti ya).

  74. rhissy
    23 September 2010 pukul 11:59

    bro sepertinya saya memerlukan pencerahan atau dukungan,saya takut dan merasa sangat menyesal atas perbuatan saya,semoga tuhan mengampuni dosa saya.saya takut sekali terkena HIV,saya sering berpikir macam2,dan semangat saya buat kehidupan kedepan berkurang,walaupun saya belum tau apakah saya terkena HIV,krn saya belum melakukan tes HIV.oh iya,terakhir saya melakukan sex 5 bln yg lalu.kadang saya ingin melakukan tes HIV,trus niat itu surut lagi di karenakan : ya mudah2an saya gak terkena HIV tp kalau terkena saya harus bagaimana??pasti saya tambah prustasi,gila dll.apakah bila saya dinyatakan HIV+ saya bisa hidup lama seperti orng yg tidak terkena HIV?krn kan orng dgn HIV+ paling lama umur nya 5-10thn,apakah lebih cepat kita tau lebih baik,dan kita cepat2 memakai obat ART? trimakasih byk ya bro ats nasehat nya,jujur pikiran saya sangat kacau…GBU

    • pisangkipas
      23 September 2010 pukul 18:57

      Jawab: Tes HIV atau VCT biasanya berupa konsultasi/konseling (pra dan pasca), pengambilan sampel darah, dan pengecekan darah. Konselor (juru konseling) biasanya memberikan arahan-arahan apa dan bagaimana anda harus bersikap jika hasil tesnya positip atau negatip. Anda tidak sendiri jika positip HIV (mudah-mudahan tidak positip ya). Jangan juga takut berlebihan yang menyebabkan anda putus harapan hidup (jika anda positip HIV) karena banyak penyakit yang lebih parah akibatnya ketimbang HIV seperti kanker. Pengidap HIV bisa berumur panjang jika bisa menjaga pola hidup sehat dan mengkonsumsi ART dengan disiplin. Ingatlah, bahwa pasien penyakit jantung dan diabet pun harus berpola hidup sehat bukan? Beberapa teman pengidap HIV yang saya tahu hidupnya biasa saja seperti orang yang tidak mengidap HIV: mereka bekerja, sekolah, dan lain sebagainya. Tapi yang pasti mereka lebih disiplin dalam menjaga kesehatannya.

      Hidup mati manusia yang menentukan adalah Tuhan, jika anda yakin dan percaya Tuhan adalah Maha segalanya, berdoalah untuk kesembuhan umur panjang. Ingatlah saudara, orang tidur pun bisa mati tiba-tiba tanpa sebab musabab jika memang takdirnya udah sampai kepada kematian. Kita cuma bisa berusaha semaksimal yang bisa dilakukan dan jangan lupa nantinya jikapun anda positip maka banyak yang akan membantu anda. Jadi tidak perlu frustasi ya. :) Usia 5 – 10 tahun kematian setelah terkena HIV itu jika kita membiarkannya tanpa melakukan apapun (itupun tergantung daya tahan tubuh orang yang berbeda-beda). Dokter dan paramedis di Indonesia sekarang sudah canggih dan pinter2 dalam menangani kasus HIV. Nah jika anda mengkonsumsi obat-obat ART/ARV sesuai resep dokter dan disiplin menjaga kesehatan maka umur anda akan bisa lebih panjang, bahkan sampai kakek2. Sementara itu dulu.. jangan takut ya.

      • rhissy
        24 September 2010 pukul 09:24

        thx ya bro atas pencerahan nya,sangat bermanfaat/berarti sekali buat saya.sukses selalu bro.

  75. junus
    1 Oktober 2010 pukul 18:23

    bro,mau tanya..
    Kepala penis saya sewaktu tegang timbul bintik2 seperti biang keringat..dan kadang gatal sedikit kalau sudah tidak tegang..itu kenapa ya.?
    Sebelumnya setelah melakukan hubungan sex yg tidak aman sama psk,tapi sebelum pake kondom saya mengesek kemaluan trus langsung penetrasi dgn menggunakan kondom..
    Lalu 2-3 hari berikutnya timbul semacam bisul kecil di atas kepala penis lalu konsultasi dgn teman dan di belikan obat akilin,trus besok nya hilang..lalu saya langsung berobat kerumah sakit dan disuntik sipilis sama dokter..
    Pertanyaan saya..
    Apakah penyakit yang saya derita ini..thx

    • pisangkipas
      2 Oktober 2010 pukul 12:23

      Biasanya kalo itu sipilis maka bintik2/bintil2 mu akan pecah dan menjadi luka terbuka. Jika diagnosa dari doktermu mengatakan itu sipilis maka ikutin saja, kan sudah dikasi obat. Memang ada penyakit yg mirip gejalanya dengan sipilis seperti penyakit Chancroid namun penyakit ini agak jarang ditemukan.

  76. junus
    2 Oktober 2010 pukul 18:14

    owh jadi penanganan yang terbaik gimana.?
    Apa harus ke dokter kulit.?
    Atau obat apa yang bisa di komsumsi.?
    Thx bro..

    • pisangkipas
      5 Oktober 2010 pukul 16:06

      Ke dokter kulit dan kelamin. Maaf saya gak bisa kasi resep. Coba ke dokter dulu ya.

  77. huhui
    7 Oktober 2010 pukul 05:59

    Bro, mau tanya kalo habis ejakulasi kemudian kan penis jadi lemas tuh, nah saat lemas itu pasti masih mengeluarkan cairan bening, kadang2 nempel di celana dalam, kalau habis ereksi tidak sampai ejakulasi juga begitu… kira2 normal ga?

    thanks

    • pisangkipas
      7 Oktober 2010 pukul 19:20

      normal saja, itu artinya stok air mani kamu sedang berlimpah.

  78. huhui
    7 Oktober 2010 pukul 05:59

    Bro, mau tanya kalo habis ejakulasi kemudian kan penis jadi lemas tuh, nah saat lemas itu pasti masih mengeluarkan cairan bening, kadang2 nempel di celana dalam, kalau habis ereksi tidak sampai ejakulasi juga begitu… kira2 normal ga?

    thanks

  79. huhui
    7 Oktober 2010 pukul 06:03

    o iya bro 2 tahun yang lalu saya pernah kena gonorea

    • pisangkipas
      7 Oktober 2010 pukul 19:37

      sekalian saja saya jawab di sini ya, Epididymitis yaitu pembengkakan/peradangan pada bagian sistem reproduksi pria yang letaknya kurang lebih di bagian atas sampai tengah kantung pelir dalam. Dalam hal ini penyebabnya infeksi GO tadi yang dibiarkan sampai 2 tahun. Saya katakan ini termasuk sudah parah karena mungkin kondisi bengkak ini lebih dari 6 minggu yaa,, hehe untunglah situ udah ke dokter. Dapat dikatakan GO nya dah hilang, sakitpun hilang berangsur. Habiskan obatnya ya dan cek lagi ke dokter kalo obatnya sudah hilang untuk memastikan GO sudah sirna dari tubuhmu.

      Namun kadang bekasnya masih ada di daerah itu. Ini semacam abses yaitu tumpukan sampah hasil peperangan antara sel darah putih dan GO. Gak papa sih ini tidak berbahaya, cuma kalo mo dioperasi silakan aja.

  80. huhui
    7 Oktober 2010 pukul 06:03

    o iya bro 2 tahun yang lalu saya pernah kena gonorea

  81. huhui
    8 Oktober 2010 pukul 03:34

    thanks atas pencerahannya bro,
    2 tahun yang lalu tapi dulu itu 1 minggu sehabis meriang saya sudah langsung ke dokter koq… jadi bukan range 2 tahun GO-nya hehehe…

    masukan juga tuh kalo sudah ada yang berlama2 engga ke dokter, intinya sih terus terang aja berobat ke dokter biar plongggg….

    btw, berarti cairan bening saya normal ya bro, saya takut ini efek dari pernah kena GO itu.

    • pisangkipas
      8 Oktober 2010 pukul 06:17

      oo kupikir udah lama sakit baru diobatin, kalo dah sembuh ya kmungkinan besar normal2 saja spermamu.

  82. Washa
    13 Oktober 2010 pukul 16:37

    Bro, pengen konsul ni.. Sekitar 2 bln lalu saya melakukan hub sex dgn pacar tanpa pengaman, dah sekitar 2 bln kemudian pada kepala penis ada putih2 tp bukan benjolan.. Seperti kotoran yg dpt dibersihkan, trasa lengket bila dipegang..
    Beberapa hr kemudian hal itu sudah tidak terjadi lagi, tapi setelah it saya perhatikan warna kepala penis saya seperti ada putih pucat dan ada ke ungu2 an jg tp cm d ujung2 nya saja
    Sebagai catatan di penis saya tdk terdapat luka sama sekali, dan tdk trasa skt atau apa pun pada penis..
    yg ingin saya tanyakan kenapa kepala penis itu bs berwarna agak pucat dan ke ungu2an? Apakah karena penyakit kelamin? Atau karena pengaruh skrng ini saya sedang tidak sehat, dan sebagi catatan saya sekarang ini sedang batuk & pilek.. Saya juga merasa sedang panas dalam karena bibir saya terasa perih & pecah2 tp tidak luka seperti yg saya baca pd gejala2 Herpes, Tp dlm mulut saya ada sariawan (hanya 1) yg awal nya skt seperti sariawan, lama kelamaan tdk skt tp masi ada smpai skrng dan tdk pecah (berwarna putih seperti sariawan biasa).. Apakah saya skt panas dalam biasa atau penyakit kelamin? Mohon bantuan nya.. Thx..

    • pisangkipas
      16 Oktober 2010 pukul 17:32

      Memang sekarang lagi musim flu karena cuaca agak kacau, so gak usah langsung mengkaitkan antara penyakit kelamin dengan sakit kamu saat ini. Cuaca yang kering bisa memunculkan putih2 – mungkin seperti kerak yang bisa dilepas – ini biasanya sisa sabun (biasanya kalo sering onani pake sabun begini hasilnya hehe). Penis pucat dan keunguan itu normal saja apalagi kalo sedang sakit, coba liat pada saat tegang apa tetap pucat? biasanya sih kemerahan/ungu. Membaca dari ciri2 penis kamu tadi seperti normal2 saja karena tidak ada gejala sakit atau luka/bintil. 2 bulan masih merupakan waktu yang pendek untuk melihat apakah anda terkena infeksi seksual ‘level tinggi’ seperti HIV atau herpes, jadi nunggu 6 bulanan lagi coba anda tes darah ya utk ngecek HIV atau herpes (jika anda ingin tes lho).

  83. Anonymous
    16 Oktober 2010 pukul 09:13

    cara menjaga vagina tetap sehat

    • pisangkipas
      16 Oktober 2010 pukul 17:41

      cara menjaga vagina tetap sehat:
      1. Jangan berhubungan seks sebelum menikah, kalau tidak bisa maka hindarilah hubungan seks berganti-ganti pasangan, kalau tidak bisa juga maka pakailah kondom dengan benar,
      2. Sering ganti celana dalam yang bersih,
      3. Usahakan daerah sekitar vagina luarmu selalu kering,
      4. hindari menggunakan antibiotik (baik minum maupun salep) tanpa resep dokter karena bisa menyebabkan matinya bakteri/jamur yang bersifat baik di vaginamu,
      5. usahakan setiap 6 bulan sekali cek kesehatan vaginamu di dokter.

  84. Vio
    18 Oktober 2010 pukul 07:39

    Hy,,,
    pcar sy dulunya sering brhubungan sex dg mantan2nya.
    Stlah sama sy dia mengeluh skrotumnya sakit jka spermanya tdk kluar saat dia napsu,,,
    krna sjak sama sy,,sy tdk mw mlakukan hubungan.. Krna emng blm nikah.
    Biasanya klo lgi pgen kita biasa mlakukan yg ringan2 sja,,ga sampe ngesex,,jdi spermax mmg ga kluar.
    Tp skrotumnya trasa sakit klo ga kluar.
    Kira2 itu knapa ya ??
    Mkasi

    • pisangkipas
      18 Oktober 2010 pukul 18:42

      Itu gak apa-apa, normal saja. Kalau mau skrotumnya gak sakit ya dikeluarin aja spermanya – kan bisa masturbasi sendiri (setiap pria dewasa tahu betul dengan cara/teknik apa agar dia bisa mengeluarkan spermanya).. Rasa sakit karena ‘gak bisa kluar’ harus dia tahan sendiri karena ini juga tidak berbahaya secara kesehatan. Suruh dia onani sendiri atau anda akan iba dan terpaksa rela kehilangan keperawanan anda.

  85. Obet201010
    20 Oktober 2010 pukul 16:33

    Bro, mau tanya nih… Gw pernah kena GO akhir tahun 2009 lalu dan sudah berobat ke dokter kulit, setelah 2 kali berobat dan minum obat, dokter menyatakan sudah sembuh… Beberapa hari lg, saya akan melakukan tes kesehatan dari kantor… Apakah akan ketahuan klo saya pernah mengidap penyakit ini? Krn tentunya akan sangat malu klo sampai teman2 kantor tau mengenai riwayat penyakit saya… Kalau sudah tidak pernah kambuh nanah tsb, apa memang kita sudah benar2 sembuh? Setelah terkena GO apa mgk bisa mengidap penyakit lain jg?

    • pisangkipas
      20 Oktober 2010 pukul 18:41

      Jika nanah sudah tidak muncul lagi itu namanya sudah sembuh total secara medis – doktermu tentunya sudah menyatakan demikian. Masalah tes mudah2an kemungkinan akan terlihat negatif bagi penyakit gonore. Saya pernah membaca artikel ttg sipilis, kalo penyakit ini bisa terlihat positif palsu (hasil tes) padahal kumannya sudah tidak ada di tubuh seseorang yg dulunya pernah mengidap sipilis (tetapi sudah dinyatakan sembuh), mengapa demikian? karena bisa jadi antibodi ditubuhnya menyimpan antigen sipilis jadi yg terlihat ya antigen itu padahal sipilisnya sendiri sudah tidak ada. Suatu tes kadang menggunakan kemunculan antigen kuman tertentu sebagai pertanda keberadaan kuman tsb.

      Setelah GO, mungkin ada atau mungkin jg tidak ada penyakit lain bung tergantung gejala yg muncul. Tetapi jika antara akhir 2009 sampai sekarang anda tidak menunjukkan gejala penyakit kelamin yg umum diderita (spt. sipilis, klamidia, GO, herpes, granuloma, dll – lihat di artikel saya ttg penyakit2 ini di blog ini) maka kecil kemungkinan anda mengidapnya. Namun khusus untuk HIV, ini hampir tidak bergejala (walau bergejala maka sama spt penyakit lain spt demam dan flu) – Jadi perlu tes HIV (VCT) utk memastikannya. Hepatitis kadang jg tidak bergejala dalam waktu beberapa bulan.

      Saya berharap semoga tes anda lancar2 saja. Banyak berdoa saja (yakinlah Tuhan mampu menghilangkan ‘tanda’ keberadaan suatu penyakit di dalam tubuh anda).

  86. tonis
    20 Oktober 2010 pukul 18:07

    bro mau nanya nih sekitar 1 bulan lalu penis saya mengeluarkan cairan putih,tapi udah seminggu sekarang menjadi warna seperti nanah,sewaktu saya tekan penis saya dari bawah keatas akan mengeluarkan cairan kental kuning begitu,tetapi tidak ada luka disekitar penis,adanya dibawah permukaan penis kadang gatal terasa dari dalam,mohon atas petunjukmu bro

    • pisangkipas
      20 Oktober 2010 pukul 18:16

      kamu cek dan diobati ke dokter ya bisa jadi itu gonore atau klamidia.

  87. tonis
    20 Oktober 2010 pukul 18:27

    thanks bro,1 lagi bro berbahaya enggak penyakit gomore atau klamidia,dengan syphilis berbahaya yang mana bro

    • pisangkipas
      20 Oktober 2010 pukul 18:49

      Ketiga-tiganya sama berbahaya karena akan menyebar dan merusak ke organ tubuh yg lain jika lambat diobati. Pengobatannya sebentar gak sampe seminggu kok.

  88. Obet201010
    21 Oktober 2010 pukul 02:54

    Terima kasih atas masukannya bro… Boleh tanya lagi? Klo seandainya hasil yg keluar positif palsu spt yg dinyatakan di atas, apakah kita bisa dinyatakan lulus kesehatan? Atau mgk tidak lulus kesehatan… Terus terang, semenjak pernah kena GO, saya jd parno sendiri takut2 klo ada penyakit lain jg spt HIV dsb, palagi spt yg bro sebutkan klo penyakit HIV tidak ada gejala yg khusus… Untuk memastikan penyakit tsb apa perlu melakukan tes penyakit kelamin walaupun secara fisik saya sebenarnya baik2 saja? *Ingin tes cuma karena takut klo ternyata mengidap penyakit lain* Klo test penerimaan karyawan baru apa ada tes penyakit kelamin jg? Jujur, saya agak takut2 melamar kerjaan baru, krn takut2 klo pas kesehatan ternyata terdeteksi penyakit memalukan… Terima kasih sebelumnya…

    • pisangkipas
      21 Oktober 2010 pukul 06:46

      Setiap perusahaan/instansi punya standar tes kesehatan sendiri-sendiri dan saya tidak tahu apakah ini memasukkan tes penyakit kelamin jg. Berharap saja lah anda lulus tes, jangan pesimis dulu ya.. Gak mungkin jg mereka nyebarluaskan hasil tes kan ini sudah ada sumpah profesinya.

      Optimislah.

      Tentang tes HIV, anda bisa melakukannya atau tidak itu hak anda, namun lebih baik anda tes untuk memastikan dan menjaga kondisi tubuh / daya tahan tubuh anda tetap baik.

  89. van
    21 Oktober 2010 pukul 22:39

    apa penyakit sipilis bisa disembuhkan??????????

    • pisangkipas
      22 Oktober 2010 pukul 16:31

      Sipilis bisa disembuhkan dengan terapi antibiotik.

  90. Washa
    25 Oktober 2010 pukul 09:05

    Bro, konsul ni.. Pada kepala penis saya bila ereksi terlihat berkerut dan ada bercak2 merah gitu, apakah itu normal? Seingat saya dl pada kepala penis saya (terutama pd saat ereksi) terlihat mengkilap
    Dan beberapa hari lalu secara tiba2 saya merasa buah zakar saya yg bagian kiri membesar dan menimbulkan rasa nyeri pd bagian kiri bwh perut, Apakah kerut bercak bermotif merah pd kepala penis saya disebabkan oleh itu?
    Kira2 apa yg terjadi pada saya saat ini bro?
    Sebagai catatan pada penis saya tdk merasa skt atau terdapat luka.. Yg saya rasakan hanya nyeri di skitar bwh perut, Mohon bantuannya bro

    • pisangkipas
      25 Oktober 2010 pukul 11:21

      Di daerah kelaminmu ada yg nyeri gak? pernah melakukan hubungan seks?

  91. Adji
    26 Oktober 2010 pukul 14:12

    Misi bro,pengen nanya kalau saya mau cek lab untuk PMS & HIV baiknya dilakukan brp lama setelah hubungan?
    Sekitar 3-4 bln yg lalu saya melakukan hub sex,dan skrng saya berniat untuk tes apakah saya ada mengidap penyakit atau tdk untuk ketenangan saja
    Dan kalau mau cek apa saja yg perlu saya cek? Saya bnr2 awam soal tes ini,terima kasih

    • pisangkipas
      26 Oktober 2010 pukul 16:47

      Untuk tes PMS/IMS biasanya tergantung ada gejala penyakit atau tidak dan yang bisa mengarahkan anda untuk perlu tes atau tidak biasanya dokter. Untuk tes HIV, anda bisa datang langsung ke rumah sakit ini biasanya ada layanan VCT. Bisa saja ke PMI untuk donor darah kan biasanya kalo ada penyakit bisa ketauan karena darah anda akan di-screening (cek). Oh ya untuk tes HIV 6 bulan setelah melakukan hubungan seks terakhir.

      Untuk tes IMS sebaiknya anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin dulu untuk mendapatkan surat keterangan guna dibawa ke lab, kan harus ada dokter pendamping yang akan membaca hasil tes tadi. Kalau anda mau tes ke lab swasta biasanya di sana sudah ada dokter atau konselor yang membantu anda. Mohon anda bertanya dahulu apakah ada dokter / konselor yg bisa membacakan hasil tes jika anda ke lab swasta.

  92. Gon
    26 Oktober 2010 pukul 15:46

    Bro koq pada kepala penis saya bila ereksi terlihat bnyk titik2 bercak merah ya? Tp saya tel merasa skt atau pun ada luka pd penis, Dan belum lama saya di diagnosa mengidap varikokel, apakah itu pengaruh dr varikokel?

    • pisangkipas
      26 Oktober 2010 pukul 16:59

      varikokel itu pelebaran pembuluh darah di penis, pengaruhnya bisa menyebabkan kemandulan, bisa juga tidak tergantung keparahan. Penyebab pastinya masih belum jelas dikalangan medis, namun di perkirakan ini karena suhu yg terlalu panas disekitar testis, memakai celana dalam yg terlalu ketat, dan kurang makan makanan yang mengandung anti oksidan (spt sayuran dan buah). Bisa juga akibat faktor genetik, nah yang ini perlu konsultasi pada dokter. Mudah-mudahan varikokel anda tidak menyebabkan kemandulan.

  93. Gon
    27 Oktober 2010 pukul 04:50

    Sudah bro,ttg varikokel saya sudah ke dokter urologi dan di resepkan obat, dan yg menjadi mslh pd kepala penis saya pd wkt ereksi terlihat bintik2 bercak merah seperti iritasi, tp itu bukan luka atau bintil,kr2 itu knp ya? Thx

    • pisangkipas
      27 Oktober 2010 pukul 07:46

      ya efek dari pelebaran pembuluh darah tadi, yg penting gak menyebabkan sakit berarti gak apa2.

  94. bim
    27 Oktober 2010 pukul 17:01

    maf mo nanya,..
    saya memiliki gejala di alat kelamin saya,.
    saat saya kencing,.tergadang terasa agak sakit,.
    tp saat kecing g kluar nanah,.tp setelah kencing,.kluar nanah dikit sekali dari milut alat kelamin saya,.

    tp tidak ada luka luar??
    cuma beberpa hari ak bengkak.karena terpentok tangki motor,.
    kira2 tu gejala penyakit sipilis bukan ya???
    soalx sy jg sering sex bebas,.tanpa pelindung

    • pisangkipas
      27 Oktober 2010 pukul 17:40

      Itu gejala gonore, klamidia, atau mungkin infeksi lain. Secepatnya periksakan ke dokter ya, seminggu juga paling dah sembuh.

  95. Gon
    27 Oktober 2010 pukul 22:37

    Thx bro infonya,saya sudah ke dokter kelamin katanya tdk ada mslh pd alat kelamin saya,hanya diberi salep,kira2 itu untuk apa ya? Soalnya saya jg belum sempet beli salepnya, Dan apakah varikokel pasti menyebabkan kemandulan? Apakah perlu saya melakukan operasi?

    • pisangkipas
      28 Oktober 2010 pukul 03:59

      Salep apa ya, mungkin untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah atau bisa juga menghilangkan nyeri (emang anda nyeri2?) . Ya pake aja kalo itu memang disuruh dokter.
      Jika anda sering merasakan ada tekanan/tarikan di buah pelir yang menyebabkan nyeri2 mungkin ini bisa menyebabkan kemandulan karena kurangnya suplai darah ke testis. Testis kan tempatnya bikin sperma.

      Hampir 40 % pria di dunia ini mengalami varikokel, ada yang menyebabkan kemandulan ada pula yang tidak. Kebanyakan ya tidak mandul, buktinya penduduk dunia makin banyak aja tuh. Secara umum, varikokel tidak berbahaya kecuali hanya menyebabkan kemandulan. Operasi mungkin bisa dilakukan jika anda sudah menikah tetapi sulit punya anak dan setelah dicek ternyata penyebabnya adalah kualitas sperma anda yang buruk. Operasi dilakukan untuk memperlancar suplai darah yang mengangkut nutrisi dan oksigen ke testis.

      • bowo
        28 Oktober 2010 pukul 05:27

        bro maf mo nanya,..
        saya memiliki gejala di alat kelamin saya,.
        saat saya kencing,.terasa sakit,panas,perih.
        tp saat kecing g kluar nanah,.tp sering keluar cairan agak kental di celana dalam saya..
        tp tidak ada luka luar??dan setelah 1 bulan baru muncul kaya herpes di alat kelamin sy
        kira2 tu gejala penyakit sipilis bukan ya???
        soalx sy jg sering sex bebas,.tanpa pengaman

      • pisangkipas
        28 Oktober 2010 pukul 06:41

        Periksakan ke dokter, itu sperti gejala klamidia

  96. acon
    31 Oktober 2010 pukul 16:50

    saya terkena penyakit GO..
    tp apakah klo dah terkena penyakit GO bsa jg kena sipilis??
    apakah sipilis dan GO sama??
    masalah na d’penis saya keluar nanah dan ad benjolan2 d’ujung penis dah saya blom sunat..
    jadi kulit d’ujung penis saya membengkak..
    apakah ini sudah gejala komplikasi??
    apakah saya sudah hrs rawat inap d’rmh sakit!!
    tolong balas yah..
    saya takut klo biaya pengobatan nya mahal…

    • pisangkipas
      31 Oktober 2010 pukul 18:05

      Bisa saja go berbarengan dengan sipilis, biasanya tidak sampai opname kok. Tapi anda harus secepatnya konsultasi ke dokter ya, jangan ditunda2 ntar beneran lho nginap di rumah sakit.

      Kalo ada obat resep dr dokter, tolong di habiskan ya spy cepet sembuh. Mudah2an seminggu dah sembuh.

  97. Randy
    3 November 2010 pukul 17:16

    bro, saya tidak pernah berhubungan sex dan saya juga sudah sunat. sekitar 3 bulan terakhir timbul semacam bisul di batang penis saya berwarna putih tetapi tidak pecah dan hanya tampak membesar. tidak gatal dan perih juga, saat kencing juga biasa. kira2 kenapa ya?
    Terima kasih..

  98. dibra
    9 November 2010 pukul 10:02

    saya baru saja berhub sex.. stlh itu penis saya terasa sakit,panas n klo kencing terasa sakit… trus saya ada luka di kaki bekas jatuh main bola biasa nya langsung kering luka nya,ttpi ini ga kering2… apakah itu tanda2 pnykt spilis??
    n apa kira2 obat yg bisa saya beli di apotik… krna jujur saya org yg bisa di bilang tidak mampu bayar dokter…
    jd saya minta tlg bngt sama bapak
    thx
    (blm ada sbulan kjadian nya)

    • pisangkipas
      9 November 2010 pukul 16:48

      Sipilis itu jika ada luka atau bintil di penis anda, ini tidak dibarengi dengan rasa sakit saat kencing. Saya menduga anda terkena gonore atau klamidia.
      Mengenai luka yang gak kering, banyak kemungkinannya, tetapi umumnya berhubungan dengan kekebalan tubuh anda yang rendah : bisa karena penyakit organ tubuh spt diabetes atau bisa juga krn infeksi HIV (untuk HIV kecil kemungkinannya jika melihat kejadiannya baru sebulan, kecuali dulu anda pernah ML).

      Saya tidak tahu penyakit anda apa, lain penyakit lain pula obat dan juga dosisnya. Saya menyarankan kpd anda untuk periksa ke puskesmas supaya agak murah karena biasanya puskesmas bisa melayani (dan sudah terbiasa) kok melayani kasus IMS.

  99. Hamba Allah
    9 November 2010 pukul 14:25

    asw…

    ini saya mau tana.
    jujur, saya ank selas bangku SMP namun saya sudah mengenal jauh tentang dunia sex, namun saya tidak tau bahaya sex.

    begi ceritanya

    saya emang sering melakukan sex, tp sex yg ini yg di maksud bukan sex hubungan suami istri. namun cuma ciuman, ama (maap bahsanya agak kasar), maen sedot2an aa kelamin.

    terus, tag lama kemudian, ada bercak merah di kelamin saya ? modelnya sepeti bulatan meah yang tengahnya agak cekung dan pinggir2ya seperti barisan bukit dan ini sangat gatal.

    apakah ini penyakit SYPHILIS ?

    mohon saran bila mana emang ini penyakit SYPHILIS, apa yang harus segera saya lakukan ?

    • pisangkipas
      9 November 2010 pukul 16:39

      iya sepertinya itu sipilis, secepatnya ke dokter (coba ke Dr. spesialis kulit dan kelamin) atau puskesmas ya untuk diobati soalnya kalo dibiarkan bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain.

      • 27 Mei 2011 pukul 16:34

        tapi, saya waktu itu udah ke dokter dan kata dokter itu bukan syphilis, karena katanya panyakit syphilis itu tidak gatal ? Apakah benar ?

        Dan dokter tsb malah memberi obat jamur

  100. water.stryder
    18 November 2010 pukul 03:22

    saya cwo 23th,. trus terang,q pnh jalani free.sex, trakhir,3bln yg lalu n smpe skr uda bhnti,mslhny gni, dsekitar tumbuhny rambut,(antara atas penis n bwh pusar)
    muncul benjolan spt kutil,ptama muncul kecil bgt n skr krg.lbih udah tmbuh sbsar biji kacang ijo,n skr btmbh ad 4 benjolan,. tidak ad rasa sakit, saya kenapa dok…
    tlg bntu saya…. saya pgn smbuh n krn saya 5bln lg mau nikah,n smpe skr saya blm ML sm pasangan krn g pgn dy ttular pnyakit,smntr ini kl lg ’pengen’ sya onani…

    • pisangkipas
      18 November 2010 pukul 12:49

      Banyak kemungkinan jika berkaitan dengan bisul akibat hubungan seks, bisa klamidia, Lymphogranuloma venereum, Molluscum Contagiosum Virus (MCV), jengger ayam, dll. Jika itu sipilis maka bisulnya akan pecah dan menjadi luka. Sebaiknya anda periksa ke dokter ya, soalnya kemungkinan dokter mengambil contoh cairan di dalam bisulmu utk diperiksa di lab (atau dokter memberikan rekomendasi ke lab). Anda tidak usah terlalu khawatir, ini bisa diobati kok asal secepatnya ke dokter ya.

  101. water.stryder
    18 November 2010 pukul 08:35

    dooook…. tolooong…..
    q takut….

  102. water.stryder
    18 November 2010 pukul 15:56

    dok mksh bgt bt masukanny….
    saya sbnrny uda lama pgn kdokter,tp…
    q malu dok….
    kapook q dok… g ngulangin lg…

    • pisangkipas
      18 November 2010 pukul 18:31

      iya sama2, gak usah malu ke dokter, kan udah tugas mereka melayani pasien – privasi kamu terjamin kok.

  103. water.stryder
    20 November 2010 pukul 01:47

    hadeeeeh…
    smlm uda kdokter spesialis… tp uantri dok.. akhirny q plg gra2 uda nguantuk bgt..
    q cb lg tar mlm….
    huffs..

  104. mits
    20 November 2010 pukul 03:42

    Kepala penis sy gatal dan tibul bercak merah, itu terasa setelah melkukn hubg ma pacr? Itu penyakt apa ya!

  105. 25 November 2010 pukul 10:35

    Adakah penyakit TPHA bisa sembuh?
    Krn 3 hari yg lalu, teman saya perg ke lab untk ujian test darah..
    Hasilnya,
    VDRL REACTIVE 1.2
    TPHA POSITIVE
    Jadi aq bertanya dgn teman saya,bahwa adakah pernah dia melakukan seks bebas…dia menjawab tak pernah…
    So adakah jawabn teman saya betul??adakah ia menular melalui kedua ortunya..?

    • pisangkipas
      26 November 2010 pukul 03:42

      Sipilis bisa di sembuhkan. Saya tidak tahu apakah jawaban teman anda betul atau tidak karena itu masalah pribadi.
      Infeksi bisa terjadi pada saat janin masih berada di dalam rahim ibu yg menderita sifilis, jadi penularan dari ortu ke anak memungkinkan. Transmisi melalui donor darah juga bisa terjadi jika donor menderita sifilis (walaupun masih pada tahap stadium awal). Mungkin dia pernah bersentuhan dengan lesi/luka orang yang terkena sipilis, coba tanya teman anda.

      Penularan melalui barang-barang yang tercemar bisa saja terjadi tapi ini masih perlu pengujian lagi.

  106. water.stryder
    27 November 2010 pukul 11:29

    dok…
    q uda ke dkter.spesialis klit n klamin,. q uda crita smuany,. n q cm dikasi salep ”Salticin.Gentamicin 5gram” n katany kl benjolan dlm wktu 2mnggu g ad prubahan (mengecil/hilang) q dsuruh balik lg… gmn menurut dokter pisang.kipas? hehehee…

    • pisangkipas
      27 November 2010 pukul 17:27

      ya saya dah bilang dulu kalo kemungkinannya banyak, ya ikutin saja dulu saran dokter sampe 2 minggu ya. Itu salep utk macem2 infeksi. Mudah2an cepet kempes bisulnya.

  107. donk
    21 Desember 2010 pukul 09:53

    gua blm sunat waktu gua hubungan sekx 2 esokx muncul bintik merah di kepala mr.p mau nanya apa itu gejala spilis yah.thank

    • pisangkipas
      21 Desember 2010 pukul 18:16

      bintik merah itu banyak kemungkinannya (termasuk sipilis), mending diperiksakan ke dokter kulit-kelamin ya..

  108. dul
    3 Februari 2011 pukul 01:14

    di ujung penis saya ada semacam,bentuknya kya jerawat merah
    apkah itu termasuk syphilis???

    kira2 biaya untuk berobat k dokter, mengecek apakah syphilis ato bukan, brapa biayanya??

    • pisangkipas
      3 Februari 2011 pukul 15:09

      banyak kemungkinan termasuk juga sipilis, jika anda pernah melakukan hubungan seks bisa jadi itu sipilis atau infeksi kelamin lainnya. Sebaiknya diperiksakan ke dokter atau ke puskesmas supaya agak murah biayanya.

  109. didi
    21 Februari 2011 pukul 08:42

    maaf sy mw tanya,sy g prnah berhub seks,tp biasax onani,
    di ujung pnis terasa sakit dan daging di ujung pnis bgian dlm wrnax ag lain,plus trasa skit…
    apa itu jg sipillis?
    terima kasih sebelumnya,

    • pisangkipas
      8 Maret 2011 pukul 18:02

      Jika anda tidak pernah melakukan hubungan seksual maka anda tidak terkena sipilis. Gejala yg anda katakan tadi bukan gejala sipilis, sebaiknya kurangi dulu onaninya.

  110. 24 Februari 2011 pukul 06:58

    aduh aku binggung nie,q tekena kencing nanah,aku mau ke dokter malu ama orang tua q,orang tua q gk tau penyakit q…..
    apakah kencing nanah ini bisa sembuh ya…
    mohon batuanya ya….
    plisssss q bingung banget nie
    rasanya q gk sanggup mau hidup lg…
    gimana ya cara menghilangkan kencing nanah..
    tolong batuanya ya
    pliissss
    wasalam mualaikum

    • pisangkipas
      8 Maret 2011 pukul 18:03

      wa’alaikum salam, penyakit kencing nanah bisa diobati dengan cepat jika cepat juga diperiksakan ke dokter. Jadi gak usah bingung ya.

  111. bisa diatur
    1 Maret 2011 pukul 16:33

    saya baru” ne ngrasa dibagian kpla penis saya trsa gatal….dan rsa ny slalu igin kncing..tp sdikit”??saking pnasaran…sya nyoba” onani..dan yg sya ngga sangka air mani saya bercampur dgn darah…apakah itu berbahaya??bila tdk knp…??

  112. agus
    5 Maret 2011 pukul 15:04

    bro tolong pencerahannya…..
    di batang kemaluan saya ada luka bulat basah dan ada cairan putih kental (kyak nanah)…dah luka tersebut ada 4 buah…..nggak ada rasa….kencing pun biasa….saya pernah berhubungan dengan PSK…itu termasuk sipilis nggak bro..????
    trus sipilis ada obat nya atw bisa di sembuhkan nggak bro????thank….

    • pisangkipas
      8 Maret 2011 pukul 18:11

      Sepertinya itu gejala sipilis, secepatnya periksakan ke dokter ya.

  113. rahman
    13 Maret 2011 pukul 13:31

    hy q mau tnya gejala sepilis yang pertama yaitu luka pada alat kelamin
    kalo pada alat kelamin tidak adaluka tp kelamin itu mengeluarkan caira apakah itu tanda dari sepilis juga????

  114. Anonymous
    14 Maret 2011 pukul 12:31

    Dev :
    Duh jadi takut ney. Binun harus apa. Yg jelas kalu pipis terasa panas. Trus ada kuning2 di cd.

    rahman :
    hy q mau tnya gejala sepilis yang pertama yaitu luka pada alat kelamin
    kalo pada alat kelamin tidak adaluka tp kelamin itu mengeluarkan caira apakah itu tanda dari sepilis juga????

    • vian
      21 Desember 2011 pukul 03:46

      sama seperti yang q alami
      rasa takut selalu menghantui.

  115. dwi
    14 Maret 2011 pukul 19:05

    bro saya mau tanya neh..
    seminggu yg lalu saya berhubungan intim dengan pacar saya..
    setelah 3 hari kemudian penis saya terasa gatal di dlm..penginnya kencing terus..
    sekarang malahan keluar cairan bening dari dlm penis.
    di kepala penis saya juga ada bercak2 merah..
    apakah saya terkena sipillis bro??
    tolong berikan jwaban,karna saya tkut dan bingung harus bagaimana..

  116. yo'i
    21 Maret 2011 pukul 08:43

    apakah bisa sipilis muncul setelah masa inkubasi misal setelah 4 bulan berhubungan

  117. hitam
    28 Maret 2011 pukul 21:52

    bro saya tidak pernah mlakukan hbngn seks maupun oral seks tp saya sering onani, kemudian beberapa belakangan ini diujung penis saya muncul benjolan agak kemerahan mirip kutil mirip juga jerawat, didaerah kntung buah zakar saya juga ada, dan daerah ksekitar klamin saya terasa gatal, emng sih saya kurng mnjaga klmbaban kelamin saya, so bro apa itu ad/ sipilis ato itu penyakit lain??penyakit apa??apakah onani bs menyebabkan sipilis ato pnyakit klamin lainnya??

  118. roni
    30 Maret 2011 pukul 06:36

    bro, saya sering berhubungan intim dg pacar saya (lebih sering oral). Sebelumnya ga ada masalah, hingga tadi pas buang air kecil, baru sadar di penis saya ada bercak merah, satu doang di kepala penis. Bentuknya seperti luka tergores (pendarahan dalam) dan spt kulit terkelupas, tp tidak sakit ketika dipencet. Kira2 itu apa ya bro..nuhun..diantosan penjelasannya

  119. 5 April 2011 pukul 07:33

    2 mingg lalu sy brhbngn bdn sm pcr sya, stlh 2 minggu stiap buang air ujng pnis sya perih, dan mengeluarkan cairan seperti nana stiap bgun tdur,dan bengkang di sktr lingkran dkt kpla pnis, sprt di disengat tawon tp stlh krng lbh 2 minggu tdk trsa perh lg klw buang air,dan bengkaknya hilang tp msh mengeluarkan cairan agak kental sepert brwana bning kekuningan disertai batuk udah 2 minggu, dan 2 hari ini kpla sya pusing dan bdn sya panas, ap ini trmasuk sipilis

  120. 5 April 2011 pukul 11:47

    Tolong bantuannya ..
    penis saya kalau kencing kluar dgn darah ..
    saya sudah terkena spilis ..
    apa bisa di obati >..?
    trus obatnya apa … tolong bantuannya saudara2 .. thnks.

  121. gejek mati rasa
    5 April 2011 pukul 16:33

    saya dah 1minggu nie lok kncing perih bgt,, trz kluar nanas dkit”.. kdang skt kdang g skt… trz jga g ad lka da penis aq.. ap tu gejala sipilis y.. aq btuh info nie. ,mksh.

  122. Sef
    9 Mei 2011 pukul 13:12

    Saya mau nanya kl spylis minum super tetra (tetracycline) bagus gak/atau mujarap gak?

    trus kl diminum buat ibu menyusui yg kena spylis boleh gak?

  123. adi
    25 Mei 2011 pukul 07:47

    z tekena sepilis tapi sudah sembuh tapi kalu buang air kencing warnax kuning terus sudah 3 blan toplong saRAN NYA

  124. 25 Mei 2011 pukul 13:36

    Dokter,minta saran dunk,aku ne kl hbs melakukan hub seksual ma pcr aku,kn di penis aku,di kulitny da bintik merah2 kyk luka sari awan..kdg bs hlg sndr..kl hbs melakukan hub seksual gk pake kondom,pst keluar bintik merah2 kyk sari awan..ud lama penyakitny..minta tolong dokter,kc tau penyakit apa?mah bahaya ngk??aku bnr2 mnt tolong ma dokter pisang..plisss tolong bgt..aku takut banget dokter….

  125. boenchiet
    28 Juni 2011 pukul 21:04

    broo dulu penis ane pernah ngeluarin nanah trus ane ke dokter kemudian disuntik n di kasih resep obat tapi resepnya gak ane tebus setelah itu nanahnya gak keluar lagi…..sekarang ane udah 2th menikah lom punya anak apakah ini efek dari penyakit kencing nanah ya tolong di bales ke email saya rasakacang@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

  126. Anonymous
    4 Juli 2011 pukul 00:39

    saya gejalanya ga ada tpi di bagian bwah kpala alt klmin ada luka n berair apa sipilis in??????tlong bntu sya bru prtma,,,,jdi tkut,skit sik gak

  127. Anonymous
    5 Juli 2011 pukul 01:59

    mas aku mau tanya di testisku adabenjolan-benjolan kayak jerawat n banyak apa itu spilis?

  128. hamba allah2
    5 Juli 2011 pukul 15:57

    kalau begini aku nyesel banget :(

  129. 9087
    14 Juli 2011 pukul 12:31

    mcm mana aku kena siplis 1mmgu lalu..adakah aku akn terkena lgi dgn perempuan itu/???

  130. 9087
    14 Juli 2011 pukul 12:44

    akn terkene semula pda perempuan yg sama sypilis ke??jika aku main lgi dgn dye

  131. .m.
    8 Agustus 2011 pukul 07:23

    aku mau nanya, 2 mggu yg lalu d kepala penisq timbul bentol merah seperti ggt nyamuk, tp lama ke lamaan kult mr.p ku jd trkelupas n kering, dan kemudian bbrapa hari tmbul sperti bentol2 b’nanah tp gag ada nanah kalo d kupas tmbul sprti luka2 gt, n lama2 klamaan trttp lg, n kalo m’jelang tdur kdang penis+sktarnya gatal2, kra2 aku trkena apa? Apa sifilis to jamur?

  132. .m.
    8 Agustus 2011 pukul 12:44

    aku mau nanya, 2 mggu yg
    lalu d kepala penisq timbul
    bentol merah seperti ggt
    nyamuk, tp lama ke
    lamaan kult mr.p ku jd
    trkelupas n kering, dan
    kemudian bbrapa hari
    tmbul sperti bentol2
    b’nanah tp gag ada nanah
    kalo d kupas tmbul sprti
    luka2 gt, n lama2 klamaan
    trttp lg, n kalo m’jelang
    tdur kdang penis+sktarnya
    gatal2, kra2 aku trkena
    apa? Apa sifilis to jamur?

  133. 8 Agustus 2011 pukul 12:49

    bro saya mau nanya d kepala penisku ada kaya bercak luka merah tapi itupun kalo kulitnya terkelupas,tapi kalo kering ketutup lagi

  134. sobat
    9 Agustus 2011 pukul 14:11

    drumah sakit obat suntik sifilis g ad..trus dsuru beli dluar sam dokternya..beli dmana yaa..ap d apotik ad obat suntik buat sifilis?

  135. lolipop
    9 Agustus 2011 pukul 16:34

    Saya mau Tanya habis seks ,, tiba” diskitar pangkal penis ada bintik putih gatal teruz di garuk timbul luka basah sempet mengeluarkan cairan seperti nanah 1x , gatel luar biasa . Setelah itu saya kasih bedak caladine (bedak gatal), hasil’a gatal’a ilang, luka’a langsung mengering, tp luka’a Ga ilang”.. Bru sktiar 1 mingguan lah . Knp yah itu ?? Mohon di balaz , please ..

  136. radit
    11 Agustus 2011 pukul 09:00

    aku mau nanya, 2 mggu yg
    lalu d kepala penisq timbul
    bentol merah seperti ggt
    nyamuk, tp lama ke
    lamaan kult mr.p ku jd
    trkelupas n kering, dan
    kemudian bbrapa hari
    tmbul sperti bentol2
    b’nanah tp gag ada nanah
    kalo d kupas tmbul sprti
    luka2 gt, n lama2 klamaan
    trttp lg, n kalo m’jelang
    tdur kdang penis+sktarnya
    gatal2, kra2 aku trkena
    apa? Apa sifilis to jamur?

    • bagus
      11 Agustus 2011 pukul 15:56

      asep :
      kalau obat spilis ada nga di apotik,dan untuk pola makanan nya apa aja sih yg bisa lebih baik.dan mkn apa aja yg nga blh.terimksh tlg dong….di jawab

      radit :
      aku mau nanya, 2 mggu yg
      lalu d kepala penisq timbul
      bentol merah seperti ggt
      nyamuk, tp lama ke
      lamaan kult mr.p ku jd
      trkelupas n kering, dan
      kemudian bbrapa hari
      tmbul sperti bentol2
      b’nanah tp gag ada nanah
      kalo d kupas tmbul sprti
      luka2 gt, n lama2 klamaan
      trttp lg, n kalo m’jelang
      tdur kdang penis+sktarnya
      gatal2, kra2 aku trkena
      apa? Apa sifilis to jamur?

  137. Aldy
    22 Agustus 2011 pukul 00:20

    Saya tidak pernah berhubungan sex , tapi gejala gejala spilis hampir sama dgn penyakit saya , tolong di bantu ya secepatnya ….

  138. alex
    22 Agustus 2011 pukul 04:26

    Saya mau tanya tes darah apa bisa mendeteksi spilis ?

  139. 9 September 2011 pukul 20:24

    bro kepala penis gw wrna nya pucat…
    trus klo gw nge seks sama pcar gw jd gk ad rsanya…
    malah sma yg laen jg…

    thank’s

  140. 20 September 2011 pukul 09:55

    tolong saya pa dan tolong bantuan nya.apa ada yang bisa jelasin agar saya bisa tenang…..saya pernah hub badan dan tu juga saya jajan….saya kata nya terkena splis apa benar?saya tau itu pas 2-3 hari pas saat kencing saya liat ada nanah di CD,tp sakit nya hanya di ujung setelah kencing saja tamabah kesini tambah sakit…dan itu jga kadang2 ga sakit kencingnya.saya sudah periksa ke dokter umum itu jga demi kesembuhan saya rasa malu pun saya buang,,,dan di kasih obat buat 2 minggu ada 3 jenis obat yang saya minum skarang.3×1,3×1,2×1(aturan minum nya),.tp sudah seminggu saya minum kok blm ada perubahan yah…apa penyakit ini bisa di hilangkan..dan saya harus gmn…???mohon bantuan nya masalah gatal,bintik,kutil, itu ga ada cma rasa sakit saja sama nanah nya yang saya sekarang alamin….muhon di bantu secepat nya…gini pa kirim email saja jawaban nya buat agar saya bisa nnya2 lagi masalah selanjut nya…supaya saya tenang pa..tp penyakit ini emang harus di suntik trus obat jga yah?terimakasih sebelum nya coretan bapa sangat membantu saya.ini email saya [ade_saja88@yahoo.co.id] _/’\_.

    • pisangkipas
      22 November 2011 pukul 04:34

      Bisa gonore, bisa pula non gonore misalnya klamidia. obatnya apa?

  141. 21 Oktober 2011 pukul 05:52

    Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,MATA MINUS,autis,epilepsi,asam urat ,kolesterol,stroke,kista,PENYUBUR KANDUNGAN,keputihan,asma,maag,kanker rahim,serviks,penyakit menular seksual,kanker otak,KANKER PAYUDARA,diabetes,hiper/hipo tensi,,TBC,radang paru,dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 Kunjungi Page kami di http://www.facebook.com/pengobatantradisionalalami

  142. dave
    27 Oktober 2011 pukul 08:19

    Bro, mohon bantuannya, seminggu stlh saya berhubungan sex dengan psk, kepala penis saya lecet, tetapi tidak sakit, dan sekarang kepala penis saya ada bintik2 sperti jerawat dan sperti melepuh. Apakah ini spilis?
    Trus sebelum muncul gejala, kira2 2-3 hari sebelumnya saya pernah petting sama pacar saya, dan saya mengosok2kan penis saya di bibir vagina pacar saya, apa pacar saya juga akan terinfeksi??
    Mohon bantuannya

    • pisangkipas
      22 November 2011 pukul 04:36

      sepertinya memang sipilis karena ini penyakit menular seksual yang umum terjadi. Pacarmu bisa terkena jika lukanya sudah kelihatan melepuhnya. Coba periksa ke lab via dokter.

  143. Anonymous
    1 November 2011 pukul 01:55

    dokter umum bias nda mengatasi penyakit spilis ini.

    • pisangkipas
      22 November 2011 pukul 04:41

      ada yang bisa ada yang gak, masalahnya penyakit sipilis kadang tidak bisa diobati sekali diobati jika telat pengobatannya.

  144. moncar
    8 November 2011 pukul 20:05

    malam…
    anggap saja saya dulu bandel. lalu saya tobat.
    rencana ingin hidup sehat, tapi g tau di tubuh saya ada penyakit apa…? jadi kalau mau pengecekan kesehatan seksual saya harus bilang apa ke RS. atau puskesmas?

    jenis tes apa yang harus saya lakukan dan dimana rekomendasinya?
    kadang kalau datang, tatapan mata sebel dan merendahkan yang bikin down…
    saya dijakarta. terimakasih.

    • pisangkipas
      22 November 2011 pukul 04:39

      Kalo anda ke rs atau puskesmas bilang ke dokter keluhannya apa. Mending ke dokter kulit kelamin aja, biasanya beliau2 bisa langsung tanggap.

  145. 16 November 2011 pukul 15:10

    dok saya terkena penyakit vdrl +1/2
    sedangkan saya pengen pergi ke luar negri
    ada yang bilang bisa disembuhkan dengan suntik vdrl 2kali
    apakah itu benar
    saya sendiri baru tau setelah di medikal 2hari yang lalu,
    tolong jawabanya.

  146. andy
    21 November 2011 pukul 18:09

    bro mau nanya neh.. klo hasil lab na gni mksd na apa y bro??
    hasil | nilai rujukan
    TPHA negatif negatif
    VDRL negatif negatif

    urine
    warna : kuning
    kejernihan : jernih
    berat jenis : 1,006
    ph : 6,0
    protein : negatif
    glukosa : negatif
    keton : negatif
    bilirubin : negatif
    urobilinogen : negatif
    leukosit : negatif
    darah(haem) : negatif
    nitrit : negatif
    sedimen eritosit : 0 – 1
    leukosit : 0 – 1
    epithel : 0 – 2
    silinder : negatif
    kristal : negatif
    lain -lain : negatif
    nah habis konsultasi kmaren ma dkter spkk saya dia bilang saya ngak kenapa2 bro…tgl 7 oktbr kmaren nah ko sekarang ne kemaluan saya ada muncul luka ya bro??trus agak gatal gt d bagian leher na??kira2 apa y penyebab luka sama gatal2 ini lg bro??

  147. pisangkipas
    22 November 2011 pukul 04:26

    Memang benar kata dokter bahwa anda sehat2 aja (saat itu), sekarang cek lagi ke dokter karena bisa jadi gejalanya baru muncul. Namun bukan berarti kalo ada luka itu pasti karena sipilis, bisa jadi penyakit lain misal keseringan digaruk atau onani. Selama anda merasa gak pernah berhubungan seks bebas maka hampir tidak ada kemungkinan terkena penyakit sipilis.

    • 30 Desember 2011 pukul 13:46

      maaf mas,saya mau tanya ..kan saya pernah “maaf” menjilati v pacar saya,dan itu saya lakukan pada waktu pacar saya haid,tak sengaja darah yang ada di v pacar saya terkena lidah saya ..pertamanya sih tidak terjadi apa”,namun setelah beberapa hari,di bagian mulut dalam saya terdapat bintik” seperti sariawan ..apakah itu penyakit sifilis?
      saya belum pernah konsultasi ke dokter,soalnya saya takut ortu saya tahu ..maklum mas saya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama ..tolong jawab ya mas

  148. emanuel ebu
    2 Desember 2011 pukul 14:46

    selamat malam , saya aktif donor darah sejak tahun 2005, Tiga bulan lalu saya adalah donor yg ke-23, pada saat mau donor yg ke 24 bulan nopember ini, kata petugas PMI darah saya yg kemarin (ke23) tdk bisa dipakai karena ada penyakit spilis, dan pada saat dicheck lagi di laboratorium hasilnya tetap sama. yang sy herankan adalah sejak dulu sy tdk pernah berhubungan seks bebas, hanya dengan istri saya, di badan saya tidak ada tanda2x seperti gejala spilis yg dipaparkan, apa labnya PMI bisa salah?..apa mungkin istri saya yg menularkan penyakit spilis ini?g imana tanda2x perempuan yg terkena spilis? ,.Help me bro, maaf agak panjang hehehe, sekalian curhat gitu,. sebelumnya sy ucapkan terima kasih

    • Anonymous
      4 Desember 2011 pukul 14:58

      saya mw tanya, saya sering berhub seks dg istri sya. kl saya kencing penis saya terasa sakit dan tiap kali keluar nanah. apakah saya terkena sipilis? apkah penyakit tersebut dpt sembuh dan tdk muncul kembali? obat untuk menyebuhkan sipilis tu ap?
      mksh

  149. 11 Desember 2011 pukul 19:06

    dok mau tanya koq penis saya suka bau2 begitu ya
    teros biji saya kalo di angkat berwana merah jawab yha pak

  150. ala'encit
    17 Desember 2011 pukul 12:48

    Mau tanya dong..
    Di bawah bibir penis gw ada kaya jerawat kecil tapi dia ngeluarin cairan..
    Penyakit apa yah itu?
    Tolong info nya?

  151. vian
    21 Desember 2011 pukul 03:36

    mau tanya dong…!!!
    pada saat kencing merasakan rasa sakit tapi tidak mngeluarkan nanah pada saat kencing,namun di celana dalam suka ada bercak cairan seperti seperma,,apakah saya terkena sepilis????sebelumnya saya tidak pernah jajan!!!
    tolong info’a ya dok,,terimakasih sebelumnya.

  152. 30 Desember 2011 pukul 13:50

    saya mau tanya mas ..kan saya pernah “maaf” menjilati v pacar saya,dan itu saya lakukan ketika pacar saya haid ..awalnya sih tidak terjadi apa”,namun setelah beberapa hari,di bagian dalam mulut saya terdapat bercak” seperti sariawan,namun tidak terasa perih …apakah itu sifilis mas?

    saya belum pernah konsultasi ke dokter,karena saya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama

  153. idoy
    18 Januari 2012 pukul 04:15

    bro,klo periksa ke dokter dan berobat sampai beres kira2 habis berapa uang nya untuk penyakit gonore ato sifilis,terus cek darah kira2 brapa?klo di puskesmas bisa cek darah gak yah?balas ke email saya.
    jodhiexactana@yahoo.com
    makasih yah bro.

  154. ali
    18 Januari 2012 pukul 12:53

    sudah satu tahun ada luka di antara anus dan buah zakar.. ga sakit tp mengeluarkan cairan dari luka bukan dari penis dan bau.itu penyakit apa ya?? dan bagaimana pengobatannya??

  155. 22 Januari 2012 pukul 14:02

    brp ya biaya utk tes sipilis / Hiv ???

  156. buddy
    7 Februari 2012 pukul 18:07

    seseorang di nyatakan sipilis positif……apa sudah tentu dia HIV????

    • pisangkipas
      19 Maret 2012 pukul 13:29

      belum tentu, tapi luka sipilis bisa menjadi jalan masuk kuman HIV

  157. Anonymous
    11 Februari 2012 pukul 15:31

    ass,, saya saat di medikal ada vdrl 1:1, tpha (-), pdhl saya mau keluar negri, apa bisa itu dihilangkan? bagaimna caranya?? mhon bantuannya, trims

  158. 24 Februari 2012 pukul 09:35

    mau nanya nih ko di leher penis gw ada kaya luka kaya kawah gitu gk sakit gk kluar apa2 kecil tapi dok belom pernah ciuman ataupun berhubungan pm saya ya dok please saya butuh

  159. suryadi
    7 Maret 2012 pukul 15:53

    Saya 2 tahun yang lalu pernah tertular saya tidak tau itu gonore atau sipilis, saya obati dengan minum supertetra dan kasul dumex, dan saya cuci penis dengan abotyl, dan sembuh,. Tetapi mengapa baru2 ini saya keluar kencing nanah lagi, tapi tidak ada rasa nyeri, gatal, atau panas, apakah bisa kambuh lagi ? Dan apakah nama penyakit yang saya alami ini ? Mohon infonya

  160. budi
    13 Maret 2012 pukul 09:07

    dok mau tanya nih…. pas abis pepsi.. ad cairan kental puth di ujung mr.p, kmdian sy pencet ujungnya keluar lagi.. jd asalnya dr ujung mr.p.. tdk ad rasa sakit atau panas waktu pipis, hanya sdikit gatal pd ujung mr.p… mohon info gejala ap y dok?.. mkasih sblumnya

  161. dudi
    13 Maret 2012 pukul 21:46

    Sy 2 minggu lalu berhubungan sama pacar saya. Seminggu lalu, saat kencing merasa tidak nyaman dan anyang2an . Kemudian beberapa hari kemudian keluar cairan bening merembes keluar dari penis sampai sekarang, hingga saya memakai diapers supaya tidak mengotori celana dalam. Setelah keluar cairan, kalau kencing saya agak merasa sakit. Saya sudah cek ke dokter diambil sampel cairan bening itu dan hasilnya negatif semua, tida ada infeksi kuman dan lain-lain. Tes urin juga kata dokter hasilnya baik, tidak ada infeksin so dokter malah bilang saya sakit psikis karena stress. Apakah gejala semacam ini bisa juga gejala penyakit lain selain klaimidia ? Kira2 sakit apa ya kalau bukan infeksi ? Trims sebelumnya atas jawabannya.

  162. Hengky
    30 Maret 2012 pukul 12:38

    MOHON DIJAWAB BAGI YANG TAU DAN BACA YA..
    saya sudah 1 minggu lebih merasakan gejala penis saya sakit pada saat kencing, trus panas… kemudian saya minum amoxcilin.. rasa sakitnya udah berkurang pd saat kencing, pada saat kencing pun tidak keluar cairan2 putih dan lainnya.. tapi cairan kuning dan kental (seperti nanah tapi tidak berbau) keluar dengan intensitas jarang… apa ini sipilis ya?>> memang sebelumnya saya berhubungan seks, tapi itu seminggu sebelumnya.. mohon jawaban bagi kamu2 yang tau.,. thanks

    • pisangkipas
      2 April 2012 pukul 05:42

      itu gejala gonore atau bisa juga klamidia. Kalo masih bergejala, berobatlah ke dokter secepatnya.

  163. danieldanizh
    1 April 2012 pukul 14:52

    Sebulan lalu saya terkena sipilis tahap 2..dan sudah disuntik penicillin selama 15x oleh dokter sp.kulit&kelamin ,bercak merah kehitamannya sudah hilang setlah di suntik,tetapi seminggu setelah selesai pengobatan berecak merah kehitamannya kembali lagi dan mulai agak banyak di sekitar telapak kaki dan tangan,menurut anda itu apa penyebabnya yah?

    • pisangkipas
      2 April 2012 pukul 05:45

      datang lagi ke dokter supaya pengobatannya tuntas. Ingat, walaupun obat sudah habis tetap harus cek ke dokter untuk kepastian kesembuhan.

  164. hendea
    15 April 2012 pukul 11:47

    sebulan yang lalu saya pernah terkena sifilis,kencing keluar nanah dan darah selama 3 hari,setelah itu saya berobat ke klinik 24jam dan dinyatakan oleh dokter saya mengidap penyakit sifilis (rajasinga)dan saya disuntik di pantat saya 2 suntingan dan diberikan 20 pil obat anti biotik 2macam,tp sy tidak tau apa nama antibiotik tersebut,yang saya tau hanya yang di suntikan di pantat saya adalah cairan obat penisilin,setelah itu kencing nanah dan darah saya sembuh dan 2hari kemudian dikelamin saya timbul kutil yang menyerupai jengger ayam,menurut anda apakah penyakit sifilis saya masih ada dengan timbulnya jengger ayam

  165. gost kaLimaNTan
    19 April 2012 pukul 18:04

    penis saya sewaktu selesai kencing keluar darah..
    Saya periksa Kata dokter saya kena kencing batu..memang saya jarang mnum air putih..
    selang sehari..keluar nanah..
    tpi kencing saya tidak sakit..
    Ketika penis saya sedang on baru terasa sakitx..

  166. Anonymous
    23 April 2012 pukul 02:19

    nanya dok, hasil TPHA dan VDRL saya reaktif. dan saya sudah 3 bulan menjalani pengobatan, hasil TPHA dan VDrrL berturut2 pertama saya 1/80 dan 1:6 dan d\ kedua non re actif dan 1:4 yang ketiga 1/80 dan 1:2 bagaimana men\mbaca itu? saya ga tau. karena dokter SPKK menghentikan pengobatan dan menggantinya dengan vitamin tubuh dan antibiotik diganti dengan antibiotik yang mengandung aciclovir dan untuk 1mggu serta tidak menyarankan pengecekan serologi lagi.. mohon tanggapannya.

  167. adiy
    26 April 2012 pukul 09:59

    dokter,,,,,di ujung penis saya sekarang banyak terlihat bintik” putih spt jerawat, memang saya pernah melakukan hub seks , tapi sebelum saya melakukan seks juga dah ada bintik putih itu, tapi ngak telalu banyak, apa ini salah satu dari penyakit itu dok? mohon penjelasannya ,biar saya bisa tegas tuk ke dokter,,,,makasih

    • ade
      18 September 2012 pukul 06:28

      Test terakhir vdrl sama tpha nya bagaimana?

  168. yadaski
    27 April 2012 pukul 18:21

    kemarin saya sudah sembuh tetapi sekarang kok timbul lagi gatal gatal di bagian penis jika di tekan, mengeluarkan sepeti nanah yang,saya mau tanyak bagai mana cara pengobatannya agar sembuh total?tolong ya dok?

  169. yo
    4 Mei 2012 pukul 17:07

    Kalo kantung buah zakar saya gatal dan perih se perti terbakar itu karena apa yah?

  170. wml
    20 Mei 2012 pukul 12:26

    Dok, minta bantuannya, pada kulit buah zakar saya ada bintik2 kecil yang terkadang gatal. Pertama kali saya mengalaminya sewaktu kuliah hanya ada 2-3 bintik saja yang lama kelamaan pecah dan keluar seperti nasi. Begitu pecah tidak lama kemudian timbul 1 ato 2 lagi, begitu selanjutnya, krna tidak mengganggu aktivitas saya biarkan saja. Dan jumlahnya sedikit, selang 6 tahun setelah sya sadari ternyata bintik itu tidak hilang sekarang agak banyak dan terkadang gatal. Setelah sya browsing apakah benar SAYA TERKENA MCV ? Saya browsing katanya bisa menggunakan asam salisilat, callusol + betadine, apakah itu bisa menyembuhkan dan tidak bahaya untuk kelamin ? Kalo berobat ke dokter spesialis biayanya berapa y dok ? Maaf saya awam. Terima kasih atas bantuannya ?

  171. candra
    15 Juni 2012 pukul 07:20

    ass bro,,,
    waktu itu sekitar 3-4 mingguan w pernah melakukan hubungan sex dengan mantan w,tapi setelah lama-lama w kalo kencing ko gatal ya,terus kalo pagi keluar cairan putih,tapi bukan nanah…dan ga ada luka di penis ataupun bintik bitik..cuma rasanya pgn buang air kecil terus,dan kalo pagi udah 2 hari ini klo buang air kecil keluar cairan putih seperti sperma sedikit,,w kena penyakit apa ya bro?apa bisa di sembuhkan dengan total dan tidak kambuh lagi?tolong di jawab ya bro,penting bgt,,,W GA TENANG NIH BRO SEBELUM DI JAWAB..krn w takut dan malu bgt..
    thanks ya bro,,tolong balas ke E-MAIL saya.

    • Anonymous
      15 Juni 2012 pukul 17:51

      sepertinya klamidia, kalo gonore agak mirip2 tapi melihat jangka waktunya udah lewat seminggu berarti kecil kemungkinan kalo anda kena gonore, datang aja ke puskesmas untuk diperiksakan dan diobati ya.

      • candra
        16 Juni 2012 pukul 02:36

        ok bro,ada tambahan nih sedikit..kira-kira bisa di sembuhkan dengan total GA ya?dan kira-kira kalo berobat menurut lu bro butuh biaya berapa?soalnya keuangan menipis nih,,hehehe..jawab ya bro :-D

  172. candra
    16 Juni 2012 pukul 13:33

    jawab dong mas bro,kira-kira butuh biaya brp untuk pengobatannya?saya orang tidak mampu :-(

  173. Anonymous
    16 Juni 2012 pukul 18:50

    Bisa disembuhkan kok asal ngikutin petunjuk dokter. kalo di puskesmas murah kok, coba dulu lah tanya2.

    • candra
      17 Juni 2012 pukul 07:25

      menurut anda kira-kira brp bro?jawab ya,supaya w bisa cari duit tambahan… :-D

  174. bastian
    17 Juni 2012 pukul 08:46

    Artikel ini sudah lama sekali ya,mudah-mudahan adminnya masih eksis :) . Aku mau tanya dong, aku baru ngeh kayaknya terkena gejala sipilis bbrp hari ini june 2012 setelah browsing2 di internet. Dulu pertengahan 2010 saya pernah melakukan sex tdk aman dgn pasangan dan beberapa hari stlh itu ketika hendak buang air kecil terasa sangat sakit sampe2 takut waktu kebelet pipis. Selang bbrp lama(saya lupa) ada benjolan spt jerawat di batang penis saya, kemudian saya pecahkan keluar nanah dan darah. Itu basah dan perih banget. Kemudian sembuh dengan sendirinya. Pernah juga kayak ada luka lecet gitu dipenis dan terasa perih. Dan sampe skrg 2012 ini ga ada gejala berarti yang timbul. Terakhir bbrp hari lalu 15 june 2012 melakukan hub sexual lagi dgn tdk aman juga. Saya jadi beneran takut sekarang. Karena tdk pernah memeriksakan apa yg terjadi ke dokter karena malu dan takut biayanya gede. Sekarang ini setelah 2 hari berhub seks ada benjolan merah di tangan (bukan telapak tangan) kayak jerawat tp sakit. Sekarang apa yang harus saya lakukan? Saya takut sipilis saya sdh sangat parah. :( Bisa disembuhkan gak? Kira-kira berapa ya biaya pemeriksaan dan obat kalo ke dokter sPkk? Mohon infonya mas admin,saya butuh sekali. Balas email ya. Terima kasih

  175. dwi
    22 Juni 2012 pukul 02:39

    maaf saya mau tanya….. kmrn saya berhubungan sex, setelah satu minggu kemudian, penis saya kalau di buat pipis terasa perih, dan sering kluar cairan putih, sedikid sih…kaya sperma gitu,…… apakah saya terkena sipilis?,
    dan saya kasih obat super tetra dan ampicilin kira2 gmn dok… mohon balasanya dok. trimakasih

  176. 23 Juni 2012 pukul 02:24

    mau tanya,,, d pnis saya timbul bercak merah,,,,, apa itu sipilis,,, tapi saya tidak prnah lakkan hubungan sex dg siapapun,,,,,(tapi sering coli) apa it sipilis,,,???

  177. ramaja
    5 Juli 2012 pukul 00:03

    @pisang kipas: dok, mau tanya nih, saya belum pernah melakukan hubungan intim dg siapapun, tapi saya terkadang onani. tiba2 ada 1 benjolan di batang mr.p saya, lalu saya pencet kok keluar nanah, itu apa yah? mohon dibalas.

  178. bernad
    31 Juli 2012 pukul 16:07

    apakah sipilis bisa di cek dngan tes urin

    • Anonymous
      15 Oktober 2012 pukul 05:50

      bisanya tes darah, tes darah….

  179. roni
    2 Agustus 2012 pukul 06:41

    Bro gw mau tanya, gw pernah melakukan ML sama mantan pacar, setelah itu setahun yg gw alami penis gw diujungnya ada benjolan terus gw juga pernah sakit kalo kencing dan ada bercak2 di celana dalam gw, terus dikaki dan tangan gw juga suka ada bisul kecil2 yg keluarin cairan bening dan terasa gatal bgt susah sembuh dan pindah2 tempat, dipaha kiri dan kanan gw ada bercak merah kaya abis dikeriokin tp ga gatal da ga ilang2 dan belakangan juga jantung gw suka sakit, gw pernah kedokter dirumah sakit besar dijakarta selatan dikasih obat cefadroxil 500mg, sama ozen, yg satu lg lupa nama obtanya tp ga sembuh juga, kl obatnya abis kumat lg, mohon dibantu kira2 gw sakit apa? Terus pengobatannya yg udah biasa ngobatin penyakit itu dimana kl bisa info daerah sekitar jaksel, thanks ya bro

    • ade
      18 September 2012 pukul 06:41

      Coba cek laboratorium udah? Ke puskesmas ppenyedia layanan ims brotha, dicek aajah gejala apa biar nanti di treatment kalaau ada indikasi ims,! Perkuat daya tahan tubuh juga brotha.

  180. Anonymous
    2 Agustus 2012 pukul 06:51

    mau tanya.. saya sudah satu bulan ini merasakan gejala sipilis, kira2 kalu saya berobat ke puskesmas. berapa lama ya penyembuhan nya. trimakasih

    • ade
      18 September 2012 pukul 06:38

      Tergantung dari daya tahan tubuh kita brotha, penerapan hdp sehat dan memperkaya anti oksidan alami bagus buat tbh kita

  181. cilezza
    10 Agustus 2012 pukul 05:15

    bro gw mau tanya donk, gw kena sipilis, gw udah minum acycrophil yang 400 g seminggu lebih n udah pake salep nya jg, tp kok masih ada benjolan ya di kepala penis gw, ada sekitar 4 lagi, apakah gw harus minum acycrphil lg atau kasih salep nya lagi??

  182. ica
    11 Agustus 2012 pukul 01:53

    aq tidak pernah melakukan hubungan seksual sama sekali, tp pas tes kesehatan untuk pengurusan visa pelajar kemaren tb2 aq didiagnosa kena sipilis dg VDRL 1:8. aq g percaya akhirnya aq tes laboratorium di tempat lain tp tes nya TPHA n hasilnya negatif. Kondisi saya baik2 saja tidak ada gejala apa2 dg alat kelamin sy. Kira2 aq harus tes lagi tidak?

    • Anonymous
      15 Oktober 2012 pukul 05:46

      sifilis secara fisik memang sehat2 saja, karena bakteri mengendap di kelanjar getah bening dan darah.
      lama2 bakteri akan menyerang syaraf dan organ tubuh lain.

      ke dokter spesialis aja, biar di suntik pensislin.

  183. donovan
    24 Agustus 2012 pukul 17:38

    @pisangkipas

    kak numpang tny , kalau kencing trus terasa nyeri dan habis kencing terasa mau kencing lagi dan tetep nyeri , lalu keluar cairan putih …ini saya alami setelah saya melakukan seks dgn PSK , tolong pencerahan nya thx

    • ade
      18 September 2012 pukul 06:36

      Mungkin ke go brotha, tp pastikan ajah dulu , cek ke puskesmas or dokter kulit dan kelamin, nanti biar langsung diterapi antibiotik, semangat

  184. 28 Agustus 2012 pukul 20:19

    bro saya pernah melakukan hubungan sex dgn seorang janda,nah semenjak itu sebulan kemudian pd pinggir tepatnya dibawah ujung alat kelamin saya terasa sangat gatal dan kadang2 menimbulkan nyeri pd ujung kelamin saya.Belakangan ini jg timbul bintik merah,bintik itu tidak gatal ataupun sakit malah pinggir dibawah ujung kelamin saya gatal sampai berbekas seperti ganti kulit..
    Dan setiap saya berhubungan bdn dengan istri saya alat kelamin istri saya menjadi bau tak sedap.

    gejala penyakit apa ya???

    mohon balasannya bro

  185. jo
    6 September 2012 pukul 06:02

    sya baru saja dari dokter,,, dn positif terjaring spilis,, baru 2X SAYA minum obt dri dokter apa penyakit ini bisa di sembuhkan total,, mohon pencerahannya agar saya tidk selalu murung dan putus harapan, trim’s

    • ade
      18 September 2012 pukul 06:33

      Bisa sembuh kok brotha, tetep hdp sehat ajah….and jalani prosedur dr dokter, semangat

  186. Dendy
    15 September 2012 pukul 10:09

    Bro mau tanya, apa dipenis bisa tumbuh kurap, bukan lesi ato kulit mengelupas tapi kurap melingkar. Mohon penjelasannya bro, saya takut sekali. Saya awalnya gatal-gatal didaerah scrotum, testis sudah menjalar penis, tidak ada bentol-bentol cuma ada kurap melingkar dipenisnya. Saya peenah melakukan hub kira-kira 2 bulan yg lalu. Mohon jawabannya, saya terkena sifilis atau hiv. Saya benar-benar takut dan tidak akan mengulangi kejadian itu. :(

    • ade
      18 September 2012 pukul 06:32

      Dimedical check up saja bro; puskesmas banyak skrng menyediakan layanan ims; ga usah malu bro…..nanti biasanya akan diperiksa apa ada indikasssii kena Go atau sipilis, bs sembuh kok dgn terapi antibiotik. Untuk hiv test vct ajah, tp tunggu 3-6 bulan setelah perilaku beresiko. Keep positif thingking ya,,,,,semua penyakit ada obat dan jalannya

  187. joe
    14 Oktober 2012 pukul 04:28

    di kepala kemaluan saya paling bawah terdapat benjolan berwarna merah seperti jerawat atau kuman air, saya masih ragu apakah ini hanya jerawat yg nyasar di penis atau sifilis. mohon bantuan jawabnnya ya. thx

  188. 22 Oktober 2012 pukul 00:18

    mf dok.jika ada gejala sperti,pusing,vagina sakit,ada bercak kmerahan pda tngan sperti cacar,dan klo buang air perih,dan tbuh terasa lemas,penyakit apa itu dok,.tlong saranya?..

  189. andrew
    10 November 2012 pukul 16:07

    maaf dok mau tanya beberapa hari yang lalu saya melakukan free sex dengan pacar saya keesokan harinya penis saya keluar cairan hijau seperti sperma dan kalo di buat kencing rasanya perih dan kalo sesudah kencing masih ada sensasi panas dok. oh ya dok kalo misalkan ujung penis saya sesudah kencing persentuhan dengan celana rasanya perih juga dok. yang ingin saya tanyakan apakah ini termasuk spilis dok. mohon pencerahannya

    • 11 November 2012 pukul 01:23

      Dok maaf saya ingin bertanya
      Saya mempunyai teman yg terinfeksi penyakit itu
      Jika saya sedang bersama dia,
      Apa saja yg harus saya hindarkan agar tidak tertular ?
      Apa dengan memegang tangan nya atau berdekatan dengan dia dapat membuat saya tertular ?

      Mohon bantuannya dok ,
      Terimakasih !

      • aditea
        20 November 2012 pukul 16:26

        dlu temen saya ad yg krjanya diswah… Bbrpa hari Sepulang kerja di sawah trjdi luka di penis…. Apakah itu sipilis…? Dimana dy sdh mempunyai istri n istrinya tdk mengidap sipilis.. Mohon jawabannya.

  190. arfan
    28 November 2012 pukul 08:04

    apa bisa peny.sipili7/Go disembuhkan/sembuh total.mohon penjelasannya.terima kasih.

  191. andri
    7 Desember 2012 pukul 12:59

    gan,mau tany,ane gak pernah hub.intim,tpi sring onani,bisa lbih dri 3kli sehari,suatu ktika penis gatel sekali,ane garuk,gak sakit si. besok2ny tau2 nempel sama celana dalam ane,ane paksa lepas,jdi luka,,,,,,anehny di luka itu ko ada cairan bening lama2 jdi putih,tpi kencing gak sakit si,paling kalo luka kena air bru perih,tapi luka yang masih merah, ,

  192. ariadi
    2 Januari 2013 pukul 03:18

    Kawan,, tolong saya.
    Kmren saya nyoba test darah. Dan hasinya Vrdl positive 1/4, dan tpha 1/20. Itu gmn ya? saat nie blom ada tanda apa2 di tubuh, saya takut saja stelah byk baca ttg PMS. Mhon infonya supaya saya tdk penasaran. Saya malu klo ke dokter, jjur saya suka “jajan” dulu.

  193. ariadi
    2 Januari 2013 pukul 03:19

    Kawan,,
    Kmren saya nyoba test darah. Dan hasinya Vrdl positive 1/4, dan tpha 1/20. Itu gmn ya? saat nie blom ada tanda apa2 di tubuh, saya takut saja stelah byk baca ttg PMS. Mhon infonya supaya saya tdk penasaran. Saya malu klo ke dokter, jjur saya suka “jajan” dulu.

  194. pria gaul
    17 Januari 2013 pukul 09:52

    sy punya kelainan pada kemaluan sy, yaitu sdh 1 bln ini kalo kencing agak sulit keluar, dan rasanya di saluran penis agak gatal2 dan agak panas. lalu rasanya kayak org jawa bilang anyang-anyangan, dan agak geli-geli penes sy. itu penyakit apa ya???? dan sering dgn sendirinya di celana dlm sy ada bekas sedikit basah kayak sperma??? tlg bantu jelaskan. trim’s

  195. franky
    26 Januari 2013 pukul 14:23

    tlong sya ibu/pak. bri sya jwaban, 2 mnggu lalu sya mlakukan hub sex am cwe, skrng sya penyakit spilis, alat vital saya mngeluarkan nanah, n pada saat pipis saya ngrasa sakit bngt. skrng sya mengkomsumsi obat amoxicillin, ap obat amoxicilin bisa menyembuhkan pnyakit it??? soal na saya malu klo pergi k dokter..

  196. fahrul
    8 Februari 2013 pukul 00:40

    saya tidak pernah berhubungan sex diluar nikah. saya menikah dan punya satu anak.. 2007 lalu saya donor darah tapi g diterima katanya saya alergi trus 2012 kmrn saya donor lagi juga g diterima ternyata setelah di cek saya positif VDRL1:2 TPHA 1:320. saya kaget bukan main.. dan dokter pun aneh dg kejadian ini… tanda2 sifilis tdk ada.. istri dan anak saya negatif…2008 saya menikah 2010 anak saya lahir sehat, normal… dari mana penyakit ini saya dapat??

  197. 11 Februari 2013 pukul 15:08

    Malam Dok, suami sy kmren medical chek up dgn hasil VDRL (+) 1/4 dngn hasil yg sama dicek di 2 lab.. Keesokan harinya kami melalukan hub intim,apakah sy akan tertular juga dok? Trims mohon dibalas.

  198. 27 Februari 2013 pukul 09:56

    Sore,,,saya udh tes darah RPR DAN TPHA hasil NON REAKTIP & Test Urin hasilnya Agak keruh,,,saya pernah Mengalami kluar nanah dari Penis tapi itu 6 Thn yg Lalu saya disruh minum INTERDOXIN 100 M udh 1 bungkus lebih krn saya kedokter utk ke 2kalinya..Namun Di Ujung Penis dalam nya Kok masih seperti ada luka yaa…dan sering agak demam dan nyilu di alat kelamin,,,,Apakah penyakit sya ini bisa sembuh,,,,?? Sya tanya Dokter katanya Infeksi Saluran..dan Ngga perlu suntik yg sprti pernah disarankan di sini,,,,Terima Kasih…Tolong Di Jawab yaa,,,PLZ

  199. andi
    17 Maret 2013 pukul 15:28

    bro,dibwah perut gw deket deket testis ada luka sobekan panjang,padahl gw ga pernah hbgan seksual,tp onani pernah.. lukanya panjang bisa dibuka,,isi nya warna merah..gatal banget dan kalau mandi terasa pedih.. trus ada juga kyak jamur gtu.. putih” sampe” kulit penis saya lepas kayak gnti kulit..kira” itu penyakit apa ya bro? mohon pencerahannya :)

  200. 4 Mei 2013 pukul 23:25

    aku mau tanya nih om,..temen saya terkena sipillis, udah hampir 1 bulan,…awalnya minum ampissilin,..tapi kok penis terasa sakit bila penisnya menjadi tegang atau berdiri, dan keluar cairan warna kuning di penisnya, kemudian minum obat super tetra, tapi kok masih ya,….ini kenapa ya ?, padahal udah 1 bulan lebih. Aku mau tanya gejala penyakit sipillis itu bagaimana ya ?,…apa hnya kalau kemcing aja yg terasa sakit ?,..padahal si teman aku kalau penisnya tegang, sakitnya luar biasa, terasa nyeri gitu,..dan terima kasih.

    • Anonymous
      4 Mei 2013 pukul 23:49

      Spertinya it bkn sipilis, melainkan kencing nanah.
      Utk dipahami, sipilis dn kencing nanah it beda penanganan nya. Beda obat nya jg.
      Mending bawa ke dokter spesialis kulit aja biar lbh tepat sasaran utk mslh penanganan nya.
      Utk pengobatan kencing nanah it penyembuhan ny lbh cpet di banding sipilis.
      Tenang aja, kode etik kedokteran adalah menjaga rahasia pasien nya..

  201. Pangeran
    5 Mei 2013 pukul 00:04

    Klo kawan2 ingin tau apakah dlm tubuh mengidap penyakit sipilis, bisa melakukan test vdrl dan tpha di laboratorium trdekat. Klo hsl positife, it brarti and trjangkit. Silahkan langsung ke RS utk penanganan nya. Memang klo pengobatan dg cara injeksi ato suntikan penyembuhan nya lbh cepat ketimbang obat yg diminum scara oral. Olh sebab it segera ke rs..
    Oya.. tmn2 prnh denger khasiat daun sirsak?
    Q denger it obat herbal jg buat sipilis,,

    • 5 Mei 2013 pukul 22:45

      kalau kencing nanah itu disebabkan karena apa ?. kalau teman saya kencing normal-normal aja dan tidak berwujud nanah, gitu. Kan siphilis itu bisa dikatakan kencing nanah, kalau begitu penyakit kencing nanah itu bisa atau tidak di beri antibody ?..seperti amphisillin, binotal,..atau supertetra ?,.dan apa nama penyakitnya ?..trim’s.

      • Pangeran
        5 Mei 2013 pukul 23:49

        Jelas beda lah. Kencing nanah ato biasa disebut Gonorea beda dgn sipilis. Klo kencing nanah biasanya gampang terdeteksi krn muncul cairan nanah pada kelamin scara trus mnrus. Biasanya muncul stelah bbrp hr melakukan hubungan badan. sedangkan klo sipilis it susah utk dideteksi krn munculnya bs tanpa disadari. Biasanya muncul bintik2 merah pada telapak kaki dan tgn stelah sebulan/ lebih mlakukan hubungan badan. Jg muncul luka kecil pada klamin, trkadang si penderita ngga sadar ada luka pada klamin krn tdk menimbukkan sakit/ perih.
        Utk it perlu kiranya tanyakan langsung ke dokter ahli kulit dn klamin d RS. Utk penanganan tepat. Bli obat tnp saran dr dokter it g bgs. Beda penyakit, jls beda obatnya krn g akan nyambung.

      • 6 Mei 2013 pukul 17:42

        Terima kasih atas sarannya, yg menjadi pertanyaan sekarang soal ‘kencing nanah’, maksud dari kencing nanah itu apa ?, apa kalau kencing yg keluar berupa nanah ?,..soalnya teman saya kalau kencing normal-normal aja, gitu dan keluar air seni seperti biasa. hanya merasakan sakit pada waktu penis berdiri atau tegak, dan keluar cairan seperti nanahdi kemaluannya/penis terus-menerus, walaupun sedikit, dan terima kasih

      • Pangeran
        6 Mei 2013 pukul 21:55

        It gejala kencing nanah. Hrs segera bw ke dokter.
        G boleh didiemin lama.. kencing nanah it pd kemaluan mengelurkan cairan trus menerus sperti nanah.

  202. 27 Mei 2013 pukul 13:07

    Dok saya mau tanya,saya terkena penyakit sepilis,saya juga udah minum obat binotal selama 3 hari tapi belum ada perubahan,terus gimana saran dokter buat saya,tolong ya dok

  203. aguzandik
    28 Mei 2013 pukul 15:59

    aq mau tnya maz bro… Skarank ini di slakang aq ad bintik” merah dan gatal apakah itu tandanya sipilis..?

  204. 1 Juni 2013 pukul 03:34

    Pak saya kena spilis trs saya udah minum obat slma sehari tp saya pas buang air besar ko darahhh campur sama najis nya

  205. 8 Juni 2013 pukul 07:42

    Saya mengalami pembengkakan Đ̤̥̬̈̊ɪ̤̥̬̇̈̊ bagian bibir fagina … Dan beberapa kutil dan keputihan yaang bau….

  206. Anonymous
    11 Juli 2013 pukul 15:49

    Mw tny nih bro…..
    Klo hasil
    VDRL nonreaktive-nonreaktive
    TPHA reactive1:80-nonreactive
    Artinya apa yah?
    Thanxxxx

  207. 22 Juli 2013 pukul 00:54

    mo nanya bro sekitar 3 tahun yg lewat aku pernah berhubungan ama psk dan setelah seminggu kencing nanah dan berobat kedokter di suntik dan katanya sembuh setelah itu.kira 2 dua setengah thn.ada bintik merah di kepala penis saya dan itu akan timbul lebih jelas kalau penis saya erek si .dan 2 hari yang lalu aku minum obat urispas 200 tapi bintit ng gatal dan blm pecah tapi obat ini saya tau dari dulu dokter tempat beroct saya setelah aku minum bintiknya hilang tp bercaknya blm .ini kenapa ya bro ya.mohon solusinya

  208. Wahyu elex
    30 Juli 2013 pukul 13:06

    Mau tanya ni brow. . .aq udah 2minggu ni kalw kncng trasa perih dan nyilu. Tp gak da luka yang anehnya dari penis keluar cairan kayak nanah itu pnyakit ap ya bro tlong kejelasanya

  209. Wahyu elex
    30 Juli 2013 pukul 13:09

    Mau tanya ni apa dexycyklin bsa mengobti kencng perih dan keluar nanah

  210. 3 Agustus 2013 pukul 09:25

    Pada mulut vagina saya terdapat ruam kemerah-merahan,, dan jerawat kecil-kecil,, rasanya gatal,, apakah itu termasuk gejala siphilis?

  211. adhie
    14 Agustus 2013 pukul 00:35

    permisi mau tanya buat yg tau pnyakit ini,, saya prnah ”mlakukan”free sex ” stlah bbrpa hari sya mrskan perih saat pipis.. awal’y sya anggap itu biasa tp lama2 koq kluar cairan brwrna putih k kuning2an,, saat sya mlai cba googling utk mncari tau apkh itu sipilis,, stlah itu sya cba lgsg obati dg mengkonsumsi obat herbal ekstrak kulit manggis dan sari daun buah sirsak,,, stlah 3 hari mengkonsumsi alhamdulillah sdh tdk kluar cairan lg,, dan pipis pun sdh tdk perih sperti kembali normal,, tp sya msh blm yakin krna bagian mulut ”mr.p ” msh brwna merah tp hnya d bagian bwh’y… smpai skrg sya msh mngkonsumsi obat herbal itu,,, yg sya tnya apkh pnykit’y blm sembuh….,

  212. hendi
    16 Agustus 2013 pukul 21:14

    maaf sebelumnya saya mau bertanya sudah 3 hari lebih saya jika buang air kecil sakit dan mengeluarkan nanah encer dan sekarang sekarang di celana dalam da bekas nanah tolong di jawab dok saya takut

  213. 16 Oktober 2013 pukul 06:50

    Vdrl positif 1/1 padahal suami saya negatif.saya jg tidak pernah seks bebas,donor darah,dan tato.lalu saya tertular lewat apa ya dok.apakah itu bahaya?tolong jawabanya

  214. Anonymous
    29 Oktober 2013 pukul 08:56

    Pernah berhubungan mengalami di bagian kelamin ada bintik bintik kecil sering keringat

  215. Anonymous
    21 November 2013 pukul 17:40

    Pernah melakukan seks bebas mengalami di alat kelamin ada seperti kutil mau periksa ke dokter

  216. ronald
    27 November 2013 pukul 08:15

    stelah sy berhubngn sex dgn pacar sy secara berulang ulng kali dan keesokan harinya sy terkena demam, ketika kencing merasa sakit, penis mngeluarkan nanah, tp tdk ada luka di bagian penis sy dan tak merasa gatal.

    Apakah itu spilis?

  217. fatonah
    13 Desember 2013 pukul 09:54

    maaf begini saat saya tes darah tpha hasilz 1:8
    maksutz apa ya
    dan apa obatz

  218. oki
    21 Januari 2014 pukul 00:04

    bro mau nanya . baru2 ini penis saya ko yang bagian kiri berwarna putih pucat gitu ya , juga kadang gatal pula tapi tidak menimbulkan sakit apapun dipenis sya
    saya dulu prnah seks dengan mantan sya namun selalu pke kndom , dan saya juga sering onani
    mohon jawabannya bro ?

  219. Anonymous
    6 Februari 2014 pukul 05:08

    dok teman saya pernah cita suruh cari info kata nya waktu dia kencing kluwar cairan macam air mani waktu kencing tipi cuma sedikit g sakit dan g setiap kencing tapi di dia macam pegen kencing terus dan dia puh baru kata y setelah 4 hri siap sex ama pacar nya

  220. Anonymous
    28 Februari 2014 pukul 14:36

    dok saya mau nanya dak ada bengkak diujung kemaluan saya tidak gatal tidak sakit tapi mengeluarkn nanah hijau dok

  221. Aji
    15 April 2014 pukul 16:23

    Dok .maaf mau nanya .saya punya bercak bercak seperti di dada,punggung dan tangan . Sy pernah brhubungan intim dngn pasangan saya .tp pasangan saya mempunyai penyakit kutil kelamin . Apa kah saya terjangkit penyakit nya .tp di kelamin saya ga ada kutil.
    mohon balasan nya .terima kasih

  222. Arief
    23 Mei 2014 pukul 02:07

    Bro,
    Apa emailnya masih dipakai?

  223. Raynaldy
    10 Juni 2014 pukul 15:25

    Dok di penis saya ada benjolan putih tp saya kencinng gak sakit dan gak ada keluar nanah ruam di tangan pun gak ada udah 2 bulan lebih benjolan putih ini dan gak ada luka kalau saya pencet gak keluar nanah tp agak sakit dok apa itu sipilis atau apa

  224. 11 Juni 2014 pukul 09:51

    Bro di penis ku ada benjolan putih tp gak pernah ada luka buka atau sakit saat kencing udah sekitar dua bulan lebih malah apa yah itu tolong bls bro

  225. 1 Juli 2014 pukul 13:18

    Bro kalo pertama2 di paha bnyak bintik2 kecil kalo d garuk makin bnyak muncul kayak biduran di batang penis n gatal trus hlang dg sendirinya trus ganti dg bintik2 kyk nanah gt kalo pecah jd luka yg kecil2 n d kpala ada gelembung hjau kyk nanah itu namanya pnyakit apa ya
    tankz

  226. 31 Juli 2014 pukul 19:34

    I’m no longer sure where you’re getting your information, however good topic.
    I needs to spend some time finding out more or understanding more.
    Thank you for magnificent info I was on the lookout for this info for
    my mission.

  227. 1 Agustus 2014 pukul 11:59

    Unquestionably believe that which you stated.

    Your favorite reason seemed to be on the internet the simplest
    thing to be aware of. I say to you, I certainly get irked while people think about worries that they plainly don’t know about.
    You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without
    having side-effects , people can take a signal. Will probably be back to get more.
    Thanks

  228. 1 Agustus 2014 pukul 15:54

    What’s Happening i’m new to this, I stumbled upon this I’ve discovered It positively
    helpful and it has aided me out loads. I’m hoping to contribute & aid other customers like its
    aided me. Great job.

  229. 2 Agustus 2014 pukul 11:15

    Hello There. I discovered your blog the usage of
    msn. This is a very well written article. I’ll make sure to bookmark
    it and come back to learn extra of your helpful information. Thanks for
    the post. I will certainly comeback.

  230. 4 Agustus 2014 pukul 12:47

    You ought to be a part of a contest for one of the greatest blogs on the internet.

    I most certainly will highly recommend this site!

  231. 4 Agustus 2014 pukul 22:42

    It’s difficult to find knowledgeable people for this subject,
    however, you sound like you know what you’re talking about!
    Thanks

  232. 5 Agustus 2014 pukul 08:20

    Greate post. Keep writing such kind of information on your page.
    Im really impressed by it.
    Hi there, You have performed a fantastic job. I’ll certainly digg it and personally suggest to my friends.
    I am sure they will be benefited from this site.

  233. 7 Agustus 2014 pukul 05:26

    After looking into a number of the articles on your website, I honestly appreciate your technique
    of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will be checking back in the near future.

    Please visit my website too and tell me how you feel.

  234. 9 Agustus 2014 pukul 13:01

    You could certainly see your enthusiasm in the work
    you write. The world hopes for even more passionate writers
    like you who aren’t afraid to say how they believe. At all
    times follow your heart.

  235. 20 Agustus 2014 pukul 01:45

    Hey there! Do you use Twitter? I’d like to follow you if
    that would be ok. I’m definitely enjoying your blog and look forward to new posts.

  236. 24 September 2014 pukul 12:37

    Shoes will fit the foot to articulate or camcorder lens. Adidas said in a Closet body
    n sole springfield illinois or On A Shelf Your dressy shoes are pretty excited.
    Shoe sizes vary from place to buy pointe shoes and go well with the training, for racing have no positions in any other fungal infections that tend to buy footwear for their comfort,
    etc. The second one is the shoe body. Full-length insoles are made
    for comfort and also in!

  237. 30 September 2014 pukul 00:15

    Leave it AloneIf you have a problem, then the next best thing you can set in your kitchen. However,
    modern gas fireplaces offer one big advantage; timesaving.
    A bad thing Fred Peralta: This week on the ethanol fireplace safety concerns Four Rivers Ag
    Report.

  238. 19 Oktober 2014 pukul 10:15

    Genuinely no matter iff someone doesn’t bbe aware of then its
    up to other visitors that they woll assist, so here it occurs.

  239. 4 November 2014 pukul 05:25

    sewaktu kencing penis sy. sakit dan keluar cairan putih sy sudah. mencoba makan cyprofoxacin,urinter,zibramax tp gak kunjung smbuh?apa solusiny krn jarak tempuh mau kerumah sakit jauh.

  240. manalu
    11 November 2014 pukul 10:19

    Enam bln lalu saya pernah kencing nanah sdh berobat 2x ke dokter,sdh sembuh, tapi sekarang ada bintik2 merah kantong telur kadang merah kadang tdk dan kadang panas apa itu sipilis dok

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.143 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: